Bentuk Ketegasan Dalam Proses Pembelajaran “Dampak Sanksi Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SDN Kaliwiru Semarang"
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i2.257Abstract
Manusia memerlukan disiplin dimanapun dia berada. Karena disetiap tempat pasti memiliki peraturan. Disiplin perlu diterapkan sejak dini, karena melalui kebiasaan untuk disiplin anak dapat mengontrol tingkah lakunya sendiri dan dapat berkelakuan baik dimanapun dan kapanpun tanpa harus diingatkan. Hukuman menyadarkan anak bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensi juga membuat anak bertanggung jawab terhadap perbuatannya sendiri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang dimana banyak pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Banyak siswa yang tidak disiplin, misal: ramai saat pembelajaran, keluar masuk semaunya, banyak siswa yang datang terlambat, berpakaian tidak rapi, merokok dalam kamar mandi, dan pengetahuan seks yang negatif. Dengan masalah yang sudah diuraikan tersebut peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul Bentuk Ketegasan Dalam Proses Pembelajaran “Dampak Sanksi Terhadap Kedisiplinan Siswa di SDN Kaliwiru Semarang".References
Ardi, Minal. 2012. “Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Siswa Dalam Belajarâ€. Artikel. http://repository.polnep.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/359/08-Minal.pdf?sequence=1. Diunduh pada 2 Juli 2019.
Ardini, Pupung Puspa. 2015. “Penerapan Hukuman, Bias Antara Upaya Menanamkan Disiplin Dengan Melakukan Kekerasan Terhadap Anakâ€. Artikel. https://doi.org/10.21009/JPUD.092. Diunduh pada 19 Maret 2019. 2017.
Jayanti, Tri. 2012. “Mengurangi Perilaku Siswa Tidak Tegas Melalui Pendekatan Rebt Dengan Teknik Assertive Trainingâ€. Artikel. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk. Diunduh pada 18 Maret 2019.
Khasanah, Uswatun. 2017.“Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V Min Paju Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017â€. http://etheses.iainponorogo.ac.id/2158/1/Uswatun%20Khasanah.pdf. Diunduh pada tanggal 29 Maret 2019.
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Ma’arif, Muhamaad Anas. 2017. “Hukuman (Punishment) Dalam Perspektif Pendidikan Pesantrenâ€. Artikel. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum/article/view/588/416. Diunduh pada 07 April 2019.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muliadi, Harry dan P.Eko Prasetyo. 2008. “Pengaruh Disiplin Siswa Dan Fasilitas “Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomiâ€. Artikel. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/392. Diunduh pada 19 Maret 2019.
Rahman, Avif Roy. 2011. “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakartaâ€. Artikel. Https://Eprints.Uny.Ac.Id/9495/1/Jurnal.Pdf. Diunduh Pada 24 Maret 2019.
Rahmat Nur, Sepriadi, dan Rasmi Daliana. 2017. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timurâ€. Artikel. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1471. Diunduh pada tanggal 09 April 2019.
Rahmi Sharfina, Mudjiran & Nurfarhanah. 2014. “Masalah-Masalah Yang Dihadapi Siswa Yang Berasal Dari Keluarga Broken Home Dan Implikasinya Terhadap Program Layanan Bimbingan Dan Konselingâ€. Artikel. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/2973/5064. Diunduh pada 07 April 2019.
Rohman, Fatkhur. 2018. “Peran Pendidik Dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasahâ€. Artikel. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1467. Diunduh pada 08 April 2019.
Sudarsono. 2015. Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulianti, Ani. 2018. “Penanaman Nilai Moral Kedisiplinan Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Implemetasi Budaya Sekolah Pada Siswa SMAâ€. Artikel. Http://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/Ucej/Article/View/4522. Diunduh Pada Tanggal 09 April 2019.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Wardani, Susy Kusuma. 2013. “Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Pacitanâ€. Artikel. http://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/188. Diunduh pada 21 Maret 2019.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)