Pemanfaatan Perpustakaan Keliling Terhadap Program Literasi di SD Islam Kurma Salatiga

Authors

  • Oza Aurinta Sandra Universitas Kristen Satya Wacana
  • Agustina Retnaningtiyas Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v7i2.3034

Abstract

Abstract

A mobile library is a mobile library that serves educational institutions or schools that do not yet have a library. Mobile libraries have the benefit of increasing students' literacy interest. Therefore, this research focuses on the use of mobile libraries for literacy programs at the SD Islam Kurma Salatiga. The aim of this research is to describe the use of the mobile library for the literacy program at the SD Islam Kurma Salatiga and the obstacles in using the mobile library as well as efforts to overcome obstacles in the use of the mobile library at the SD Islam Kurma Salatiga. This research uses a descriptive qualitative approach. Data collection uses observation, interview and documentation techniques. The subjects of this research were school principals, teachers in charge of mobile libraries, students, and mobile library staff. The results of this research show that the use of a mobile library in the literacy program at the SD Islam Kurma Salatiga can increase interest in reading, increase students' knowledge, insight and ability in reading, writing and composing words and teachers are actively involved in assisting students in using the mobile library.

 

Abstrak

Perpustakaan keliling adalah perpustakaan berjalan yang melayani lembaga pendidikan atau sekolah yang belum mempunyai perpustakaan. Perpustakaan keliling mempunyai manfaat dalam meningkatkan minat literasi peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pemanfaatan perpustakaan keliling terhadap program literasi di SD Islam Kurma Salatiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan keliling terhadap program literasi di SD Islam Kurma Salatiga dan kendala dalam pemanfaatan perpustakaan keliling serta upaya dalam mengatasi kendala dalam pemanfaatan perpustakaan keliling di SD Islam Kurma Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru penanggung jawab perpustakaan keliling, peserta didik, dan petugas perpustakaan keliling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan keliling terhadap program literasi di SD Islam Kurma Salatiga dapat meningkatkan minat baca, meningkatkan pengetahuan, wawasan, kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis dan merangkai kata serta guru terlibat secara aktif dalam mendampingi peserta didik dalam memanfaatkan perpustakaan keliling.

References

Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pembelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166.

Fatimah. (2018). Perpustakaan, Manfaat, Kelebihan Dan Kekurangan. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 30-35.

https://journal.pustakauinib.ac.id/i ndex.php/jib/article/view/27.

Gunarwati, Rahmi, dkk. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. 4 (September). http://jurnal.unw.ac.id/index.php/ja nacitta

Hidayat, Rohmah. (2020). Pemanfaatan Perpustakaan Keliling Sebagai Penguatan Program Literasi Sekolah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Iyuk, M. (2022). Optimalisasi Perpustakaan sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 08 Marong. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2),253–260.

https://doi.org/10.31571/bahasa.v1 0i2.3434.

Lifia, Yola. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi MEA. Jurnal Elic. Vol 1, No. 1, hlm

-647.

Mitra & Marlini. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Padang Sebagai Penunjang Program Pendidikan Dalam Mengenalkan Literasi Informasi Pada Siswa SD. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Vol 8, No. 1, 252-262.

Rahmawati, Rakib. (2017). Kajian Pemanfaatan Pustaka Keliling Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat di Kelurahan Tinoor 1 Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon. Jurnal Acta Diurna. Vol 6. No. 2.

Sitti, Husaebah Pattah. (2014). Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khazanah Hikmah, Vol. 2.

Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, 26 (2), 116–123.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Oza Aurinta Sandra, & Agustina Retnaningtiyas. (2024). Pemanfaatan Perpustakaan Keliling Terhadap Program Literasi di SD Islam Kurma Salatiga. JANACITTA, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.35473/jnctt.v7i2.3034

Issue

Section

Articles