Analisis Dimensi Profil Pelajar Pancasila melalui Program Kampus Mengajar 7 SD Negeri 2 Langon
DOI:
https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3835Abstract
Abstract
Independent curriculum learning is oriented towards developing students' character through the implementation of the Pancasila student profile dimensions. In line with this, the government has presented a campus teaching program as a place for collaboration to improve learning innovation. This research took place at SDN 2 Langon with subjects of teachers and students in grades 1, 2, 4, and 5. The purpose of this study was to identify the implementation of the Pancasila student profile dimensions and to analyze the achievement of the Pancasila student profile dimensions through the campus teaching 7 program at SDN 2 Langon. This study uses a qualitative method of field research type with a case study approach through data collection techniques in the form of interviews, observations, and documentation. The data analysis technique is through data reduction, data display, and verification. The findings in this study are that SDN 2 Langon has not held many activity innovations with the P5 work title as a routine agenda. The existence of the campus teaching 7 program has a positive impact on program innovation and implementation of the Pancasila student profile dimensions through priority programs. Technology adaptation program achieves dimensions of independence and critical thinking. Pesantren Ramadhan program achieves dimensions of faith, devotion to God Almighty and noble character. Kartini program realizes the dimensions of global diversity, creativity, and independence. Numeracy literacy festival program achieves the dimensions of mutual cooperation and critical reasoning. P5 program shows the achievements of the dimensions of mutual cooperation, independence, and creativity.
Abstrak
Pembelajaran kurikulum merdeka berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik melalui implementasi dimensi profil pelajar pancasila. Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah telah menghadirkan program kampus mengajar sebagai ajang kolaborasi untuk peningkatan inovasi pembelajaran. Penelitian ini berlangsung di SDN 2 Langon dengan subjek guru dan peserta didik kelas 1, 2, 4, dan 5. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi implementasi dimensi profil pelajar pancasila serta menganalisis ketercapaian dimensi profil pelajar pancasila melalui program kampus mengajar 7 di SDN 2 Langon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tipe field research dengan pendekatan studi kasus melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui reduksi data, display data, dan verification. Temuan dalam penelitian ini yaitu SDN 2 Langon belum banyak mengadakan inovasi kegiatan dengan gelar karya P5 sebagai agenda rutin. Adanya program kampus mengajar 7 memberikan dampak positif terhadap inovasi program dan implementasi dimensi profil pelajar pancasila melalui program prioritas. Program adaptasi teknologi mencapai dimensi mandiri dan bernalar kritis. Program pesantren Ramadhan mencapai dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Program Kartini tangguh merealisasikan dimensi berkebinekaan global, kreatif, dan mandiri. Program festival literasi numerasi mencapai dimensi gotong royong dan bernalar kritis. Program gelar karya P5 menunjukkan capaian dimensi gotong royong, mandiri, dan kreatif.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Angkur, M. F. M., & Wati, S. (2023). Strategi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Menggunakan Gadget. Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 53–66.
Arsyad, A. A. J., Sulistyo, L., Rahayu, W., & Fatmawati, E. (2023). Upaya Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Program Pelatihan Komputer di Desa Terpencil. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 654–661.
Attalina, S. N. C., Sutriyani, W., & Ni’mah, N. U. (2022). Tingkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru SD dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Khaira Ummah, 1(02), 147–152.
Denansa, F. A., Trisiana, A., & Widyaningrum, R. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Program Pembiasaan dan Keteladanan. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 77–97.
Dewi, R. K., & Attalina, S. N. C. (2024). Analisis Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Kearifan Lokal Kabupaten Jepara di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1769–1784.
Elisafira, Usmaedi, U. K., & Ginanjar, A. (2024). Analisis Penggunaan Media Peta Berbentuk Puzzle dari Plastik Kemasan Makanan Ringan terhadap Kreativitas Siswa. Kala Manca: Jurnal Pendidikan Sejarah, 12(2), 18–27.
Fadil, K., Fahri, M., & Nurpajriah, S. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Anak Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2166–2174.
Fani, M., & Tranggono, D. (2023). Eksistensi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SDN Karang Nangkah 1. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 115–124.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Fransiska, R. M., Wiranata, I. H., & Nursalim, N. (2022). Penerapan Merdeka Belajar dalam Menumbuhkan Minat dan Bakat Siswa di SDN 1 Pisang. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 2(1), 158–162.
Hariyanti, H., & Sundawa, D. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 133–146.
Himayanti, A. M., Prayito, M., Sulianto, J., & Wikyuni, S. (2023). Analisis Video Pembelajaran Simbol Pancasila melalui Aplikasi Canva Kelas 1 SDN Plamongansari 02. JANACITTA, 6(1), 57–64.
Iraqi, H. S., Lena, M. S., Sulastri, J., & Reviana, F. R. (2023). Pembelajaran Seni Rupa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. YASIN, 3(4), 640–649.
Irsalulloh, D. B., & Maunah, B. (2023). Peran Lembaga Pendidikan dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 17–26.
