Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2575Keywords:
Belajar, Motivasi, Kompetensi, Pancasila, PedagogikAbstract
Abstract
The purpose of this study was to analyze the effect of teacher pedagogical competence on learning motivation for Pancasila and Citizenship education at Cijengkol 01 and Cijengkol 02 State Elementary Schools, Bekasi Regency. Sampling using sampling procedures using non-probability sampling. using saturated sample techniques with a total research population of 75. Simple linear regression data analysis techniques using IBM SPSS version 20.0 software assistance. The results found that the pedagogical competence of teachers has a positive and significant effect on the motivation to learn Pancasila education in elementary schools.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kompetensi kepribadian guru dan kompetensi sosial guru terhadap pembenukan karakter toleransi siswa Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bekasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 126 jumlah sampel yang ditiliti berjumlah 64 orang pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana (Simple Random Sampling). Analisis dilakukan menggunakan analisis SEM (Sttucturtal Equating Modeling) dengan metode PLS (Partial Least Square-Sttucturtal) menggunakan bantuan Sofware smartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian menemukan bahwa kompetensi kepribadian guru dan kompetensi sosial guru berpengaruh siginifkan terahadap pembentukan karakter toleransi siswa di Sekolah Dasar.
References
Ahlul Mufid Himayanti, Muhammad Prayito, Joko Sulianto, Sri Wikyuni (2023). Analisis Video Pembelajaran Simbol Pancasila Melalui Aplikasi Canva Kelas 1 SDN Plamongansari 02. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 6 (1), 57-64. doi:10.35473/jnctt.v6i1.2265
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23-30. doi:10.32832/jpg.v2i1.4099
Aktar, S. (2018). Upaya Peningkatan Mutu Pendidik (guru). Confidence.
Ahlul Mufid Himayanti, Muhammad Prayito, Joko Sulianto, Sri Wikyuni (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. PLUS MINUS Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38. doi:10.31980/plusminus.v3i1.2449
Atik Bariyah, Miftahul Jannah, Hikmatu Ruwaida (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 7 (1), 572 - 582. doi:0.31004/basicedu.v7i1.4604
Anna Enda (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5 (2), 93-196. doi:10.22373/lj.v5i2.2838
Bachtiar, T. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa MTs Sultan Hasanuddinurnal Nalar Pendidikan. Jurnal nalar pendidikan.
Badaruddin, 2015 dalam Wulan Rahayu Syachtiyani & Novi Trisnawati 2021. Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101. doi:10.37478/jpm.v2i1.878
Dewey, 2009:85 dalam Surya Dharma dan Rosnah Siregar,2014. Internalisasi Karakter melalui Model Project Citizen pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 132-137.
Hakim, H. L. (2019). Peran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Calon Pemimpin Di Era Global. Civics education and social sciense JOURNAL(CESSJ), 1(2), 129-143.
Harlen Simanjuntak , Bakti Toni Endaryono, Balyan (2020). Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Inventa Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 1-10. doi:10.36456/inventa.4.1.a2122
Hendrizal, S. M. (2019). Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SD Dan Solusinya. Jurnal PPKn & Hukum_, 14 (2), 54-62.
Iriani, B. P. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. KELOLA Jurnal Manajemen Pendidikan, 5 (2), 165-176.
Krisnawati, Siti Yulaeha, Ketut Budiastra (2022) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. BASICEDU, 6 (1), 1116 - 1124. doi:10.31004/basicedu.v6i1.2181
Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. BEST JOURNAL Biologi Education Science & Technologi, 1 (2), 16-19.
Mega Rahmawati & Harmanto Harmanto. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewapembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa TUNAGRAHITA. CIVIS AND MORAL STUDIES, 5 (1), 59-72. doi:10.26740/jcms.v5n1.p59-72
Melani Khalimatu Sa’diyah & Dinie Anggraeni Dewi. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9940-9945.
Mohamad Sutisna, Us Us Sucherman, Dedi Suandi, Sukatmi, Siti Kumalasari (2022). Urgensi Pendidikan Pancasila Sejak Dini Bagi Generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues, 2 (2), 327-338. doi:10.37640/jcv.v2i2.1518
Muhasim. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 53-77.
Rahman, S. (2021). Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Pp. 289-302). Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Ratri, F. K. (2021). Integrasi Technological Pedagogical And Content Knowledge Dalam Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 3. JANACITA Journal of Primary and Children's Education, 4 (2), 1-10. doi:10.35473/jnctt.v4i2.1139
Rike Andriani & Rasto Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. JP MANPER Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 80-86. doi:10.17509/jpm.v4i1.14958
Rustiana, D. A. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru, Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xiadministrasi Perkantoran Smk Wijayakusuma Jatilawang. Economic Education Analysis Journal, 58-69.
Sagala 2011:29 dalam Roy Wahyuningsih 2017 Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Man 5 Jombang. JPEKBM Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis- dan Manajemen, 1 (1), 19-29. doi:10.32682/jpekbm.v1i1.451
Slameto, 2010 dalam Ricardo & Rini Intansari Meilani 2017. (n.d.). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa . MANPER Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 72-92.
Sobandi, R. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Pangandaran. DIKSATRASIA, 1 (2), 306-310. doi:10.25157/diksatrasia.v1i2.634
Sugiyono & Agus Susanto. (2015). Belajar SPSS & Lisrel. CV. Alfabeta: Bandung
Sugiyono. (2016). (n.d.) Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: : Alfabet.
Sugiyono. (2017). (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:: Alfabeta
Sukma Windhari Dagong & I Kadek Satria Arsana. (2019). Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMP Negeri 3 Kwandang. Al-IDARAH Jurnal Kependidikan Islam, 9(1), 204-213. doi:10.24042/alidarah.v9i2.5086
Sumantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. EQUILIBRUM Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18 (2), 188-195. doi:10.25134/equi.v18i2.4154
Unik Hanifah Salsabila, Munaya Ulil Ilmi, Siti Aisyah, Nurfadila, Rio Saputra. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(1), 104-112. Retrieved from http://jonedu.org/index.php/joe
Uno 2014: 23 dalam Nasrah & A. Muafiah. Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. JRPD Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 207-213
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)