Perilaku Hemat Energi Pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kualitatif Deskriptif

Authors

  • Ilham Rifqyansya Fauzi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ishmatun Naila Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Kunti Dian Ayu Afiani Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v7i2.3314

Keywords:

Behavior, Energy Saving, Students, School And Home

Abstract

Abstract

Human behavior in consuming natural resources has an impact on environmental problems, including global warming and climate change. The location of this research is SD Negeri Pacar Keling V Surabaya. This research aims to identify energy saving behavior patterns of class V students at SDN Pacar Keling V Surabaya related to energy use in the school environment and at home. Descriptive qualitative research model using interview, observation and documentation data collection techniques. The research subject in the research was students from SD Negeri Pacar Keling V Surabaya, wich amounths to 32 students consisting of class V A. The results of this research were that students from class V at SD Negeri Pacar Keling V Surabaya had understood and practiced energy saving behavior at school. However, the biggest challenge is implementing these habits consistently at home.

 

Abstrak

Perilaku manusia dalam konsumsi sumber daya alam berdampak terhadap permasalahan lingkungan, termasuk didalamnya adalah pemanasan global dan perubahan iklim. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Pacar Keling V Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola perilaku hemat energi siswa kelas V SDN Pacar Keling V Surabaya terkait dengan penggunaan energi di lingkungan sekolah dan di rumah. Model penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Subject penelitian dalam penelitian siswa SD Negeri Pacar Keling V Surabaya, yang berjumlah 32 siswa terdiri dari kelas V A. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Pacar Keling V Surabaya telah memahami dan mempraktikkan perilaku hemat energi di sekolah. Namun, tantangan terbesar adalah menerapkan kebiasaan ini secara konsisten di rumah.

References

Afiani, K. D. (2021). Analisis Model Pembelajaran NHT Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16.

Afiani, K. D. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Pada Siswa SD Muhammadiyah 29 Surabaya Kelas II Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Handayani PGSD FIP Unimed, 21-26.

Ahmadi, A. d. (2015). Psikologi Perkembangan. Rineka Cipta.

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM. Dutacom, 47.

Bahij, A. A. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Energi Terhadap Perilaku Hemat Energi Pada Siswa Sekolah Dasar. Edusains, 260-265.

Bahij, A. A., Nadiroh, Sihadi, & Amrullah, F. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Energi TerhadapPerilaku Hemat Energi Pada Siswa Sekolah Dasar. Unnima Journal, 1-9.

BPPT. (2014). Indonesia Energi Outlook 2014. Pusat Teknologi Sumber Daya Energi.

Bulunga, A. A. (2018). Action for Increasing Energy-Saving Behaviour in Student Residences at Rhodes University, South Africa. International Journal of Sustainability in Higher Education, 19(4), 773–789.

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, F. I. (2021). Pemberdayaan Gugus Tugas Sebagai Agen Perubahan Perilaku Hemat Energi. Prosiding Serina, 1573–1580.

Fasya, F. (2019). Analisis Perilaku Hemat Energi Listrik Pada Mahasiswa FKIP Universitas Jember. Jember: Universitas Jember.

Fitriani, E. (2024). Edukasi Pengenalan Konservasi Energi dan Sumber Energi Baru Terbarukan pada Siswa SD Negeri 111 Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 13-18.

Hamzah, S. (2013). Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Hasanah, U. (2023). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Era New Normal: Strategi dan Program Kegiatan Pembiasaan Pembentukan Akhlak. Jurnal Asghar, 32.

Hughes, R. (2008). Household Energy Conservation Patterns: Evidence From Greece. Journal of Chemical Information, 287.

Ibtissem, H. (2010). Application of Value Beliefs Norms Theory to the Energy Conservation Behaviour. Journal of Sustainable Development, 129–139.

Khotimah, K. (2017). Wujud Bela Negara Melalui Pendidikan Budaya Hemat Energi. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 7(3), 69–84.

Mansor, R. &.-T. (2019). The Psychological Determinants of Energy Saving Behavior. Materials Science and Engineering, (p. 620). IOP Conference Series.

McClaren, M. S. (2015). Energy Efficiency and Conservation Attitudes: An Exploration of a Landscape of Choices. ProQuest Dissertations and Theses. 210.

Mesra, R. T. (2023). Strategi Guru dalam Menjelaskan Materi guna Meningkatkan Nilai Mata Pelajaran Siswa di SD Inpres Taratara 1. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya,, 723.

Miles, B. M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Naila, I. (2023). Analisis Keaktifan Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 351-366.

Naila, I. R. (2021). Literasi Digital bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar: Analisis Konten dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 122-166.

Prati, G. A. (2017). The Interplay Among Environmental Attitudes, Pro-Environmental Behavior, Social Identity, and Pro-Environmental Institutional Climate. A longitudinal study. Environmental Educa Research, 176–191.

Rahmadyani, H. (2021). Hubungan Perilaku Boros Energi dengan Alasan Berperilaku Boros Energi pada Hunian. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 28.

Rini, D. A. (2017). Implementasi Nilai Peduli Lingkungan di SDN Tegalrejo. Basic Education, 28.

So, P. Y. (2014). Implementasi Kebijakan Konservasi Energi Di Indonesia. E-Journal Graduate Unpar, 1–13.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhri, M. (2014). Gambaran Sikap Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar Negeri di Desa Gonilan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. UMS Library.

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Fauzi, I. R., Naila, I., & Afiani, K. D. A. (2024). Perilaku Hemat Energi Pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kualitatif Deskriptif. JANACITTA, 7(2), 157–169. https://doi.org/10.35473/jnctt.v7i2.3314

Issue

Section

Articles