Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Lau

Authors

  • Desta Abella Afita Putri Rahmawati Rokhman Universitas Muria Kudus
  • Ega Aulia Syifa'u Busro Universitas Muria Kudus
  • Rani Setiawaty Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v7i1.2876

Keywords:

Language errors phonology, student narrative essay text

Abstract

This study aims to describe phonological errors in narrative essays of grade VI students of SD Negeri 1 Lau, Dawe District, Kudus Regency. The method used in the research is descriptive qualitative, which analyzes the results of narrative essays that have been made by students. The data in this study is the writing of narrative essays that have errors by 6th grade students of SD Negri 1 Lau. The data source of this research is the narrative essay of 6th grade students of SD Negeri 1 Lau which contains language errors at the level of phonology. The data collection technique is documentation by collecting narrative essays of 6th grade students of SD Negeri 1 Lau. The data analysis technique in this study used descriptive analysis method. Based on the results of the study, it was found that there were language errors at the level of phonology in the narrative essays of grade VI students of SD Negeri 1 Lau, namely errors in adding phonemes, subtracting phonemes, changing phonemes and changing diphthong sounds.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan fonologi pada karangan narasi siswa kelas VI SD Negeri 1 Lau, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian adalalah deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis hasil dari karangan narasi yang telah dibuat oleh siswa. Data pada penelitian ini adalah penulisan karangan narasi yang mengalami kesalahan oleh siswa kelas 6 SD Negri 1 Lau. Sumber data penelitian ini adalah karangan narasi siswa kelas VI SD Negeri 1 Lau yang mengandung kesalahan berbahasa tataran fonologi. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dengan cara mengumpulkan karangan narasi siswa kelas VI SD Negeri 1 Lau. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kesalahan berbahasa tataran fonologi dalam karangan narasi siswa kelas VI SD Negeri 1 Lau yaitu kesalahan penambahan fonem, pengurangan fonem, perubahan fonem serta perubahan bunyi diftong.

References

Alim, J., Attas, S. G., & Leliyanti, E. (2020). Analisis Kesalahan Fonologi Pada Film Uang Panai Mahar (L). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 1(01), 155–169. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas-ps/article/view/16856

Azella, A. N., & Rahman, N. I. Z. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bidang Fonologi pada Video Youtube Nihongo Mantappu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5626–5633.

Darmawan, I., & Rahman, N. I. Z. (2023). Analisis Fonem terhadap Bahasa Slang di Sosial Media Twitter, Instagram dan Facebook. Journal on Education, 5(4), 16229–16244. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2760

Habib, N., Wahyono, T., Karya, K., & Umbara, A. (2022). Tataran Fonologi Pada Film Mendadak. SAMBHASANA, 212–226.

Idora, M., Mustafa, M. N., & Septyanti, E. (2021). Kesalahan Fonologi Pada Gelar Wicara Mata Najwa Trans 7. Jurnal Silistik, 1(1), 8–18.

Kirana, D. I., & Sukoyo, J. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dan Tataran Morfologi Ragam Krama pada Karangan Deskripsi Karya Siswa Kelas X. Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 10(2), 128–139. https://doi.org/10.15294/sutasoma.v10i2.60175

Mardiyani Yunita, R., Sari Ramdhani, I., Enawar, E., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kesalahan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Min 1 Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 39–43. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.47

Muliya, A. R., Isna Mahmudatul Azizah, & Shalia Hadjar Usadi. (2022). Kesalahan Berbahasa Bidang Fonologi Pada Pidato Presiden Ri Joko Widodo Di Sidang Umum Pbb Ke-75. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3(01), 18–28. https://doi.org/10.22515/tabasa.v3i01.5360

Muthia, R. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 KarangPandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Stilistika, 4(1), 1–26.

Nurtriputra, I. (2023). Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Global Sevilla dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), 34–44.

Nuryani, R., & Muhamad, S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Pada Kemasan Aneka Jajanan. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 2(1), 57–68.

Pitaloka, T., Purnamasari, I., Arifin, Z., & Artikel, I. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan Pada Penyusunan. Janacitta, 2(024), 11–17.

Pratama, S., Yanti, I., & Nurchotimah, E. S. (2023). Analisis Perbandingan Fonologi Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu dalam Kartun Upin Upin. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 1(4), 234–241.

Purnamasari, I., Ratnawati, I. I., & Maulida, N. (2018). Kesalahan Fonologi Pada Penderita Afasia Broca Pascastroke Dalam Tinjauan Psikolinguistik. Jurnal Basataka (JBT), 1(1), 30–36. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i1.12

Ramadhan, F. T., Maula, L. H., Lyesmaya, D., & Artikel, I. (2021). Analisis keterampilan menceritakan kembali melalui media audio visual pada siswa sekolah dasar kelas iv. Janacitta, 4(2), 44–55.

Ramadhani, J. M., Nurafiani, V., & Karunia, D. A. (2023). Analisis Perubahan Fonem pada Kata Serapan Bahasa Belanda ke Bahasa Indonesia. Aksara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 233–243.

Safitri, I., Harnoto Putri, A. P., & Nur Sahadati, D. M. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Tataran Fonologi Pada Kanal Youtube “Net Drama.” Cakrawala Indonesia, 5(2), 25–34. https://doi.org/10.55678/jci.v5i2.447

Santoso, A., Setyoningsih, R. U., Assyifa, S. N., & Ulya, C. (2023). Analisis kesalahan berbahasa dalam bidang fonologi pada unggahan akun youtube sekretariatan presiden. JBSB, 13(2), 64–77.

Sapawi. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Stilistika, 3(2), 1–23.

Sari, I. Y. (2017). Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Siswa Kelas X Di Smk Negeri 2 Ciamis. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 243. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.623

Sari, P. U., Qura, U., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara Karya Jujur Prananto. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 11(3).

Setyaningsih, A. O. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dan Morfologi pada Teks Sinopsis Cerita Karya Siswa Kelas V SD Negeri Menuran 03 Sukoharjo. MARDIBASA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 71–81. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2023.3.1.71-81

Setyowati, I. D., Sulistiyawati, E., & Cahyaningrum, G. R. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dalam Laporan Hasil Observasi Siswa. Jurnal Bindo Sastra, 3(1), 1–13. https://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/1973

Supartini, D., Soliha, S., & Isnaini, H. (2023). Problematika Kesalahan Bahasa Indonesia dalam Tataran Sintaksis. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(2), 40–54.

Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Edukasi Kultura, 67–76.

Tamala, E., Charlina, & Hermandra. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bidang Fonologi dan Bidang Morfologi pada Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru. Jurnal Silistik, 20–28.

Winahei, N. Y., Halidjah, S., Kresnadi, H., Info, A., & Skills, W. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas V di SDN 29 Pontianak Kota. Jurnal Khatulistiwa, 11(9), 1637–1645. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.58187

Zamri, T., & Faizah, H. (2021). Kesalahan Fonologi dan Morfologi dalam Debat Capres 2019. TUAH, 3(1), 76–82. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JTUAH/76

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles