Peningkatan Karakter Gotong Royong Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Pembelajaran IPAS SD

Authors

  • Asrian Universitas Kristen Satya Wacana
  • Gamaliel Septian Airlanda Kristen Satya Wacana University

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v6i2.2596

Keywords:

Teams Games Tournament, coopertive character, IPAS

Abstract

Abstract

This research was conducted with the aim of improving students' mutual cooperation character through the implementation of the teams games tournament (TGT) learning model in Class V science and science learning at SDN Tegalrejo 04 Salatiga. This research is classroom action research (PTK) which consists of two action cycles with the Kemmis & McTaggart spiral model cycle, where each cycle has 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection, with the implementation and observation stages carried out simultaneously. Researchers collected quantitative and qualitative data using non-test data collection techniques through observation, questionnaires and documentation. Data analysis was carried out using comparative descriptive analysis which was carried out by comparing pre-cycle, cycle I and cycle II data. Researchers set a success indicator of 75% of students completing with a KKTP >70. The results of the research show that the teams games tournament learning model has been proven to be able to improve the mutual cooperation character of students in science learning, where it is shown that in the pre-cycle the students' mutual cooperation character was only 39% which then increased to 67% in the first cycle and experienced increased again in cycle II to 78%. This research has been said to be successful because the percentage of students' character completion has reached a success indicator of 75% of the total number of students in class V with a KTTP >70. Based on these results, research using the teams games tournament learning model can improve the mutual cooperation character of students.

 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan karakter gotong royong peserta didik melalui implementasi model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada pembelajaran IPAS Kelas V SDN Tegalrejo 04 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus tindakan dengan siklus spiral model Kemmis & McTaggart, dimana setiap siklus mempunyai 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dengan tahap pelaksanaan dan pengamatan dilakukan secara bersamaan. Peneliti mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data non tes melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yang dilakukan dengan membandingkan data pra siklus, siklus I dan siklus II. Peneliti menetapkan indikator keberhasilan 75% peserta didik tuntas dengan KKTP >70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran teams games tournament  telah terbukti dapat meningkatkan karakter gotong royong peserta didik pada pembelajaran IPAS, dimana hal tersebut ditunjukkan bahwa pada pra siklus karakter gotong royong peserta didik hanya sebesar 39% yang kemudian meningkat menjadi 67% pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi di siklus II sehingga menjadi 78%. Penelitian ini telah dikatakan berhasil karena persentase ketuntasan karakter peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75% dari jumlah keseluruhan peserta didik di kelas V dengan KTTP >70. Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian dengan model pembelajaran teams games tournament dapat meningkatkan karakter gotong royong peserta didik peserta didik.

References

Agustiani, T. N., Suryadi, & Rahman, G. A. (2023). Penggunaan Model Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Peserta Didik Menggunakan Rancangan Understanding By Design (Ubd) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 549–559.

https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.673

Arikunto, S., Suhardjono, & Surayani. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Faiz, A., & Faridah. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88.

https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876

Hamdani, M. S., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 440.

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778

Hapsari, Y. H. P., Hadiyanti, A. H. D., & Zaini, E. (2022). Meningkatkan Keteramoilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning Kelas IV SD Negeri Wirosaban. JANACITTA: Journal of Primary and Children’s Education, 5(2), 38–47. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta

Hidayat, I. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Modern. Yogyakarta: DIVA PRESS.

Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen (Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah). Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Indonesia.

Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).

Kustantina. (2023). Keefektifan Model Jigsaw dan STAD Terhadap Pencapaian Karakter dan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V SD. JANACITTA: Journal of Primary and Children,s Education, 6(1), 65–74.

Mahardi, P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 96-107.

https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwan, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectera: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238.

http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.html

Nugroho, G. B. (2023). Basis Dalam Merdeka Belajar Untuk Mencetak Manusia Indonesia Berkarakter. JURNAL PSIKO EDUKASI: Jurnal Pendidikan, Psikologi, dan Konseling, 21(1), 28–40.

https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4374

Nuraeni, R., Hermawan, R., & Hendriani, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 175–184.

Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430

Primandari, P. A., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Perbedaan Pengaruh Model Kooperatif Tipe TGT dan STAD dengan Multimedia Interaktif Ceria Terhadap sikap Sosial dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu (Research & Learning in Elementary Education), 3(1), 83–91.

Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Sari, N., Ananda, R., & Fauziddin, M. (2023). Meningkatan Keterampilan Kerjasama Siswa Melalui Model Pemebelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1548–1557.

https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1444

Yuwono, T. A., Rahmawati, F. P., & Istiprijanti, T. N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Materi Siklus Air Menggunakan Model Team Games Tournament pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JANACITTA: Journal of Primary and Childrens Education, 2(1), 13–20.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles