Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Picture and Picture di Kelas 3 SDN Tingkir Tengah 02 Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v7i1.2594Keywords:
model picture and picture, keterampilan menulis deskripsiAbstract
This research aims to improve the descriptive writing skills of grade 3 students at SD Negeri Tingkir Tengah 2 Salatiga by using the Picture and Picture learning model. This form of research uses a type of Classroom Action Research which consists of two cycles. This research uses three data collection techniques, namely tests, observation and documentation. This research used as subjects 3rd grade students at SD Negeri Tingkir Tengah 2 Salatiga with a total of 17 students, 9 male students and 8 female students. The data analysis techniques used are qualitative and quantitative data. Quantitative data analysis is obtained from descriptive statistics. Meanwhile, qualitative data is in the form of data describing the results of observations that have been carried out, reflections, as well as conclusions from the results of the research conducted. Implementation of learning in the pre-cycle was 35.2%, cycle I produced 64.7% and cycle II produced results of 88.2%. From the results of data analysis, it can be concluded that the Picture and Picture model can improve the description writing skills of grade 3 students at SD Negeri Tingkir Tengah 2 Salatiga.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas 3 SD Negeri Tingkir Tengah 2 Salatiga dengan menggunakan model pembelajaan Picture and Picture. Bentuk penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan subjek peserta didik kelas 3 di SD Negeri Tingkir Tengah 2 Salatiga dengan jumlah sebanyak 17 peserta didik dari 9 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantatif di dapatkan dari statistik deskripsi. Sedangkan data kualitatif berupa data deskripsi hasil observasi yang telah dilaksanakan, refleksi, serta kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan. Pelaksanaan pembelajaran pada prasiklus sebesar 35,2%, siklus I menghasilkan 64,7% serta siklus II memperoleh hasil 88,2%. Dari hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas 3 SD Negeri Tingkir Tengah 2 Salatiga.
References
Ahlul Mufid Himayanti, Muhammad Prayito, Joko Sulianto, & Sri Wikyuni. (2023). Analisis Video Pembelajaran Simbol Pancasila Melalui Aplikasi Canva Kelas 1 SDN Plamongansari 02. Janacitta, 6(1), 57–64. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2265
Anggraeni, K., & Yolanda, D. A. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Visipena Journal, 9, 385–395.
Anindya, K., Malawi, I., & Jatmikawati, M. (2023). Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 666–672. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4509
Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723
Febrianto, A. T., Harjito, & Mukhlis. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video “Kasih Ibu Karya Rangga Kusmalendra” Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 32 Semarang Tahun Pelajaran 2019 / 2020. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 3(1), 35–44.
Khasanah, R. U., Sutrisno, S., & Mudzanatun, M. (2019). Keefektifan Model Think Pair Share Berbantu Media Gaser Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Janacitta, 1(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.25
Novyan, R. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Dengan Model Examples Non Examples Melalui Media Video Compact Disc (Vcd) Flora & Fauna Pada Siswa Kelas II SD Negeri 1 Pasuruan Kidul Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. UNNES.
Prasasti, T. I., Dewi, R. C., Informatika, P. T., Akuntansi, P., & Inggris, P. B. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Picture and Picture pada Siswa Kelas II SD Plus MIP Marelan. 1(2), 54–60.
Rahman, F. (2018). Menulis Karangan Deskripsi Dengan Model Pembelajaran Picture and Picture (Strategi Pembelajaran Terhadap Siswa Sekolah Dasar ). 01, 55–62.
Shafira, A., Rosayanti, F., & Baedowi, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Permainan Roda Keberuntungan Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Konsep Daur Hiduphewan Siswa Kelas IV. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Educationjournal of Primary and Children’s Education, 1(September), 1–13.
Sholeh, A., Veryliana, V., & Darsimah, D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Model Picture and Picture di SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora. Jurnal Paedagogy, 8(3), 454. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3910
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. 9(2), 72–81.
Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture and Picture Dan Media Gambar Seri. Wahyu Bagja Sulfemi , Hilga Minati STKIP Muhammadiyah Bogor SD Negeri Pitara 2 Kota Depok A . Pendahuluan Pendidikan sadar. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture and Picture Dan Media Gambar Seri, 4(2), 228–242.
Utami, E. al. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Model Picture and Picture Pada Siswa Kelas VII-C SMPN 2 Lopok Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan, 6(2), 26–33.
Wibowo, I. S. (2017). Penilaian Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 310–328. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6813
Widihastrini, F. & T. (2020). Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP UNNES.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)