Pengembangan Buku Ajar IPS SD Tentang Tokoh–Tokoh Islam Pada Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan

Authors

  • Robi'atul Adawiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v7i1.3057

Keywords:

tokoh-tokoh islam pada peristiwa proklamasi kemerdekaan

Abstract

The purpose of this study is to develop the teaching book of important moeslim figures during the proclamation of indepence in MIS Al-Islami Tiremenggal, during the school year 2022/2023. The model of development used inthis study is the developing mode ADDIE, which consists of five stages which are Analysis, Design, Development, Implementation,and Evaluation. The subject used for this study are students in fifth grade in MIS Al-Islami. The data was gatheres for this study by using validation paper from a linguist, material or content expert, and graphic artist along wit questionnaire sheets for students responses. Based on the result of linguist data analysis that is developed are on very valid criteria with a score of 94,44%. The result of the material analysis that is developed are on very valis criteria with a score 90,91%. The developed data of graphic artist data analysis resulted on very valid criteria with a score 97,53%. The testing conducted by the expert resulted with a score of 92,16% on very good criteria. The result of the development of the teaching book of important moeslim figures during the proclamation of independence using the ADDIE model is concluded on very valid and very good criteria.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar tokoh-tokoh islam pada peristiwa proklamasi kemerdekaan di MIS Al-Islami Tiremenggal tahun ajaran 2022/2023. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation­. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIS Al-Islami Tiremenggal. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan lembar validasi dari ahli bahasa, ahli materi atau isi dan ahli kegrafikaan serta lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data ahli bahasa yang dikembangkan berada pada kriteri sangat valid dengan skor sebesar 94,44%. Hasil analisis materi yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan skor sebesar 90,91%. Hasil analisi data ahli kegrafikaan yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan skor sebesar 97,53%. Hasil uji coba yang dilakukan peneliti memproleh skor sebesar 92,16% dengan kriteria sangat baik. Buku ajar tokoh-tokoh islam pada peristiwa proklamasi kemerdekaan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE dapat disimpulkan memenuhi kriteria valid dan sangat baik

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2007). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Astri Medianti Dewi, A. W. (2022). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA 7 Banda Aceh. Jurnal Uin Ar-Raniry, 89-95.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia.

BSNP. (2017). Standar Buku Ajar dan Modul Ajar. Ristekdikti.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 147-173.

Imanuel Sairo Awang, E. V. (2020). PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENGACU KURIKULUM 2013 UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 109-117.

KBBI. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Lailia Noviasari, N. H. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ipa. Janacitta, 1-6.

LKPP. (2015). Bahan Ajar, Buku Ajar, Modul, dan Panduan Praktik.

Miftahul Huda, M. (2019). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689-1699.

Riduwan. (2008). Dasar - Dasar Statistika. Alfabeta.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PT.Kharisma Putra Utama.

Trisakti, L. P. (2020). Pedoman Penyusunan dan Pengusulan Hibah Buku Ajar Universitas Trisakti. Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 1-7.

Uli Ajnikhah, H. J. (2020). Pengembangan Media Buku Bergambar Mabarung (Macam-Macam Bangun Ruang) Untuk Pembelajaran Matematika Kelas 5 SD. Janacitta, 1-12.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles