Pemanfaatan Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Di Kelas VI SD Negeri Sendang 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i2.337Abstract
Dalam pembelajaran praktik ansambel musik, pengelolaan kelas secara tepat sangat diperlukan. Berdasarkan pengalaman peneliti, pembelajaran secara klasikal belum membuahkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam bermain musik ansambel melalui penelitian ini peneliti akan mencoba menerapkan metode Tutor sebaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Proses pelaksanaan, penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus, setiap siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, unjuk kerja, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar bermain recorder. (2) Metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar bermain pianika.(3) Metode tutor sebaya mampu mengefektifkan waktu pertemuan di dalam kelas dibandingkan dengan metode klasikal. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar (1) para guru seni budaya menerapkan metode tutor sebaya dalam pembelajaran ansambel musik di sekolah.(2) Mencoba menerapkan metode tutor sebaya dalam mencapai tujuan pelajaran pada kompetensi dasar yang lainReferences
Ali Muhamad. 2004. Bimbingan dan Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Agustin Marsal. 2006. Bermain Band. Jakarta:Arlangga.
Aria Djalil . 1997. Metode Tutor Sebaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto. 1986. Metode Tutor Sebaya.Yogyakarta: Aditya Media.
Budidharma. 2001. Ilmu Harmoni. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hasim Zaini. 2004. Metodologi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
John Coolingwood. 1991 Education Researeh.by Pearson Education , Lac Upper River, New Jersey (terjemahan)
Kuswoyo Wihardid. 1997. Metode Tutor Sebaya. Jakarta: Arlangga
Miller. 1989. Psikologi Belajar. Bandung: CV. Pustaka Setia
Nasution, 2003.Psikologi Belajar. Bandung: CV. Pustaka Setia
Nanik Suprihyatin. 2010. Bimbingan dan Pemecahan masalah yogyakarta: Aditya Media
Sugiyanto.2004.Harmoni Komposisi. Jakarta: Arlangga
Sudjana, 2002. Psikologi Belajar. Salatiga: Widya Sari Perss.
Setyowati, 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: CV. Pustaka Setia
Sukarman. 2004. Bakat dan Hasil Belajar. Bandung: CV Irama Widya
Zaenal Aqib.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Irama Widya
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)