Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Cafas terhadap Pemahaman Konsep Siswa

Authors

  • dendy eriawan universitas ngudi waluyo
  • Lisa Virdinarti Putra

DOI:

https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3862

Abstract

Abstract

Students' ability to understand concepts so they can apply their knowledge and understanding of mathematics. The aim of this research is to determine the effect of the SAVI (somatic, auditory, visual and intellectual) learning model assisted by Canva on students' conceptual understanding. The subjects of this research were 28 students in class II A and 28 students in class II B at SDN Bandungan 01. The type of data collected in this research is quantitative and experimental methods. Data collection techniques in this research are Test (Pre Test and Post Test) and Non Test (Observation, Questionnaire and Documentation). The data analysis techniques in this research are normality test, homogeneity test, hypothesis test in the form of independent sample t-test and simple linear regression test. The results of the research show that: (1) There are differences in students' understanding of concepts using the SAVI learning model assisted by Canva media. This is proven by the results of the Independent Sample T-Test with a significance level of less than 0.05, namely 0.000 < 0.05. So it can be concluded that there is a significant difference between the experimental class and control class learning groups, where the average value for the experimental class is 91.11 greater than the control class average of 82.75. (2) There is an influence of using the SAVI learning model assisted by Canva media on students' understanding of concepts. This is proven by the results of the Simple Linear Regression Test with a significance value of less than 0.05, namely 0.008 < 0.05. The conclusion of this research is that the SAVI (somatic, auditory, visual and intellectual) learning model assisted by Canva media is effective in influencing students' concept understanding abilities.

Abstrak

Kemampuan siswa untuk memahami konsep sehingga mereka dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatik, Auditory, Visual, Intelektual) berbantuan Cafas terhadap pemahaman konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SD N Bandungan 01. Sampel penelitian ini adalah 28 siswa kelas II A dan 28 siswa II B SDN Bandungan 01. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes (Pre Test dan Post Test) dan Non Test (Observasi, Angket, dan Dokumentasi). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang berupa uji independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa siswa dengan penggunaan model pembelajaran SAVI berbantuan media Canva. Perihal ini dibuktikan dengan hasil Uji Independent Sample T-Test dengan taraf nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dimana nilai rataan untuk kelas eksperimen 91,11 lebih besar daripada rataan kelas kelas kontrol 82,75. (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI berbantuan media Cafas terhadap pemahaman konsep siswa. Perihal ini dibuktikan dengan hasil Uji Regresi Linier Sederhana dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,008 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatik, Auditory, Visual, Intelektual) berbantuan media Cafas terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.

References

A, Keith, Wollen, Robert L, Quackenbush dan Clint K. (2015), Use of Literal and Applied Test Questions to Assess Understanding of Concepts. Jurnal Teaching of Psychology, 12(3).

Anggreni, I. G. A. S., Wiarta, I. W., & Semara Putra, D. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(1).

Ani Purwanti, (2018). Pengaruh Pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intelektual melalui Media Diorama terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Asriningsih, K. K. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Karakter pada Siswa Kelas V SD. Journal of Primary Education, 4(2).

Firdany, B, Ringga. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Luas dan Keliling Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN 1 Wonorejo. Jurnal Pendidikan Guru, 3(4).

Indrawan, K. I., Kristiantari, M. R., & Negara, I. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1).

Janah, S., Suryani, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SDN 2 Sukorejo. Skripsi. Universitas Ngudi Waluyo.

kholidah, I, Rohmatun. Sujadi, AA. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Journal Universitas Sarjana wiyata, 4(3).

Lestari, N. F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengembangkan Keterampilan 4C di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1).

Puspita, A., Hermahayu, & Purnanto, A. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) dengan Media Hide dan Seek Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 10(2).

Putra, L. V. Purwanti, K. Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Pendekatan Meta Kognitif Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(1).

Putri, A. A. S. Rini. Z. R. (2024). Pengaruh Model Think Talk Write (TTW) Berbantuan Ular Tangga Tematik Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas III SDN Ungaran 02: TTW, Pemahaman Konsep, Ular Tangga, Tematik. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1).

Ramadhan, F. T., Maula, l. H., Lyesmaya, D. (2016), Analisis Keterampilan Menceritakan Kembali melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV.

Ratnasari, S. (2016), Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur Bumi di Kalas V SD Negeri Ajibarang Wetan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Rosidah, L., Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media KAPINDO untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Tema 6 Kelas IV. JPDN: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1).

Rr. Wigati Sayekti, (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelektual (SAVI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIN 9 Bandar Lampung. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Sutrana, N. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5(2).

Triastuti, S. Hilaliyah, T. Astridewi, S. (2023). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran SAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1).

Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2).

Wulandari, R. T., Pratama, D. P., & Andiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Somatis, Auditory, Visual, Intelektual (SAVI) pada Muatan Bahasa Indonesia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3).

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

eriawan, dendy, & Lisa Virdinarti Putra. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Cafas terhadap Pemahaman Konsep Siswa. JANACITTA, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3862

Issue

Section

Articles