Perencanaan Berbasis Data Sebagai Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan pada Satuan Pendidikan

Authors

  • Ferry Andika Eminarni Universitas PGRI Semarang
  • Inayah Inayah Universitas PGRI Semarang
  • Hikmah Maulidah Universitas PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3646

Abstract

Abstract

Data-driven planning is a systematic approach to educational management that utilizes accurate and relevant data to support decision-making. This study aims to analyze the role of data-driven planning in improving the quality of education. This research employs a literature review method by analyzing various sources related to educational planning, data management, and the implementation of education policies. The results indicate that data-driven planning can help identify educational problems, allocate resources effectively, and enhance transparency and accountability in educational management. Therefore, data-driven planning is an effective strategy for sustainably improving the quality of education.

Abstrak

Perencanaan berbasis data merupakan pendekatan yang sistematis dalam pengelolaan pendidikan dengan memanfaatkan data yang akurat dan relevan untuk mendukung pengambilan keputusan. Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisis peran perencanaan berbasis data dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber literatur terkait perencanaan pendidikan, pengelolaan data, dan implementasi kebijakan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan berbasis data dapat membantu mengidentifikasi permasalahan pendidikan, mengalokasikan sumber daya secara efektif, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pendidikan. Dengan demikian, perencanaan berbasis data merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.

References

Alizar, M. N., & Rapi, M. (2023). Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen E-Rkam dalam Penyusunan Rencana Strategis. Nazzama: Journal of Management Education, 2(2), 149–172.

Arnadi, A., Aslan, A., & Vandika, A. Y. (2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan untuk Personalisasi Pengalaman Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 4(5), 369–380.

Eneng Garnika , Baiq Rohiyatun , & Lu’luin Najwa (2021). Implementasi Analisis Swot dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, Vol. 4, 162- 169 .

Fahrezi, E. F., & Putra, S. H. (2024). Pemanfaatan Learning Management System dalam Peningkatan Kemampuan Peserta Belajar pada Rizky English Course. Jurnal Minfo Polgan, 13(2), 1839–1847.

Kemendikbud. (2021). Panduan Implementasi Perencanaan Berbasis Data. Jakarta: Kemendikbud.

Musakirawati & Jemmy (2023). Pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan Indonesia terhadap Perencanaan Berbasis Data. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), Vol.7, 201 – 208.

Nasyrohah Herfiyanti, Wita Setiyanti, & Agustin Wulandari. (2024). Peningkatan Mutu Sekolah dengan Perencanaan Berbasis Data Rapor Pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.4, 508 – 512.

Rahayu, I., & Amiruddin, A. (2024). Buku Ajar Pengantar Manajemen Pendidikan. Selat Media.

Sobari, M., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Keterlibatan Industri dalam Pengembangan Kurikulum pada Tingkat SMK. Jurnal Education and Development, 11(3), 230–238.

Zuhud Suriono ( 2021 ). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY : Journal of Education, Vol 1, 94 -103.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Ferry Andika Eminarni, Inayah Inayah, Hikmah Maulidah, & Ngurah Ayu Nyoman Murniati. (2025). Perencanaan Berbasis Data Sebagai Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan pada Satuan Pendidikan. JANACITTA, 8(1), 224–231. https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3646

Issue

Section

Articles