Dampak Psikologis Bullying terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SDN 1 Mindahan

Authors

  • Septiya Zahrotul Ummah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Erna Zumrotun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muh Muhaimin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3788

Abstract

Abstract

This study aims to identify the causes and impacts of bullying on students' motivation and learning achievement at SDN 1 Mindahan. Based on initial observation data and interviews with teachers, it was found that bullying cases still occur and have an impact on the learning environment. This research used a qualitative approach with a case study method. Data were collected through in-depth interviews, participatory observation, and documentation analysis. The results showed that verbal bullying was the most dominant form, followed by physical and social bullying. The impact on victims includes decreased self-confidence, anxiety, and reduced motivation to learn, which has a direct impact on decreased academic performance. In addition, the bully also has difficulty focusing on learning and tends to repeat aggressive behavior. To overcome this problem, SDN 1 Mindahan has implemented various prevention strategies, such as the 3S (Salam, Senyum, Sapa) program, the use of visual media as an anti-bullying campaign, and the involvement of parents in the intervention process. This study confirms that bullying has a significant impact on students' academic and social development. Therefore, more effective prevention and intervention strategies are needed with active involvement from schools, teachers and parents to create a safe and supportive learning environment.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab dan dampak bullying terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa di SDN 1 Mindahan. Berdasarkan data observasi awal dan wawancara dengan guru, ditemukan bahwa kasus bullying masih terjadi dan berdampak pada lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying verbal merupakan bentuk yang paling dominan, diikuti oleh bullying fisik dan sosial. Dampaknya terhadap korban meliputi penurunan kepercayaan diri, kecemasan, serta motivasi belajar yang berkurang, yang berdampak langsung pada penurunan prestasi akademik. Selain itu, pelaku bullying juga mengalami kesulitan dalam berfokus pada pembelajaran dan cenderung mengulang perilaku agresif. Untuk mengatasi permasalahan ini, SDN 1 Mindahan telah menerapkan berbagai strategi pencegahan, seperti program 3S (Salam, Senyum, Sapa), pemanfaatan media visual sebagai kampanye anti-bullying, serta keterlibatan orang tua dalam proses intervensi. Penelitian ini menegaskan bahwa bullying memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan akademik dan sosial siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi pencegahan dan intervensi yang lebih efektif dengan keterlibatan aktif dari sekolah, guru, dan orang tua guna menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung.

References

Abdullah, G., & Ilham, A. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar melalui Pelibatan Orang Tua. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(1), 175–182.

Afni, N., Suarni, N. K., Margunayasa, I. G., & Nurgufriani, A. (2024). Dampak Bullying terhadap Perkembangan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Education and Learning, 7(2).

Afriani Hsb, N., Hasibuan, S. B., & Siregar, L. A. (2023). Analisis Perilaku Bullying di SD Negeri 0115 Sibuhuan. Jurnal Estupro, 8(3), 30–38.

Akbar, M. A., Khairunnisa, K., Pepayosa, E., Sari, M. T., & Wahyuni, A. (2024). Kajian Literature: Pengaruh Bullying terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 76–81.

Argadinata, H., Majid, M., & Benty, D. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Program Anti-Bullying: Perspektif Multikultural Berbasis Human Relation. Proceedings Series of Educational Studies.

Ariani, A. D., & Prawitasari, N. Y. (2024). Efektivitas Peran Komisi Perlindungan Anak Indonesia dalam Menangani Masus Bullying terhadap Anak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13103–13112.

Aziza, N. (2024). Analisis Dampak Bullying terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik (Studi Kasus). Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), 130–137.

Carmona-Rojas, M., Ortega-Ruiz, R., Romera, E. M., & Bravo, A. (2023). Aggressive and Defensive Behaviour, Normative, and Social Adjustment in the Complex Dynamics of School Bullying. Psychosocial Intervention, 32, 165–175. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:230598387

Choiriyah, S., Masruroh, S., Imamah, N., Laili, A., & Kunaifi, H. (2024). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di Sekolah. Journal Educatione, 1(2).

Dewanti, N. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran dan Bentuk Penilaian pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ortopedagogia, 7(1), 19–22.

Doremus, W. A. (2023). Prevention and Intervention of Bullying and Cyberbullying in Schools. Position Statement. Revised. National Association of School Nurses.

Hada, G. S., & Erna, E. Z. (2024). Analisis Penerapan Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam Sapa, Sopan, Santun) dalam Membangun Karakter di Sekolah Dasar. JANACITTA, 7(1), 63–71.

Hamidaturrohmah, H., Irfana, S., & Surayya, S. (2020). Implementasi Pembelajaran dengan Konsep Ramah Anak dalam Membangun Empati Siswa di Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(1).

Hopeman, T. A. (2020). Dampak Bullying terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 52–63.

Khinich, E. (2021). Bullied at School: Improving the Odds for Our Children. BU Journal of Graduate Studies in Education, 13(1), 11–16.

Larasati, T. S., & Widiarto, T. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Model Teams Games Tournament Mata Pelajaran IPAS Kelas V. Janacitta, 7(1), 11–19.

Lestari, D. P., Attalina, S. N. C., & Zumrotun, E. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik dengan Latar Belakang Keluarga Broken Home di Kelas 3 Sd Al-Islam Pengkol Jepara. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 735–749.

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1245–1251.

Pradana, C. D. E. (2024). Pengertian Tindakan Bullying, Penyebab, Efek, Pencegahan dan Solusi. Jurnal Syntax Admiration, 5(3), 884–898.

Rahman, A. P., Zuhroh, N., Fahma, A., Rahma, M. F., Tazkia, M. N., Zultianda, R., Baihaqi, M. A., & Nihayah, A. Z. (2024). Penguatan Nilai Etika dan Moral Melalui Sosialisasi Anti Bullying: Studi Kasus SD Negeri 02 Desa Banyuurip. Jurnal Pelayanan Masyarakat, 1(3), 25–34.

Rofiqoh, N., Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2023). Urgensi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 5(1), 538–546.

Rohmah, A. N., & Amar, A. (2020). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Penyelenggara Pendidikan. IBTIDA’, 1(2), 151–170.

Sari, N., & Devra, D. D. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) dalam Mengatasi Kasus Bullying pada Peserta Didik. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 8(1), 82–87.

Setiani, A. P., & Hidayah, L. N. (2024). Dampak Bullying terhadap Kesehatan Psikologis Siswa. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 2(1), 41–50.

Sinaga, W. A., Gulo, I. S. M., Situmorang, R. A., Sihombing, S. F. Y., Sitindaon, D., & Siahaan, S. (2024). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Pengaruh Bullying di SDS ST. Antonius Medan. Journal Innovation In Education, 2(4), 116–124.

Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying dan Cara Mengatasi Masalah Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04), 496–504.

Sunanih, S., Nurhaliza, A., Shakila, A., Ulpah, D. N., Rahmaldi, D., Farida, D. N., Maulida, I., Ashilah, M., Rahmawati, N. A., & Saputra, R. F. (2025). Analisis Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Prestasi Akademik Siswa di Sekolah Dasar. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 31–45.

Tobing, J. A. D. E., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Mental Anak terhadap Terjadinya Peristiwa Bullying. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1882–1889.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Septiya Zahrotul Ummah, Erna Zumrotun, & Muh Muhaimin. (2025). Dampak Psikologis Bullying terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SDN 1 Mindahan. JANACITTA, 8(1), 146–155. https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3788

Issue

Section

Articles