Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Komponen Reading Aloud Dengan Media Cerita Bergambar

Authors

  • Antica Krisnina Maharani PGRI Semarang University
  • Mudzanatun PGRI Semarang University
  • Duwi Nuvitalia PGRI Semarang University

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2610

Keywords:

whole language, learning Indonesian, reading aloud

Abstract

Abstract

The background that prompted this research was that the whole language approach had not yet been implemented in learning the Indonesian language component reading aloud, shown by the lack of students' understanding of reading aloud, so that many students when asked to read in front of their friends were still embarrassed so the volume was not loud when reading. The purpose of this study was to determine the application of the whole language approach in learning Indonesian with the reading aloud component in class I SDN 1 Protomulyo and to determine students' understanding of reading aloud. This type of research is using a qualitative descriptive approach with data processing and retrieval according to field facts. Data obtained from the results of interviews, observations, practice tests and documentation. The data obtained were analyzed and presented in a descriptive form. The subjects of this research were class I students at SDN 1 Protomulyo. The results of the study showed that by holding 3 meetings, the first meeting the researchers carried out reading aloud practice tests without applying the whole language approach in learning Indonesian with the reading aloud component. From the first meeting activities, there were still many students who could not read aloud. Whereas at the third meeting the researchers carried out practical tests by applying the whole language approach in learning Indonesian with the reading aloud component, many students had experienced improvements in reading aloud.

Abstrak

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah belum diterapkannya pendekatan whole language dalam pembelajaran Bahasa Indonesia komponen reading aloud, ditunjukkan kurangnya pemahaman siswa tentang membaca nyaring, sehingga banyak siswa ketika disuruh membaca di depan temantemannya masih malu sehingga volume suaranya tidak nyaring ketika membaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan whole language dalam pembelajaran Bahasa Indonesia komponen reading aloud pada kelas I SDN 1 Protomulyo dan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang reading aloud. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengolahan dan pengambilan data sesuai dengan fakta lapangan. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, tes praktik dan dokumentasi. Data diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 1 Protomulyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dilakukannya 3 kali pertemuan, pertemuan pertama peneliti melaksanakan kegiatan tes praktik membaca nyaring tanpa menerapkan pendekatan whole language dalam pembelajaran Bahasa Indonesia komponen reading aloud. Dari kegiatan pertemuan pertama masih banyak siswa belum mampu membaca dengan nyaring. Sedangkan pada pertemuan ketiga peneliti melaksanakan tes praktik dengan penerapkan pendekatan whole language dalam pembelajaran Bahasa Indonesia komponen reading aloud, banyak siswa sudah mengalami peningkatan dalam membaca nyaring.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Afriyadi, F. (2020). Kewajiban Warga Negara Dalam Bidang Pendidikan Menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Muhammadiyah Law Review, 4(1), 28–34.

Anggraeni, N. D. (2019). Pendampingan Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Whole language Di Sekolah Dasar Negeri 020 Galang. Minda Baharu, 3(2), 145. https://doi.org/10.33373/jmb.v3i2.2120

Anita Dian Pratiwi, Aryo Andri Nugroho, Rina Dwi Setyawati, & Susilo Raharjo. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. Janacitta, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263

Ardini, P. P., & Idris, Y. E. (2019). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Whole Language Tipe Reading Aloud Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas I SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. The International Conference of Master Program of Primary School Education: Curriculum for Children Viewed from The Europe and Asia, 9–17.

Gunarwati, R., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. 4 (September). http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta

Lestariningsih, L. (2009). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Dengan Teknik Balainang Melalui Media Buku Bergambar Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri Karangduren 3 Tengaran Semarang.

Muhtar, A. (2022). Pengaruh Metode Reading Aloud (Membaca Nyaring) Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas II SD Negeri 02 Baleraksa Karangmoncol Purbalingga. 2(8.5.2017), 2003–2005.

Muhamad sadli. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meninkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Https://Medium.Com/,6,151–164. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

N, R. W., & Arfanti, Y. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Nyaring Dengan Penggunakan Pendekatan Whole Language Untuk Siswa Di Sekolah Dasar. 7(3), 348–356.

Prof. DR. Henry Guntur Tarigan. (1979). Membaca Sebagai Satu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Sari, E. I. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Menggunakan Pendekatan Whole Language. Jurnal Education, 7(4), 1978–1984. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1746

Viora, D., Wahyuningsi, E., Surya, Y. F., & Marta, R. (2021). Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pendidikan Tambusai, 5, 9379–9386.

Sari, A. K. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Media Bergambar Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Dan Membaca Pada Anak Berkesulitan Belajar Kelas II SDN Petoran Jebres Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Https://Medium.Com/, 1–91.https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sugiyono, prof. D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suparya, I. K. (2021). Penerapan Pendekatan Whole Language dalam Kemampuan Berbahasa Indonensia Siswa Sekolah Dasar. Wacana Akademik: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 121–129.

Syina, Desy Hindun. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Reading Aloud Dengan Media Cergam (Cerita Bergambar) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 3 Sub Tema 4 “Kegiatan Malam Hari” Siswa Kelas 1 SDN Muktiharjo Lor. 1996, 6.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Antica Krisnina Maharani, Mudzanatun, & Duwi Nuvitalia. (2023). Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Komponen Reading Aloud Dengan Media Cerita Bergambar. JANACITTA, 6(2), 75–84. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2610

Issue

Section

Articles