Pemanfaatan Botol Kaca sebagai Alat Bantu Pengembangan Keterampilan Membidik Notasi Angka
DOI:
https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3843Abstract
Abstract
This study aims to improve the skills of grade VI students in targeting number notation using glass bottles as a music learning aid. The background of this study is based on the low ability of grade VI students of UPTD SDI Malamude in reading number notation, where during the implementation of the initial learning test in targeting number notation, there Were 4 students who had poor criteria, and 13 students were still in the poor criteria. This is due to the lack of special assistance in targeting good number notation caused by the teacher's limited experience in teaching music arts and the lack of effective learning media. The research method used is Classroom Action Research (CAR) through 4 main stages, namely planning, action, observation, and reflection. Data was taken through observasion and tests of the ability to target number notation before and after the use of glass bottles. The results of the study obtained before the intervention showed that the majority of students had low ability to target number notation, with most students in the poor and poor categories. After the implementation of glass bottle-based learning, there was a significant increase, with many students reaching the fairly good to very good categories. The use of glass bottles has been shown to help students understand the high and low notes more concretely, while increasing their creativity and interaction in music learning.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas VI dalam membidik notasi angka menggunakan media botol kaca sebagai alat bantu pembelajaran musik. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan siswa kelas IV UPTD SDI Malamude dalam membaca notasi angka, dimana pada saat pelaksanaan tes awal pembelajaran dalam membidik notasi angka, terdapat 4 siswa yang memiliki kriteria kurang baik, dan 13 siswa masih berada pada kriteria tidak baik. Hal ini dikarenakan kurangnya pendamping khusus dalam membidik notasi angka baik yang disebabkan oleh keterbatasan pengalaman guru dalam mengajarkan seni musik serta kurangnya media pembelajaran yang efektif. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui 4 tahapan utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data diambil melalui observasi dan tes kemampuan membidik notasi angka sebelum dan sesudah penggunaan media botol kaca. Hasil penelitian yang diperoleh sebelum intervensi, menunjukkan mayoritas siswa memiliki kemampuan membidik notasi angka yang rendah, dengan sebagian besar siswa berada pada kategori tidak baik dan kurang baik. Setelah penerapan pembelajaran berbasis botol kaca, terjadi peningkatan signifikan, dengan banyak siswa mencapai kategori cukup baik hingga sangat baik. Penggunaan botol kaca terbukti membantu siswa dalam memahami tinggi rendahnya nada secara lebih konkret, sekaligus meningkatkan kreativitas dan interaksi mereka dalam pembelajaran musik.
References
Agsriyani, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Seni Menyanyi Menggunakan Alat Musik Sederhana pada Anak Kelompok B melalui Metode Demontrasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 404-409.
Angelina, S. . (2023). Proses Pembelajaran Vokal Solo dengan Metode Solfegio di Kelas IX SMP Fransiskus Bandar Lampung [Universitas Lampung]. https://digilib.unila.ac.id/71103/
Anggraini, W., Kurtubi, H. Z., Aprilia, N., Wardhani, A. P., & Suryani, A. (2024). Uji Coba Konsep Pipa Organik pada Alat Peraga Menggunakan Botol Bekas: Bantuan Aplikasi Phypox. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3),1430-1438. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/mister.v1i3c.1925
Armanto, F. B. (2020). Modul Pembelajaran SMA Seni Budaya Mmusik) Kelas XII: Merancang Konsep dan Teknik Berkreasi Musik Kontemporer.
Avandra, R., Mayar, F., & Desyandri. (2023). Pengaruh Musik terhadap Motivasi Belajar dan Emosional Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2620–2629. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.997
Brown, A. (2019). Applying Vygotsky’s Zone of Proximal Development in Music Education: Overcoming Challenges in Music Notation. Journal of Educational Psychology, 31(4), 220-235.
Ceme, P. M. ., Samino, S. R. ., Dopo, F. ., & Fikri, K. (2025). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Membidik Notasi Angka dalam Pembelajaran Seni Musik. 12, 129-141.
Dhone, Y., Bate, D. ., & Dopo, F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Notasi Angka pada Pembelajaran Bernyanyi Unisono bagi Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Boawae. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1326–1341. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2238
Dwi, S. Z. ., Mulyawati, Y., & Nugraha, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Notasi Angka Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 787–796. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.741
Firdaus, A., Triprasetyo, G. B., & Hapsari, P. D. (2023). Proses Pembelajaran Kreasi Musik dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila (P3). EKSPRESI: Indonesia Art Journal, 12(2).
Irawana, T. ., & Desyanri. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik untuk Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222–232. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47
Lumbantoruan, J., & Hidayat, H. . (2023). Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Menggunakan Metode Solfegio pada Siswa di Sekolah Dasar Kota Padang. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 4(1), 55-71. https://doi.org/10.24036/komposisi.v24i1.118782
Muttaqin, M., & Susetyo, B. (2021). Peningkatan Ketrampilan Menyanyi Paduan Suara dengan Metode Solfegio pada Kelompok Paduan Suara Dharma Wulan Semarang. Varia Humanika, 2(1), 94-101. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/vh.v2i1.46055
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Putra, Z. A. W. (2023). Kajian Fenomenologis: Pemanfaatan Alat Musik dari Sampah Sebagai Model Pembelajaran PBL dan ADDIE. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 8(1), 27-39.
Qondias, D., Darmayanti, N. W. ., Selamet, K., Sanjayanti, N. P. A. ., Wijaya, I. K. W. ., Witraguna, K. ., Jaya, I. K. M. ., & Persi, N. . (2024). Penelitian Tindakan Kelas (Panduan dan Implementasinya bagi Guru dan Mahasiswa). Badung: PT. Nilacakra Publishing House.
Rusi, I., Yustosio, D., Sunggu, F. A. D. O., Sugiyanto, S., Aditya, A. P., & Suhardi, R. E. (2024). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Menunjang Keterampilan dan Kreativitas Siswa. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(1), 84-92.
Shenita, A., Oktavia, W., Rahman, N. A., Irmareta, I. L., Subrata, H., Rahmawati, I., & Choirunnisa, N. L. (2022). Pembelajaran Seni Musik Botol Kaca Berbasisi Proyek dengan Pendekatan Steam untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 155-167.
Sugiarto, R. (2019). Studi Analogis Bentuk Arsitektural dan Musik Barok. Media Matrasain, 16(1), 1-14. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmm/article/view/25260
Suyanto, Y., & Setiyani. (2023). Pembangkit Notasi Angka untuk Paduan Suara dari Teks Polos. Jurnal Realtech, 1(1), 1-5.
Wahyuni, A., & Safitri, B. N. (2021). Permainan Musik Feeling Band Sebagai Strategi Peningkatan Sikap Sabar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1439-1448.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)