Penggunaan Media Pembelajaran French Fries dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Topik Informasi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3908Abstract
Abstract
Beginning writing skills are one of the important aspects of learning in primary schools. However, there are still many students who experience difficulties in writing, such as the lack of ability to compose sentences and low interest in writing activities. Based on the initial observation, most of the second grade students of SDN Sudimoro Tulangan had low writing skill scores, with an average score of only 63.83. To overcome these problems, innovation in learning methods is needed, one of which is through the use of French Fries learning media.This research used pre-experimental method with one group pretest-posttest design. The samples in this study were 30 students of grade II SDN Sudimoro Tulangan who were selected by purposive sampling. Data were collected through writing tests before and after the use of French Fries media and analyzed using paired sample t-test with the help of SPSS. The results showed that there was a significant increase in students' beginning writing skills after the use of French Fries media. The average pretest score of 63.83 increased to 84.76 in the posttest.
Abstrak
Keterampilan menulis permulaan merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Namun, masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menulis, seperti kurangnya kemampuan dalam menyusun kalimat dan rendahnya minat terhadap kegiatan menulis. Berdasarkan hasil observasi awal, sebagian besar siswa kelas II SDN Sudimoro Tulangan memiliki nilai keterampilan menulis yang rendah, dengan rata-rata skor hanya 63,83. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran, salah satunya melalui penggunaan media pembelajaran French Fries. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas II SDN Sudimoro Tulangan yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes menulis sebelum dan sesudah penggunaan media French Fries serta dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis permulaan peserta didik setelah penggunaan media French Fries. Rata-rata nilai pretest sebesar 63,83 meningkat menjadi 84,76 pada posttest. Uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa penggunaan media French Fries berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis permulaan peserta didik. Selain itu, media ini terbukti meningkatkan motivasi belajar serta partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran.
References
Dwi Putri, N., Sukma, E., & Susilawati, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas I SD N 05 Padang Pasir Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3210–3218. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1375
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Halimah, A. (2014). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di SD/MI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 190–200.
Hamdar, E., Hasmah, C., & M. Faqih, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia tentang Membaca Nyaring dengan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III SD. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.56806/jh.v1i1.5
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628
Kepatihan, N. (2024). Implementation of the Pick the Fries Learning Method to Improve the Learning Outcomes of Grade 4 Students of SD. 4, 607–614.
Khasanah, R. U., Sutrisno, S., & Mudzanatun, M. (2019). Keefektifan Model Think Pair Share Berbantu Media Gaser terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Janacitta, 1(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.25
Khotimah, K., & Liansari, V. (2022). The Effect of Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) Learning Methid based on Pop-Up Book on Reading Comprehension Ability of Elementary School Students (Pengaruh Metode Pembelajaran Survey Question, Read, Recite and Review (SQ3R) . 1–8.
Latea, A., Barasandji, S ., M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Monowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 199–213.
Magdalena, I., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., & Claudia Maharani, S. (2020). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 SD Negeri Pangadegan 2. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3), 376–392. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Priatna, Y. Z., Iswara, P. D., & Djuanda, D. (2024). Penerapan Model Jigsaw dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman berbantuan Buku Digital. 7(2), 736–748.
Rahayu, R. (2022). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik di Sekolah Dasar. Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, II(3), 1–8. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7061
Ramadhan, F. T., Maula, L. H., & Lyesmaya, D. (2021). Analisis Keterampilan Menceritakan Kembali Melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Janacitta, 4(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i2.1191
Setyowati, Y. (2014). Pengembangan Media Question Card Berbasis Pendekatan Masalah pada Tema Energi dan Kehidupan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Skripsi.
Sofyan, M. A., & Ridwan, F. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. METAMORFOSIS:| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 15(1), 63–71. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i1.752
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. IAIS Sambas, 1(1), 18–27.
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)