Pengaruh Aspek Percaya Diri Siswa Pada Model Reciprocal Learning dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Muhamad Muzaki Assidiqi
  • Joko Sulianto
  • Veryliana Purnamasari

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.27

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh aspek percaya diri siswa pada penerapan model Reciprocal Learning berbantu media video interaktif terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas III SDN Pandean Lamper 05 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian True Experimental Design dengan bentuk posttest only control design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis uji t satu pihak kanan diperoleh thitung= 2,999. Kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada dk = 78 dan taraf α = 0,05 adalah 1,667. Sehingga hasil perhitungan diketahui thitung>ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih baik. Rasa percaya diri kelas eksperimen dengan model Reciprocal Learning lebih baik daripada kelas dengan pembelajaran konvensional dengan menggunakan uji t satu pihak kanan diperoleh  maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rasa percaya diri siswa memberikan pengaruh sebesar 96,06% terhadap hasil belajar. Kesimpulanya yaitu terdapat pengaruh aspek percaya diri dalam penerapan model Reciprocal Learning berbantu media video interaktif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Pandean Lamper 05 Semarang.

Author Biography

Muhamad Muzaki Assidiqi

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi Jakarta

Depdiknas. 2003. UU NO.20 TAHUN 2003. Jakarta: Depdiknas

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Hidayat K. 2011.“Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Untuk Meningkatkan Keterampilan

Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sinom Widodo 02 Kabupaten Patiâ€. Skripsi. Semarang. Univeristas Negeri Semarang

Huda, Miftahul. 2011. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kusdaryani, Wiwik dan Trimo. 2009. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI SEMARANG

PRESS.

Kustandi, Sutjipto. 2016. Media Pembelajaran ; Manual dan Digital. Bogor :Ghalia Indonesia.

Ngatmini, Ika dan Ekie. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP Press

Slameto. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Soegeng. 2015. Dasar-dasar Penelitian Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan.Yogyakarta.

Magnum Pustaka Utama

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito Bandung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta: Pustaka pelajar

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group

Wulandari N. 2013. “Percaya Diri Siswa Melalui Penggunaan Strategi Inkuiri Terbimbing Dalam

Pembelajaran Ipa Kelas V Sd N Gupakan II, Tepus, Gunungkidul. Skripsi Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Widjaja H. 2016. Berani Tampil Beda dan percaya Diri ; Araska,

Widyanti dkk, 2017. Kecenderungan Kualitas Rasa Percaya Diri Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Sukasada

Kabupaten Buleleng.

Published

2019-01-14

How to Cite

Assidiqi, M. M., Sulianto, J., & Purnamasari, V. (2019). Pengaruh Aspek Percaya Diri Siswa Pada Model Reciprocal Learning dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. JANACITTA, 1(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.27

Issue

Section

Articles