Implementasi Fungsi Manajemen Keuangan Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Authors

  • Ferry Andika Eminarni Universitas PGRI Semarang
  • Windah Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Eni Prasetyaningrum Universitas PGRI Semarang
  • Nurkolis Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3626

Keywords:

Financial Management, Education Quality, Fund Management, Schools, Budget Planning, Transparency

Abstract

Abstract

This study aims to examine the implementation of financial management functions in schools and their impact on improving the quality of education. Financial management in schools includes planning, organizing, implementing, and monitoring financial activities that are key to overcoming the challenges of limited resources. This study uses a qualitative approach with in-depth interview methods and document analysis in several educational institutions. The findings show that effective financial management contributes significantly to improving the quality of education. Transparent and accountable implementation in fund management not only improves educational facilities but also supports the professional development of educators. This study provides recommendations for school administrators to implement better financial management strategies to achieve higher education goals.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi fungsi manajemen keuangan di sekolah dan dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Manajemen keuangan di sekolah mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan aktivitas keuangan yang menjadi kunci untuk mengatasi tantangan sumber daya yang terbatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan analisis dokumen di beberapa institusi pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa manajemen keuangan yang efektif berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Implementasi yang transparan dan akuntabel dalam pengelolaan dana tidak hanya meningkatkan fasilitas pendidikan, tetapi juga mendukung pengembangan profesional pendidik. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengelola sekolah untuk menerapkan strategi manajemen keuangan yang lebih baik guna mencapai tujuan pendidikan yang lebih tinggi. 

 

References

Baharun, H. & Zamroni. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Supiyanto, Yuni, et al. (2023). Buku Dasar- Dasar Manajemen Keuangan (S. T. . M. . Hommy Dorthy Ellyany Sinaga & S. S. M. S. Aslichah (eds.); 2nd ed.). Sanabil.

Ernawati, Iswan Efendi, & Maria Ulfah3. (2023). 22445-Article Text-71896-1-10-20231210. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Vol 6 Nomor 4, 3027–3034.

Operasional, B., Kementerian Pendidikan, S., Kementerian, N., & Ri, A. (n.d.). Manajemen Keuangan Sekolah/ Madrasah.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. No 75 Tahun 2016. Jakarta.

Mulyono. (2016). Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahmawati, Y. H., Tri, D., Wardoyo, W., & Khamidi, A. (2023). Implementasi Fungsi Manajemen Keuangan Sekolah dan Implikasinya pada Kualitas Pendidikan: Studi Kasus SMP Lab School Universitas Negeri Surabaya (UNESA). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4, 1001–1014.

Rusdiana, A. & Wardijah. (2021). Manajemen Keuangan Sekolah. Bandung: Arsad Press.

Soro, S. H., Rhamdani, N., Alam, R., & Ahadiat, A. (2023). Manajemen Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Al Qona’ah Baleendah Kabupaten Bandung. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 838–847.

Trihantoyo, Syunu. (2020). Manajemen Keuangan Pendidikan. Surabaya: Pustaka Aksara.

Widodo, T., Muhammad, I., Darmayanti, R., Nursaid, N., & Amany, D. A. L. (2023). Manajemen Keuangan Pendidikan Berbasis Digital: Sebuah Kajian Pustaka. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 1(2), 146-167.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Ferry Andika Eminarni, Windah Lestari, Eni Prasetyaningrum, & Nurkolis. (2025). Implementasi Fungsi Manajemen Keuangan Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JANACITTA, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3626

Issue

Section

Articles