Pengaruh Aspek Percaya Diri Siswa Pada Model Reciprocal Learning dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.27Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh aspek percaya diri siswa pada penerapan model Reciprocal Learning berbantu media video interaktif terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas III SDN Pandean Lamper 05 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian True Experimental Design dengan bentuk posttest only control design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis uji t satu pihak kanan diperoleh thitung= 2,999. Kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada dk = 78 dan taraf α = 0,05 adalah 1,667. Sehingga hasil perhitungan diketahui thitung>ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih baik. Rasa percaya diri kelas eksperimen dengan model Reciprocal Learning lebih baik daripada kelas dengan pembelajaran konvensional dengan menggunakan uji t satu pihak kanan diperoleh  maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rasa percaya diri siswa memberikan pengaruh sebesar 96,06% terhadap hasil belajar. Kesimpulanya yaitu terdapat pengaruh aspek percaya diri dalam penerapan model Reciprocal Learning berbantu media video interaktif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Pandean Lamper 05 Semarang.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi Jakarta
Depdiknas. 2003. UU NO.20 TAHUN 2003. Jakarta: Depdiknas
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Hidayat K. 2011.“Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Untuk Meningkatkan Keterampilan
Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sinom Widodo 02 Kabupaten Patiâ€. Skripsi. Semarang. Univeristas Negeri Semarang
Huda, Miftahul. 2011. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kusdaryani, Wiwik dan Trimo. 2009. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI SEMARANG
PRESS.
Kustandi, Sutjipto. 2016. Media Pembelajaran ; Manual dan Digital. Bogor :Ghalia Indonesia.
Ngatmini, Ika dan Ekie. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP Press
Slameto. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Soegeng. 2015. Dasar-dasar Penelitian Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan.Yogyakarta.
Magnum Pustaka Utama
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito Bandung
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta: Pustaka pelajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group
Wulandari N. 2013. “Percaya Diri Siswa Melalui Penggunaan Strategi Inkuiri Terbimbing Dalam
Pembelajaran Ipa Kelas V Sd N Gupakan II, Tepus, Gunungkidul. Skripsi Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Widjaja H. 2016. Berani Tampil Beda dan percaya Diri ; Araska,
Widyanti dkk, 2017. Kecenderungan Kualitas Rasa Percaya Diri Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Sukasada
Kabupaten Buleleng.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)