Peningkatan Kompetensi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Model Discovery Learning Terbimbing Berbantuan Media Serbaneka
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i2.292Abstract
Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendiskripsikan proses pembelajaran, (2) mendeskripsikan peningkatan kompetensi luas permukaan bangun ruang sisi lengkung (3) mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas IXD SMPN 3 Cepu setelah melaksanakan pembelajaran dengan model Discovery Learning Terbimbing luas permukaan bangun ruang sisi lengkung berbantuan media serbaneka.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan serta refleksi. Subyek penelitian adalah kompetensi luas permukaan bangun ruang sisi lengkung peserta didik kelas IXD SMPN 3 Cepu yang berjumlah 29 peserta didik dengan 15 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan.
Kompetensi Luas permukaan bangun ruang sisi lengkung dengan model pembelajaran  Discovery Learning terbimbing berbantuan Media serbaneka mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 5,78 dari nilai rata-rata 75,38 menjadi 81,16, selain itu dari siklus 1 ke siklus 2 ada peningkatan ketuntasan sebesar 41,38% dari  58,62 % menjadi 100%
 Perubahan perilaku untuk rata-rata aktivitas peserta didik ada peningkatan 14,08%. Dari siklus 1 dengan rata-rata 61,50% sedangkan siklus 2 mencapai 75,58%, sementara untuk siklus 1 rata-rata rasa percaya diri peserta didik mencapai 63,60% dan terjadi peningkatan pada siklus 2 yaitu mencapai 76,63%, jika dibandingkan antara siklus 1 dan siklus 2 ada peningkatan 13,03%. Jurnal harian peserta didik yang kategori positif adalah 68,97% pada siklus 1 meningkat menjadi 81,61% pada siklus 2 sehingga terjadi peningkatan 12,64%. Jadi ada peningkatan kompentensi sesuai harapan.
References
Depdiknas.2013.Lampiran Permendikbud 81 A tahun 2013 Implementasi Kurikulum. Jakarta
Depdiknas. 2013. lampiran permendikbud no 67 tahun 2013 Tujuan kurikulum. Jakarta
Irma Ayu Lestari. 2012.Peningatan Pemahaman Peserta didik Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Discovery Learning Pada Materi Geometri Volume Bangun Ruang Sisi lengkung Kelas IX SMP Menggunakan Alat Peraga, seminar matematika
Qorri’ah. (2011). Penggunaan Metode Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung , skripsi UIN
Sanjaya, W. (2010), strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana
Sumiharsono, Rudy dan Hasanah H ( 2017) Media Pembelajaran . Jakarta : CV Pustaka Abadi
Supriyono, Agus. 2010 Cooperatif learning. Bandung: PT Remaja Rosda karya
Suryosubroto, B. 2009, Proses belajar mengajar di sekolah Jakarta : Rineka Cipta
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)