Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Aplikasi Kahoot terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Authors

  • Yeni Khabibatul Masruroh Universitas Islam Sultan Agung
  • Nuhyal Ulia Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3792

Abstract

Abstract

The aim of the research is to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) model assisted by the kahoot apllication on students` cognitive learning outcomes. The research method used is a quantitative approach with a pre-experemental design and using a one group pretest-posttest model. The populayion in this study were fifth grade student at SD Negeri Adikarto 1 who were selected using a saturated using a saturated sampling technque. The instrument used is a description test that has beeb validated. The result of this research show an increase in student learning outcomes, with an average pretest score of 51.92 increasing to 80.38 in the posttest score. The paired sample-t test statistical test shows a significance value of 0.000 < 0.05 which proves that there is a significant influence from the application of the Problem Based Learning (PBL) model assisted by the kahoot application on student’s  cognitive learning outcomes.

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi kahoot terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen dan menggunakan model one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Adikarto 1 yang dipilih melalui teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang telah divalidasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pretest 51.92 meningkat menjadi 80,38 pada nilai postest. Uji statistik Paired Sample t-tes menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 yang membuktikan adanya pengaruh signifikan dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi kahoot terhadap hasil belajar kognitif siswa.

References

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Auliya F.A,Fitriasari E, Nurunnisa. N, M. . (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 953–968.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Kristinawati, E., Susilo, H., & Gofur, A. (2018). ICT Based-Problem Based Learning on Students’ Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 6(2), 38–42. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 139–148. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikanda sar.v4i2.2649

Safitri, E., Wawan, Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Kahoot terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57–61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.154

Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2021). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487–497. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1845

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 99–108.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Yeni Khabibatul Masruroh, & Nuhyal Ulia. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Aplikasi Kahoot terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. JANACITTA, 8(1), 141–145. https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3792

Issue

Section

Articles