Peningkatan Kompetensi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Model Discovery Learning Terbimbing Berbantuan Media Serbaneka

Authors

  • Isna Purti Astuti SMP NEGERI 3 CEPU

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i2.292

Abstract

Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendiskripsikan  proses pembelajaran,  (2) mendeskripsikan peningkatan kompetensi luas permukaan bangun ruang sisi lengkung (3) mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas IXD SMPN 3 Cepu setelah melaksanakan pembelajaran dengan model Discovery Learning Terbimbing luas permukaan bangun ruang sisi lengkung berbantuan  media serbaneka.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan serta refleksi. Subyek penelitian adalah kompetensi luas permukaan bangun ruang sisi lengkung peserta didik kelas IXD SMPN 3 Cepu yang berjumlah 29 peserta didik dengan 15 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan.

Kompetensi Luas permukaan bangun ruang sisi lengkung dengan model pembelajaran  Discovery Learning terbimbing berbantuan Media serbaneka mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar  5,78 dari nilai rata-rata 75,38 menjadi 81,16, selain itu  dari siklus 1 ke siklus 2 ada peningkatan ketuntasan sebesar 41,38%  dari   58,62 % menjadi 100%

 Perubahan perilaku untuk rata-rata aktivitas peserta didik ada peningkatan 14,08%. Dari siklus 1 dengan rata-rata 61,50% sedangkan siklus 2  mencapai 75,58%, sementara untuk siklus 1 rata-rata rasa percaya diri peserta didik mencapai 63,60% dan terjadi peningkatan pada siklus 2 yaitu mencapai 76,63%, jika dibandingkan  antara siklus 1 dan siklus 2 ada peningkatan 13,03%. Jurnal harian peserta didik yang kategori positif adalah 68,97% pada siklus 1 meningkat menjadi 81,61% pada siklus 2 sehingga terjadi peningkatan 12,64%. Jadi ada peningkatan kompentensi sesuai harapan.

References

Depdiknas.2013.Lampiran Permendikbud 81 A tahun 2013 Implementasi Kurikulum. Jakarta

Depdiknas. 2013. lampiran permendikbud no 67 tahun 2013 Tujuan kurikulum. Jakarta

Irma Ayu Lestari. 2012.Peningatan Pemahaman Peserta didik Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Discovery Learning Pada Materi Geometri Volume Bangun Ruang Sisi lengkung Kelas IX SMP Menggunakan Alat Peraga, seminar matematika

Qorri’ah. (2011). Penggunaan Metode Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung , skripsi UIN

Sanjaya, W. (2010), strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana

Sumiharsono, Rudy dan Hasanah H ( 2017) Media Pembelajaran . Jakarta : CV Pustaka Abadi

Supriyono, Agus. 2010 Cooperatif learning. Bandung: PT Remaja Rosda karya

Suryosubroto, B. 2009, Proses belajar mengajar di sekolah Jakarta : Rineka Cipta

Published

2019-12-18

How to Cite

Astuti, I. P. (2019). Peningkatan Kompetensi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Model Discovery Learning Terbimbing Berbantuan Media Serbaneka. JANACITTA, 2(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i2.292

Issue

Section

Articles