Strategi Menjaga Kesehatan Mata Anak SD Di Era Digital

Authors

  • Amanda Vivi Sefianti Ngudi Waluyo University
  • Anni Hawa Ngudi Waluyo University
  • Alexei Blagov

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2609

Abstract

Abstract

The development of digital technology has brought significant changes to the lifestyle of elementary school (SD) children. The use of electronic devices such as smartphones, tablets and computers has become an integral part of daily work. However, it is increasingly important to be aware of the negative impact of excessive screen exposure on children's eye health. The aim of this research is to identify effective strategies for maintaining the eye health of elementary school children in the digital era. In short, it can be said that maintaining the eye health of elementary school children in the digital era is a challenge that requires serious attention. The data collection technique involves collecting several previous studies to answer strategies for maintaining eye health for elementary school children in the digital era. The research results are that with an approach that includes education, supervision and adequate rest, we can mitigate the negative impact of screen exposure on children's eye health. It is hoped that the results of this research will provide valuable guidance for parents, teachers and relevant stakeholders to protect children's eye health in an increasingly digital era.

 

Abstrak

Perkembangan teknologi digital membawa perubahan signifikan pada gaya hidup anak sekolah dasar (SD). Penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan komputer sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam pekerjaan sehari-hari. Namun, semakin penting untuk mewaspadai dampak negatif paparan berlebihan layar tersebut terhadap kesehatan mata anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi efektif untuk menjaga kesehatan mata anak sekolah dasar di era digital. Secara singkat dapat dikatakan bahwa menjaga kesehatan mata anak Sekolah Dasar di era digital merupakan tantangan yang memerlukan perhatian serius. Teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab strategi menjaga kesehatan mata anak SD di era digital. Hasil penelitian yakni dengan pendekatan yang mencakup edukasi, pengawasan dan istirahat yang cukup, kita dapat memitigasi dampak negatif paparan layar terhadap kesehatan mata anak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan berharga bagi orang tua, guru, dan pemangku kepentingan terkait untuk melindungi kesehatan mata anak-anak di era yang semakin digital. 

References

Liu, S. M., Chang, F. C., Chen, C. Y., Shih, S. F., Meng, B., Ng, E., ... & Fang, W. T. (2021). Effects Of Parental Involvement In A Preschool-Based Eye Health Intervention Regarding Children’s Screen Use In China. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 18(21), 11330.

Abdulatif, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan sosial anak di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1490-1494.

Rahmania, N., Dorahman, B., & Sunaryo, S. (2023). Analisis Dampak Negatif Penggunaan Gadget Ditinjau Dari Perilaku Siswa. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(4), 512-519.

Johnson, Scholes, Whittington. (2016). Exploring Corporate Strategy

Siagian Sondang P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Susilo, B. (2019). Dampak positif perkembangan teknologi informasi terhadap tumbuh kembang anak. SINDIMAS, 1(1), 139-143.

Sasia, K., Dewi, F. I. R., Doringin, F., & Budiana, M. W. (2021). Edukasi Dan Pemeriksaan Kesehatan Mata Sejak Dini Untuk Mengatasi Peningkatan Kasus Miopia Pada Siswa SMA Di Jabodetabek. Prosiding Serina Untar Mbkm, 102-109.

Yuhandra, E., Akhmaddhian, S., Fathanudien, A., & Tendiyanto, T. (2021). Penyuluhan hukum tentang dampak positif dan negatif penggunaan gadget dan media sosial. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(01), 78-84.

Castelluccio, Michael. (2007). Gadget AnEssay.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.

Putri, A. K., Reynanda, S. A., & Raisa, R. R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mata di Masa Pandemi. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 3(2), 26-38.

Husna, H. N., & Widia, C. (2019). Skrining Ketajaman Penglihatan pada Siswa SDN. Media Karya Kesehatan, 2(1).

Mufid, Ahlul Himayati, dkk. (2023). Analisis Video Pembelajaran Simbol Pancasila Melalui Aplikasi Canva Kelas 1 SDN Plamongansari 02. Journal of Primary and Children's Education, 6(1), 1.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.

Mustika, Banjar Hening dkk. (2019). Efektivitas Model Project Based Learning Berbantu Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Journal of Primary and Children’s Education, 5(1), 2.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Amanda Vivi Sefianti, Hawa, A., & Alexei Blagov. (2023). Strategi Menjaga Kesehatan Mata Anak SD Di Era Digital. JANACITTA, 6(2), 134–144. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2609

Issue

Section

Articles