Jamaludin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709.
Julfian, J., Rejeki, S., Handayani, S., Sarilan, S., Rizki, A. N., & Lasmi, L. (2023). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 210–224.
Karina, M., Judijanto, L., Rukmini, A., Fauzi, M. S., & Arsyad, M. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Prestasi Akademik: Tinjauan Literatur pada Pembelajaran Kolaboratif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6334–6343.
Larasati, T. S., & Widiarto, T. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Model Teams Games Tournament Mata Pelajaran IPAS Kelas V. JANACITTA, 7(1), 11–19.
Nashihudin, M., Kurniawan, R. R., Alviandy, C., Sofia, D. A., Ares, I. Al, Putri, I. C., Zuhdi, M. I., Fathurazi, M. F., Rohim, M., Putra, N. D., Elnizar, N. E., Setiawan, I. S. A., & Aripin, I. (2024). Metode Ibrah. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka.
Niswah, N., Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2023). Pendidikan Karakter Peserta Didik Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. PAKAR Pendidikan, 21(2), 179–190.
Numertayasa, I. W., Kusuma, I. K. N., & Astuti, N. P. E. (2022). Pengembangan Silabus Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(2), 97–108.
Nurdyansyah, F., Muflihati, I., Ujianti, R. M. D., Novita, M., Kusumo, H., & Ryan, J. C. (2022). Indonesian Character Building Strategy: Planning the Pancasila Student Profile Strengthening Project in Kurikulum Merdeka. KnE Social Sciences, 362–369.
Nurjanah, B., Hamidah, D., Sanjani, M. A., & Napitupulu, L. H. (2024). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar-6 Mengenai Pengenalan dan Pemahaman Adaptasi Teknologi Mengenai Soal Literasi dan Numerasi pada Siswa di SD Negeri 056616 Pasar XII Kota Lama. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 13(1), 67-80.
Pandiangan, A. P. B., Rahayu, R. N., & Reynaldy, A. Z. K. (2024). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tentang Kearifan Lokal pada Kurikulum Merdeka di MIN 1 Kutai Timur. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 3(1), 28–39.
Pangestika, A. H., Suharto, V. T., & Puspitasari, D. (2023). Analisis Kesalahan Morfologi dan Sintaksis pada Teks Ulasan Karya Siswa MTs Negeri 5 Ponorogo Tahun 2020/2021. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 114–124.
Patria, W. N., & Abduh, M. (2023). Analisis Elemen Dimensi Berkebhinekaan Global dalam Ekstrakurikuler Karawitan. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1947–1960.
Pratiwi, N. Q. E., Nugraha, U., & Widowati, A. (2024). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan pada Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas V Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4719–4727.
Putri, G. A., Lia, I. K., Akrima, N. M., & Dinata, S. A. (2023). Strategi Guru dalam Menanamkan Sikap Saling Menghargai Peserta Didik di Sekolah Dasar. TSAQOFAH, 3(5), 748–759.
Rachman, A., Putro, H. Y. S., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2024). The Development and Validation of the" Kuesioner Tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila"(KT P5): A New Tool for Strengthening the Pancasila Student Profile in Indonesian Pioneer Schools. Heliyon, 10(16), 1-12.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.
Rohana, I. G. A. P. D., Novianti, B., Anggita, W., Pratama, A. S., Arianti, W., & Tista, A. D. (2023). Permainan Edukasi Rangking 1 dalam Penerapan PHBS pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Adaptasi New Normal. Lentera Perawat, 4(2), 92–98.
Rosmita, E., Sampe, P. D., Adji, T. P., Shufa, N. K. F., Haya, N., Isnaini, I., Taroreh, F. J. H., Wongkar, V. Y., Honandar, I. R., & Rottie, R. F. I. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Padang: CV. Gita Lentera.
Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, A., Sekarwulan, K., & Harjatanaya, T. Y. (2024). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Edisi Revisi). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Sihombing, I., & Simorangkir, F. M. A. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 di SD Negeri 101954 Pantai Cermin. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1–8.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.
Sulistiyowati, S., & Ismaya, E. A. (2024). Literasi Digital: Strategi Pembelajaran IPAS di Kelas V SDN Bakaran Wetan 03. JANACITTA, 7(2), 89–96.
Sutriyani, W., Attalina, S. N. C., Wiranti, D. A., Zumrotun, E., & Wulandari, E. T. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Puzzle Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Khaira Ummah, 1(02), 157–162.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132.
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696–703.
Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063.
Yenti, D., & Hendriani, S. (2024). Strategi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Satuan Pendidikan di SMPN 26 Sijunjung. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 18(1), 97–101.
Zakariya, M., & Zumrotun, E. (2024). Transformasi Ruang Belajar: Implementasi Pojok Baca oleh Mahasiswa Kampus Mengajar Batch 5 di SDN 4 Bringin. Jurnal Simki Pedagogia, 7(2), 425–435.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)