Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Model Teams Games Tournament Mata Pelajaran IPAS Kelas V

Authors

  • Titisan Sukma Larasati Universitas Kristen Satya Wacana
  • Tri Widiarto Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v7i1.2600

Keywords:

Learning Motivation, IPAS, Teams Games Tournament

Abstract

This research aims to increase students' learning motivation in Class V Science and Science subjects at SDN Randuacir 02 Salatiga using the Teams Game Tournament model. The research method used was Classroom Action Research which was carried out over 2 cycles. The results of the research conducted showed an increase in students' learning motivation in the Science and Science subject, with an average percentage based on observations in the pre-cycle of 48.9%, an increase in cycle 1 of 76.3% and cycle 2 of 81.25%. The results of the student learning motivation questionnaire obtained a percentage increase from cycle 1 of 78.3% to cycle 2 of 82.3%. Thus, it can be concluded that the Teams Game Tournament model can increase students' learning motivation in science subjects at SDN Randuacir 02 Salatiga.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN Randuacir 02 Salatiga menggunakan model Teams Game Tournament. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Hasil peneltian yang dilakukan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa mata Pelajaran IPAS memiliki hasil motivasi belajar siswa dengan rata-rata persentase berdasarkan observasi pada Pra siklus sebesar 48,9% meningkat pada siklus 1 sebesar 76,3% dan siklus 2 sebesar 81,25%. Hasil angket motivasi belajar siswa diperoleh peningkatan persentase dari siklus 1 sebesar 78,3% pada siklus 2 sebesar 82,3%. Demikian dapat disimpulkan bahwa model Teams Game Tournament dapat meningkatkana motivasi belajar siswa mata Pelajaran IPAS di SDN Randuacir 02 Salatiga.

References

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu , 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Ahmad, S. (n.d.). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Anisa, R. N., & Damaiyanti, I. I. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) DI SDN SRIJAYA 02. 3(2), 1–7.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Handayani, L. P., & Nurlizawati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas Xl IPS 1 SMAN 1 Lubuk Basung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 363–368. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.57

Hapsari, Y. H., Hadiyanti, A. H. D., & Zaini, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning Kelas IV SD Negeri Wirosaban. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education.

Hayat, M. S., & Widayati, N. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament ) Cerdas Cermat pada Mata Pelajaran Biologi. 1580–1589.

Isjoni. (2016). Cooperatif Learning. Alfabeta.

Nurjanah, S., Arifin, F., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Syarif, U., & Jakarta, H. (2022). Siti Nurjanah | Fatkhul Arifin | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Turnament (Tgt) dan Pengaruhnya Terhadap Pembelajaran Matematika Di Mi/Sd. 2(1), 193–204.

Purwanti, K. Y., & Putra, L. V. (2019). Keefektifan CIRC Melalui Video Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 2(2), 39–45. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta/article/view/293%0Ahttp://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta/article/download/293/301

Qotimah, C. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan TGT Dalam Pembelajaran PPKn Kelas VIII di SMPN 2 Plantungan Kabupaten Kendal. 03(01), 1–7.

Slavin, R. . (2015). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.

Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Wina, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.

Yuliawati, A. A. N. (2020). Penerapan model pembelajaran TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 322–334. https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868

Yuwono, A. T., Rahmawati, F. P., & Istiprijanti, T. N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Materi Siklus Air Menggunakan Model Team Game Tournament Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Titisan Sukma Larasati, & Tri Widiarto. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Model Teams Games Tournament Mata Pelajaran IPAS Kelas V. JANACITTA, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.35473/jnctt.v7i1.2600

Issue

Section

Articles