Analisis Faktor Pendukung Keberhasilan Siswa Berprestasi Di SD Negeri Karangkonang Kecamatan Winong Kabupaten Pati

Authors

  • Eka Noviyanti
  • Diana Endah H
  • Singgih Adi P

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v2i2.297

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk  mendiskripsikan secara ilmiah tentang faktor-faktor eksternal dan internal yang mendukung keberhasilan siswa berprestasi di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti melihat keberhasilan belajar siswa yang ada pada kelas I, II, III, IV, V, dan VI yang mendapat peringkat 1. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dan ditulis dalam bentuk narasi untuk mengetahui tentang apa yang terjadi dalam peristiwa yang dilaporkan. Tujuannya untuk membantu pembaca mengetahui peristiwa yang terjadi di latar penelitian. Penelitian dilakuka di SD Negeri Karangkonang Kecamatan Winong Kabupaten Pati tahun 2018/2019.

References

Arikunto,Suharsimi. 2011. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdu, Gulman dan Agustina. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasarâ€. http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam Hamdu.pdf. Diakses 22 Desember 2018.

Permendikbud. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Permendikbud.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, nana syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Resda Karya Offset.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kenca.

Sormin, Younita Apriana. 2014. “Faktor-Faktor Pendukung Siswa Berprestasi di SD Josua Medan Tahun Ajaran 2013/2014â€. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Yusuf, Muhamad.2010. “Peningkatan Hasil Belajar Maematika Siswa melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Komputer Di SMA Muhamadiyah 1 Palembangâ€. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/article/view/816. Diakses 05 Agustus 2019.

Published

2019-12-18

Issue

Section

Articles