Hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Kedung 01 Jepara

Authors

  • Melida Fitroturrohmah Universitas PGRI Semarang
  • Purwadi Purwadi
  • Mira Azizah

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i2.258

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar koefesien hubungan antara peran orang tua dengan prestasi belajar siswa dalam ranah kognitif dan ranah psikomotor di kelas tinggi SDN Kedung 01 Jepara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, rumus korelasi product moment, uji t dan indeks determinasi. Hasil analisis rumus korelasi product moment antara variabel peran orang tua dan prestasi belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh rhitung > rtabel = 0,796 > 0,297 maka hipotesis penelitian diterima dan dapat disimpulkan ada hubungan antara peran orang tua dengan prestasi belajar siswa pada ranah kognitif di kelas tinggi SDN Kedung 01 Jepara. Hasil analisis rumus korelasi product moment antara variabel peran orang tua dan prestasi belajar pada ranah psikomotor diperoleh rhitung > rtabel = 0,550 > 0,297 maka hipotesis penelitian diterima dan dapat disimpulkan ada hubungan antara peran orang tua dengan prestasi belajar siswa pada ranah psikomotor di kelas tinggi SDN Kedung 01 Jepara. peran orang tua memberi sumbangan sebesar 63,32% pada prestasi belajar pada ranah kognitif dan 30,25% pada ranah psikomotor.

References

Darmawan, Ricky. 2015. Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 01 Wonolopo Tahun Ajaran 2014/2015 (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hafid, Anwar, dkk . 2014. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Helmawati. 2018. Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Izzah, K.H &Azizah, M. 2019. Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV. Indonesian Journal Of Education Research anda Review. 2 (2): 210-218.

Novrinda, dkk. 2017. Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia PG-PAUD FKIP UNIB., 2 (1): 39-46.

Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Sabeuleleu, Adriana. 2016. Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 30 (5): 2821-2830.

Setiawan, Sakina Rakhma Diah. 2017. Sri Mulyani: Peran Orang Tua Indonesia dalam Pendidikan Masih Minim. Kompas (03 April 2017).

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Umar, Munirwan. 2015. Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar, Jurnal Ilmiah Edukasi. 1 (1): 20-29.

Zulkarnain, Syaiful. 2017. Hubungan Peran Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII Semester II MTs NU Ungaran Tahun Ajaran 2016/2017 (Skripsi). Semarang: Universitas PGRI Semarang

Published

2019-12-18

How to Cite

Fitroturrohmah, M., Purwadi, P., & Azizah, M. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Kedung 01 Jepara. JANACITTA, 2(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i2.258

Issue

Section

Articles