Pengaruh Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 6 Subtema 1 di SD Negeri Tandang 01

Authors

  • nisa erwinda Universitas PGRI Semarang
  • Ari Widyaningrum PGRI Semarang University
  • Fine Reffiane PGRI Semarang University

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2261

Abstract

Abstract

The background of this study is the learning outcomes achieved by students, which can be seen from various aspects of cognitive learning outcomes, attitudes and assessment of student activity during learning, and that many students have poor learning outcomes. Yes, and is still below the KKM grades of many students. (minimum completeness criteria). The purpose of this study was to determine the effect of a project-based learning model in improving her 5th grade learning outcomes for SD Negeri Tandang 01, Theme 6, Subtheme 1. This study used a pre-experimental design, type 1 group pre-test-post-test. ). For a significance level of α=0.05 and a sig value of 0.01, the ttable value is tcount ie −2.022<1.703, which is known to be Sig If 0.05, ie 0.01 < 0.05, Hα is accepted and H0 is rejected at the significance level α = 0.05. Therefore, we can conclude that there is an impact on the project-based learning model that addresses student learning outcomes for V6 subtopic 1. To improve overseas elementary schools 01.

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang dicapai siswa, yang dapat dilihat dari berbagai aspek hasil belajar kognitif, sikap dan penilaian aktivitas siswa selama pembelajaran, dan masih banyak siswa yang memiliki hasil belajar yang kurang baik.  Iya, dan masih dibawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) kebanyakan siswa.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tandang 01 Tema 6 Subtema 1 tes-pasca-tes.  Untuk tingkat signifikansi α=0,05 dan nilai sig 0,01, maka nilai ttabel adalah thitung yaitu −2,022<1,703 yang diketahui Sig Jika 0,05 yaitu 0,01 < 0,05 maka Hα diterima dan H0 ditolak pada signifikansi  tingkat α = 0,05.  Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak terhadap model pembelajaran berbasis proyek yang membahas hasil belajar siswa subtopik V6 1. Untuk meningkatkan Sekolah Dasar perantauan 01.

References

Arifin, S., Yahya, M., & Siddik, M. (2019). Strategi Komunikasi Siswa dan Guru Kelas XI SMAN 2 Sangatta Utara dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diglosia: Jurnal Kajian Sastra, Bahasa, dan Pengajarannya, 2(1),15-38. http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/3.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.

Asmuni, Siswanto, J., dan Sumarno, (2023), Studi Komparasi Keefektifan model PBL dan AIR Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal JANACITTA, Vol 6 Nomor 1

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-468.

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Uniska, 3(1): 37. Diakses melalui https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/viewFile/199/197.

Hidayat, F. P., & Lubis, F. H. (2021). Literasi media dalam menangkal radikalisme pada siswa. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 31-41. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357

Hutapea, J., & Simanjuntak, M. P. (2017). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 5(1), 48-55.

Kemendikbudristekdikti. (2022). Merdeka Belajar. Episode Kelima Belas: Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Mengajar.

Khairina, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN Kelas V Di Sd Swasta Pesantren Modern Adnan Kecamatan Medan Sunggal (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Merdeka Belajar https://gtk.kemdikbud.go.id/readnews/merdeka-belajar.

Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013.

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 107-122.

Reffiane, F., Agustini, F., & Sulianto, J. (2020). Profil Kemampuan Guru Di Sekolah Dasar Marginal Dalam Penyusunan Rpp Kurikulum 2013. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, pp. 492-502).

Reffiane, F., Januar, H., & Wakhyudin, H. (2014). Efektifitas Pembelajaran IPA SD Materi Perpindahan Energi Melalui Keterampilan Kerja Ilmiah. Dalam Seminar Nasional Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Mengoptimalisasi Kurikulum 2013 .

Ruhaliah, R., Sudaryat, Y., Isnendes, R., & Hendrayana, D. (2020). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran “Merdeka Belajar” Bagi Guru Bahasa Sunda Di Kota Sukabumi. Dimasatra, 1(1).

Saputri, R. A., Patonah, S., dan Mudzanatun, (2023). Efektifitas Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energy Bermuatan Sustainability Menggunakan Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal JANACITTA, Volume 6 Nomor 1.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kauntitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, I Wayan Cong. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1): 29.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 13-28).

Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 1-12).

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

erwinda, nisa, Ari Widyaningrum, & Fine Reffiane. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 6 Subtema 1 di SD Negeri Tandang 01. JANACITTA, 6(2), 145–153. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2261

Issue

Section

Articles