Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri berbantuan Media ISPEMA dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V SDN 3 Bacin

Authors

  • Siti Nuryanah Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3779

Keywords:

Ispema Media, Inquiry, Conceptual Understanding

Abstract

Abstract

This research aims to investigate the average differences and enhance students’ understanding of concepts through the inquiry learning model assisted by Ispema media in learning sciences Chapter 5 Topic B. The study is a quantitative analysis conducted with a fifth grade at SDN 3 Bacin, comprising 18 students selected rhrough purposive sampling techniques. The methodology employed is a pre-experimental design know as the One Group Pretest-Posttest Design. Data collection involved various techniques, including observation, interviews, documentation, and test. For data analysis, the Paired Sample T-Test and N-Gain test were utilized. The research findings indicate that students’ conceptual understanding improved when using inquiry-based learning models supported by Ispema media, achieving KKTP; (1) The results of the Paired Sample T-Test indicate a significant difference between pretest and posttest scores, with a p-value of 0,000; (2) There has been a notable enhancement in the conceptual understanding of fifth-grade students through the implementation of inquiry-based learning models supported by Ispema media, with a significant improvement score 0,7643, which falss into the high category. Therefore, it can be concluded that the inquiry-based learning model, aided by Ispema media, effectively promotes students’ conceptual understanding of IPAS.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan rata-rata serta peningkatan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan media Ispema dalam pembelajaran IPAS pada Bab 5, Topik B. Penelitian ini kuantitatif dan dilaksanakan di kelas 5 SDN 3 Bacin. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 18 siswa, dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk analisis data, digunakan uji Paired Sample T-Test dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media Ispema mencapai KKTP; (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, yang dapat dilihat dari hasil uji Paired Sample T-Test dengan nilai signifikan sebesar 0,000; (2) Terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep siswa kelas 5 yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media Ispema, dengan nilai peningkatan mencapai 0,7643 yang masuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan bantuan media Ispema terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa.

References

Aras, N. F., Lestari, M., Hidayat, A., Rahayu, S., & Agus. (2021). Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 943–951.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101.

Fakhriyah, F., Masfuah, S., & Hilyana, F. S. (2022). TPACK dalam Pembelajaran IPA. Penerbit NEM.

Fakhriyah, F., Masfuah, S., & Hilyana, F. S. (2023). Pengembangan Pembelajaran TPACK Berbasis Literasi Sains. Pekalongan: Penerbit NEM.

Fakhriyah, F., Sumaji, & Roysa, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction dalam Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1), 74–80.

Fakhriyah, F., Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2016). Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik dan Kertas untuk Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru di SDN 5 Bae, Kudus. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 48–55.

Febriana, A., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Ular Tangga Tematik (UTATIK) terhadap Pemahaman Konsep Tema 8 Subtema 3 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Dasar Perkhasa, 10(1), 175–187.

Hamdani, R. H., & Islam, S. (2019). Inovasi Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 30–49.

Hermawan, V., Anggiana, A. D., & Septianti, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Melalui Model Pembelajaran Student Achievemen Divisions (STAD). Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(2), 71–81.

Hidayat, D. I. A., & Setiyawati, E. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 28–36. https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22894

Larasati, T. S., & Widiarto, T. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Model Teams Games Tournament Mata Pelajaran IPAS Kelas V. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 7(1), 11–19.

Lestari, A., & Suryani, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Flash Card terhadap Pemahaman Konsep Rantai Makanan pada Siswa Kelas V SDN 2 Sukorejo. Janacitta: Journal of Primary and Children’s Education, 5(2), 55–61.

Masfuah, S. (2016). Pictorial Riddle melalui Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1), 104–110.

Masfuah, S. (2017). Perkuliahan Pakem Sains untuk Menyiapkan Guru Sekolah Dasar Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017 (hal. 171–180).

Masfuah, S., & Fakhriyah, F. (2017). Developing The Understanding of Scientific Concept Based on the Aspect of Science Literacy for Students of Elementary School Education Program Through The Application of Project Based Learning. Unnes Science Education Journal, 6(3), 1708–1716.

Masfuah, S., Fakhriyah, F., & Hakim, M. M. (2021). An Evaluation of E-Learning Implementation During Covid-19 Pandemic in Elementary School. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(4), 933–945.

Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues. Edukasi : Jurnal Pendidikan, 10(2), 179–190.

Munawir, Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 9(1), 63–71.

Murdaningrum, R., Purwati, S., & Safitri, E. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik di Kelas VII B SMP Negeri 10 Semarang. In Seminar Nasional IPA XIII (hal. 94–102).

Nupus, H., Wahyuni, M., & Marleni, L. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing berbantuan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 343–351.

Periyana, I., Purwasi, L. A., & Sujarwo. (2024). Model Pembelajaran Inquiry terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal Binagogik, 11(1), 83–89.

Purnamasari, M., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2024). Application of the STAD Learning Model Assisted by the Gamasia Module to Improve Students Understanding of Concepts. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 85–94.

Ramadhan, F. T., Maula, L. H., & Lyesmaya, D. (2021). Analisis Keterampilan Menceritakan Kembali melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 4(2), 44–55.

Saka, B. G. S., Pakiding, A., Rubianus, & Silka. (2022). Identifikasi Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Besaran dan Satuan di SMA 4 Toraja Utara. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 237–243. https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2231

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, hal. 470–477). https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhaemi, A., Asih, E. T., & Handayani, F. (2020). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPS SD. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, 4(1), 36. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.36-45

Sumianto, T., Susilo, S. V., & Febriani, B. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115.

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Wardani, S. A., & Janattaka, N. (2022). Analisis Karakter Ingin Tahu Siswa pada Tema 8 Kelas III Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(4), 365–374.

Wibawa, W. D. (2019). Kompetensi Penilaian Dupak. Jurnal AgroSainTa, 3(2), 126–135.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (hal. 234–237).

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Siti Nuryanah, Siti Masfuah, & Fina Fakhriyah. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri berbantuan Media ISPEMA dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V SDN 3 Bacin . JANACITTA, 8(1), 103–114. https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3779

Issue

Section

Articles