Analisis Faktor Pendukung Keberhasilan Siswa Berprestasi Di SD Negeri Karangkonang Kecamatan Winong Kabupaten Pati
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i2.297Abstract
Tujuan penelitian ini untuk  mendiskripsikan secara ilmiah tentang faktor-faktor eksternal dan internal yang mendukung keberhasilan siswa berprestasi di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti melihat keberhasilan belajar siswa yang ada pada kelas I, II, III, IV, V, dan VI yang mendapat peringkat 1. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dan ditulis dalam bentuk narasi untuk mengetahui tentang apa yang terjadi dalam peristiwa yang dilaporkan. Tujuannya untuk membantu pembaca mengetahui peristiwa yang terjadi di latar penelitian. Penelitian dilakuka di SD Negeri Karangkonang Kecamatan Winong Kabupaten Pati tahun 2018/2019.References
Arikunto,Suharsimi. 2011. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdu, Gulman dan Agustina. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasarâ€. http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam Hamdu.pdf. Diakses 22 Desember 2018.
Permendikbud. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Permendikbud.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, nana syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Resda Karya Offset.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kenca.
Sormin, Younita Apriana. 2014. “Faktor-Faktor Pendukung Siswa Berprestasi di SD Josua Medan Tahun Ajaran 2013/2014â€. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
Yusuf, Muhamad.2010. “Peningkatan Hasil Belajar Maematika Siswa melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Komputer Di SMA Muhamadiyah 1 Palembangâ€. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/article/view/816. Diakses 05 Agustus 2019.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)