Pemanfaatan Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Di Kelas VI SD Negeri Sendang 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019

Authors

  • Yohanes Edy Wiyono SDN Sendang 01 korwilcam Bidang Pendidikan Kec.Bringin

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i2.337

Abstract

Dalam pembelajaran praktik ansambel musik, pengelolaan kelas secara tepat sangat diperlukan. Berdasarkan pengalaman peneliti, pembelajaran secara klasikal belum membuahkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam bermain musik ansambel melalui penelitian ini peneliti akan mencoba menerapkan metode Tutor sebaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Proses pelaksanaan, penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus, setiap siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, unjuk kerja, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar bermain recorder. (2) Metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar bermain pianika.(3) Metode tutor sebaya mampu mengefektifkan waktu pertemuan di dalam kelas dibandingkan dengan metode klasikal. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar (1) para guru seni budaya menerapkan metode tutor sebaya dalam pembelajaran ansambel musik di sekolah.(2) Mencoba menerapkan metode tutor sebaya dalam mencapai tujuan pelajaran pada kompetensi dasar yang lain

References

Ali Muhamad. 2004. Bimbingan dan Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Agustin Marsal. 2006. Bermain Band. Jakarta:Arlangga.

Aria Djalil . 1997. Metode Tutor Sebaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto. 1986. Metode Tutor Sebaya.Yogyakarta: Aditya Media.

Budidharma. 2001. Ilmu Harmoni. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hasim Zaini. 2004. Metodologi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

John Coolingwood. 1991 Education Researeh.by Pearson Education , Lac Upper River, New Jersey (terjemahan)

Kuswoyo Wihardid. 1997. Metode Tutor Sebaya. Jakarta: Arlangga

Miller. 1989. Psikologi Belajar. Bandung: CV. Pustaka Setia

Nasution, 2003.Psikologi Belajar. Bandung: CV. Pustaka Setia

Nanik Suprihyatin. 2010. Bimbingan dan Pemecahan masalah yogyakarta: Aditya Media

Sugiyanto.2004.Harmoni Komposisi. Jakarta: Arlangga

Sudjana, 2002. Psikologi Belajar. Salatiga: Widya Sari Perss.

Setyowati, 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Sukarman. 2004. Bakat dan Hasil Belajar. Bandung: CV Irama Widya

Zaenal Aqib.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Irama Widya

Published

2019-12-18

How to Cite

Wiyono, Y. E. (2019). Pemanfaatan Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Di Kelas VI SD Negeri Sendang 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. JANACITTA, 2(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i2.337

Issue

Section

Articles