Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan Media Caper di SD

Authors

  • Cynthia Carla Ika Santoso Universitas Muria Kudus
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus
  • Khamdun Khamdun Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3781

Abstract

Abstract

The low critical thinking ability of fifth grade students of SD 2 Gondangmanis is caused by learning that still uses conventional methods that are less creative and innovative, making students less active in learning. The purpose of this study was to determine the average difference and increase in students' critical thinking abilities with the Problem Based Learning model Assisted by Caper Media. This model can encourage students to think critically and encourage student participation, while caper media can increase students' enthusiasm and interest in learning. This research method uses pre-experimental with data collection techniques in the form of pretest and posttest tests, observations, interviews and documentation with data analysis using Paired Sample T-Test and N-Gain. The population in this study were all students of SD 2 Gondangmanis and the sample used in this study were all fifth grade students of SDN 2 Gondangmanis totaling 14 students. The results of the study showed a significant difference with an average pretest score of 33.14 and a posttest of 72.14 and by using the Paired Sample T-Test, a significance value of 0.00 was obtained where (0.00 <0.05) means that Ho is rejected and H1 is accepted. The results of the N-Gain test showed a value of 0.5821 which means that the criteria for improving students' critical thinking skills were classified as moderate. The results of the study showed that there was a significant difference in the application of the Problem Based Learning model Assisted by Caper Media on students' critical thinking skills and there was an increase in students' critical thinking skills in the moderate category.

Abstrak

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD 2 Gondangmanis disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional yang kurang kreatif dan inovatif sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model Problem Based Learning Berbantuan Media Caper.  Model ini dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mendorong partisipasi siswa, sedangkan media Caper dapat meningkatkan semangat dan minat siswa dalam belajar. Metode penelitian ini dengan menggunakan pre-eksperimental dengan teknik pengumpulan data berupa tes pretest dan possttest, observasi, wawancara serta dokumentasi dengan analisis data menggunakan Paired Sample T-Test dan N-Gain. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa SD 2 Gondangmanis dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Gondangmanis yang berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan rata-rata skor pretest sebesar 33,14 dan posttest sebesar 72,14 dan dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 dimana (0,00 < 0,05) berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil uji N-Gain menunjukkan nilai sebesar 0,5821 yang berarti kriteria peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa tergolong sedang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam penerapan model Problem Based Learning Berbantuan Media Caper terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam kategori sedang.

References

Aini, A. N., Masfuah, S., & Fakhriyah, F. (2024). Pengembangan Media Jejak Petualangan Sains (JPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 8(1), 719–728.

Amalia, S. R., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Problem Based Learning berbantuan Media Kotak Kehidupan pada Tema 6 Cita-Citaku. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4513.

Anggiana, D. A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(1), 109.

Arini, R., Rahayu, Y. S., & Erman, E. (2023). Profile of Critical Thinking Results Analyzed from Facione Indicators and Gender of Learners. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(4), 434–446.

Erviana Yuli, V., Sulisworo, D., Robi’in, B., & Rismawati Nur Afina, E. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning berbantuan Virtual Reality untuk Peningkatan HOTS Siswa.

Fakhriyah, F., Masfuah, S., Hilyana, F. S., & Margunayasa, I. G. (2022). Improved Understanding of Science Concepts in Terms of the Pattern of Concept Maps Based on Scientific Literacy in Prospective Elementary School Teacher Students. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(3), 538-552.

Fitriana, L. D., Fuad, Y., & Ekawati, R. (2018). Student’s Critical Thinking in Solving Open-Ended Problems Based on Their Personality Type. Journal of Physics: Conference Series, 947(1).

Hasmiati, Jumadi, O., & Rachmawaty. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 257–262.

Hening, B. M., Saptaningrum, E., & Kiswoyo, K. (2019). Efektivitas Model Project Based Learning berbantu Mind Map terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Janacitta, 1(2).

Ihsan, A., Syahfitri, L., Bahri, S., Zahari, L., Awalia, N., Muslim, U., & Washliyah, N. A.-. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Model Problem Based Learning berbantuan Media Pembelajaran Quizizz. Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 96–113.

Kartimi, Liliasari, & Anna Permanasari. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep Senyawa Hidrokarbon untuk Siswa SMA di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pendidikan MIPA, 1–17.

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). Dalam JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5).

Kurnianto, I., Aditia Ismaya, E., & Ari Pratiwi, Ika. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Media Rimba terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Lestari, A. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori berbantuan Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA Macam-Macam Sumber Energi di SD Islam Nurus Svamsi. 2(3), 660- 665.

Masfuah, S., & Fakhriyah, F. (2017). The Aspect of Science Literacy for Students of Elementary School Education Program Through the Application of Project Based Learning. Unnes Science Education Journal, 6(3), 1708-1716.

Maulidina, H. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik (Issue 2).

Maura, D. S., Saputri, D. Y., & Bakdiyah, N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menemukan Ide Pokok Teks Non Fiksi Deskripsi Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Sebelas Maret, 2–7.

Melathi, D. R., & Putra, L. V. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Permainan Monopoli terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 5(024), 39–46.

Nurfadhillah, S., Ulfah, M., Nikmah, S. Z., & Fitriyani, D. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Siswa serta Memotivasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN Kohod III. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2), 260–271.

Rambe, Y., Khaeruddin, K., & Ma’ruf, M. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 341–355.

Purwanti, K. Y., & Suryani, E. (2018). Pengaruh Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific berbantuan Powtoon terhadap Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis. Janacitta, 1(1).

Putri, P. E. R., Duwi Nuvitalia, & Suyitno. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Pop-Up Book terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas 5 SD Negeri Brumbung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1108–1123.

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94.

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Santoso, H. (2015). Pembelajaran Konstruktivistik untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 1(1).

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi IPA Siswa Kelas V SD di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Cynthia Carla Ika Santoso, Fina Fakhriyah, & Khamdun Khamdun. (2025). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan Media Caper di SD . JANACITTA, 8(1), 92–102. https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3781

Issue

Section

Articles