Kontribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Cerita Anak Dauppare Karya Nurlina Arisnawati Untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Bintang Kusumawati Tejo Pri Asmoro Universitas Muria Kudus
  • Almira Durhotul Jannah Muria Kudus University
  • Rani Setiawaty Muria Kudus University

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2349

Keywords:

folklore, Dauppare, personal values, values of character education, elementary school students

Abstract

Abstract

Indonesia is known as a country rich in literature, one of which is folklore. In the children's story book Dauppare from South Sulawesi which tells of a child who doesn't listen to his mother's words so he turns into a Baine stone. The story is written in simple language that elementary school students can easily understand. The aims of this research are (1) to describe the synopsis of the children's story book Dauppare by Nurlina Arisnawati, (2) to describe and analyze the personal value of the children's story book Dauppare by Nurlina Arisnawati, and (3) to describe and analyze the educational value of the characters in the children's story book Dauppare by Nurlina Arisnawati. This research method uses a qualitative descriptive method with the data analysis model used by researchers is Milles and Huberman data analysis. As well as the data validation technique of this research is theory and researcher triangulation. Based on the findings it was concluded that First, Dauppare's book from South Sulawesi is a traditional literary genre, because it is a form of folklore originating from Toraja Regency, West Sumatra Province. Second, the personal values ​​contained in the storybook include (1) intellectual development, (2) imagination development, (3) growth of social sense, (4) growth of ethical and religious sense, and (5) emotional development. Third, the value of character education includes (1) Religious, (2) Hard work, (3) Creative, (4) Friendly/communicative, (5) Peace-loving, (6) Social care, and (7) Responsibility.

 

Abstrak

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sastranya, salah satunya adalah cerita rakyat. Pada buku cerita anak Dauppare dari Sulawesi Selatan yang mengisahkan seorang anak yang tidak mendengarkan perkataan ibunya sehingga ia berubah menjadi batu Baine. Cerita tersebut dibuat dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh anak-anak siswa sekolah dasar. Tujuan   penelitian ini  (1) mendeskripsikan sinopsis buku cerita anak Dauppare karya Nurlina Arisnawati, (2) mendeskripsikan dan menganalisis nilai personal buku cerita anak  Dauppare karya Nurlina Arisnawati, dan (3) mendeskripsikan dan menganalisis nilai pendidikan karakter buku cerita anak  Dauppare karya Nurlina Arisnawati. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model analisis data yang dipakai peneliti adalah Analisis data Milles and Huberman. Serta Teknik validasi data penelitian ini adalah triangulasi teori dan peneliti. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan bahwa Pertama, buku Dauppare dari Sulawesi Selatan bergenre sastra tradisonal, karena merupakan salah satu bentuk cerita rakyat yang berasal dari Kabupaten Toraja Provinsi Sumatra Barat. Kedua, nilai personal yang ada pada buku cerita tersebut meliputi (1) Perkembangan intelektual, (2) Perkembangan imajinasi, (3) Pertumbuhan rasa sosial, (4) Pertumbuhan rasa etis dan religuis, dan (5) Perkembangan emosional. Ketiga, nilai pendidikan karakter meliputi (1) Religius, (2) Kerja keras, (3) Kreatif, (4) Bersahabat/ komunikatif, (5) Cinta damai, (6) Peduli sosial, dan (7) Tanggung jawab.

References

Ajnikhah, U., Saputra, H. J., & Purnamasari, V. (2020). Pengembangan Media Buku Bergambar Mabarung (macam-macam bangun ruang) untuk Pembelajaran Matematika kelas 5 SD. Janacita, 3(1), 24.

Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11

Fajri Kafarisa, R., & Kristiawan, M. (2018). Kelas Komunitas Menunjang Terciptanya Karakter Komunikatif Peserta Didik Homeschooling Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 68–76. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i1.1525

Hastuti, D. A. W., & Wiyanto. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Siswa. Unnes Physics Education Journal, 3(3), 288–298.

Ikhsan Abdul Aziz, Deden Ahmad Supendi, A. F. (2020). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Samasta, 29.

Mahmudiyah, A., & Mulyadi, M. (2021). Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 55–72. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Norma Atika Sari, E. Y. (2021). Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Mata Di Tanah Melus Karya Okky Madasari. Seminar Sastra, Bahasa, dan Seni. 179–191.

Nuha, S. U., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa Dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/4722

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Rivan Gestiardi, S. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sekolah Dasar Di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1–11. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/39317/pdf

Saputra, A. W. (2014). Untuk Menemukan Nilai Moral. Jurnal Universitas Sanata Dharma.

Simatupang, Y. J. (2019). Analisis Perkembangan Personal Intelektual Dalam Buku Cerita Anak Sang Piatu Menjadi Raja Karya Halimi Hadibrata. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.

Simbolon, D. R., Perangin-Angin, E., & Nduru, S. M. (2022). Analisis Nilai-Nilai Religius, Moral, Dan Budaya Pada Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk Karya Hamka Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 50–61. http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/147

Sulastri, S., Hariyadi, -, & Simarmata, M. Y. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 4(1), 43. https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i1.24336

Tutul, G. K. B. (2022). Kajian Sastra Anak : Analisis Nilai Personal Cerita Rakyat Timun Emas. Arkhais: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia. 29–35.

Widiyarto, S., Sartono, L. N., & Mubasyira, M. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dan Moral Film Koala Kumal. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 9(2), 50. https://doi.org/10.29406/jpk.v9i2.2328

Wijayanti, A. H. (2022). Penanaman Nilai Karakter Melalui Ekstrakulikuler Seni Musik Angklung di SD Negeri 4 Gubug Kabupaten Grobogan. Janacita: Journal of Primary and Children’s Education, 5(1), 56–65.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Tejo Pri Asmoro, S. B. K., Almira Durhotul Jannah, & Rani Setiawaty. (2023). Kontribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Cerita Anak Dauppare Karya Nurlina Arisnawati Untuk Siswa Sekolah Dasar. JANACITTA, 6(2), 104–114. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2349

Issue

Section

Articles