Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Kata pada Anak Disleksia Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Oktavia Universitas Trilogi
  • Sulistyani Puteri Ramadhani Universitas Trilogi

DOI:

https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3782

Abstract

Abstract

This research addresses reading difficulties in children, especially those with dyslexia, and the impact this has on their language skills. The main objective of this study was to understand the challenges dyslexic students face and teachers' analysis of the factors that cause these difficulties, and formulate strategies to help them. The approach used was descriptive qualitative, focusing on one dyslexic student. Difficulties included recognizing letters, reading words, and understanding sentences. Teacher and parent support is essential, and collaboration between them is needed to provide effective learning strategies.

 Abstrak

Penelitian ini membahas kesulitan membaca pada anak, terutama yang mengalami disleksia, serta dampaknya terhadap kemampuan bahasa mereka. Tujuan utama penelitian ini adalah memahami tantangan yang dihadapi siswa disleksia dan analisis guru terhadap faktor penyebab kesulitan ini, serta merumuskan strategi untuk membantu mereka. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, fokus pada satu siswa disleksia. Kesulitan termasuk mengenali huruf, membaca kata, dan memahami kalimat. Dukungan guru dan orang tua sangat penting, dan kolaborasi antara mereka diperlukan untuk memberikan strategi pembelajaran yang efektif.

References

Anjarningsih, H. Y. (2021). Disleksia-Perkembangan. Yayasan Pustaka Obor.

Aulia, L. A.-A. (2018). Kesulitan Belajar Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 5(1), 11–20. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1166

Budiani, L., Marhaeni, A., & Putrayasa, I. B. (2018). Kesulitan Membaca Kata Anak Disleksia Usia 7-12 Tahun di Sekolah SDN 1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Bali. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2695

Dosen, L., Tarbiyah, F., Email, K. U. I. N. A., Disleksia, A., & Dyslexia, A. (2017). Urgensi mengenal Ciri Disleksia. III, 42–58.

Fawcett, A. J. (2007). Review Dyslexia. Learning and Pedagogical Neuroscience. 1, 306–311.

Hidayat. (2019). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21–32.

Intan Amalia. (2016). Kesulitan Membaca Kata pada Anak Disleksia Usia 7-12 Tahun di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya: Kajian Psikolinguistik. 206.

Okta Kisti, M., & Dafit, F. (2023). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Autis. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 454–463. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.344

Ramadhan, R. R., & Tarmini, W. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 960–965. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2971

Sintha Setyastuti, C., Budi Santoso, A., & Haryanti, U. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDN 1 Munggung. Berajah Journal, 2(1), 58–62.

Soriano-ferrer, M., & Morte-soriano, M. (2017). Teacher Perceptions of Reading Motivation in Children with Developmental Dyslexia and Average Readers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 50–56. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.012

Udhiyanasari. (2019). Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II di SDN Manahan Surakarta. Speed Journal of Special Education, 3(1), 39–50.

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Putri Oktavia, & Sulistyani Puteri Ramadhani. (2025). Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Kata pada Anak Disleksia Usia Sekolah Dasar. JANACITTA, 8(1), 72–82. https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3782

Issue

Section

Articles