Efektivitas Model Project Based Learning Berbantu Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.44Abstract
Project based learning merupakan strategi pembelajaran yang inovatif serta memberi kesempatan peserta didik berpikir kritis dan mampu menghasilkan produk nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas model Project Based Learning berbantu Mind Map dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen berbasis proyek dengan rancangan penelitian pre eksperimental dengan jenis one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model project based learning berbantu mind map memberikan perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung lebih besar dari pada ttabel (5,720 > 2,023). Penghitungan N-Gain diperoleh 0,42 artinya peningkatan hasil belajar siswa meningkat dalam kategori sedang.
References
DAFTAR PUSTAKA
Anjarsari, Afianti Dyah. 2016. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD Negeri 2 Bulungcangkring. Kudus : Universitas Muria.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia
Mukra, Rizal dan Nasution, M. Yusuf. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning dengan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan Hidup. Jurnal Pelita Pendidikan VOL.4 NO.2. ISSN : 2338 – 3003 Juni 2016 Halaman : 122 – 127.
Munawaroh, Maskuratul. 2010. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Siswa Kelas V SDN Seruni 02 Jenggawah. Jember : Universitas Jember.
Oktarinah, Ketang Wiyono, dan Zulherman. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Proyek Materi Alat-Alat Optik Untuk Kelas X SMA. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika ISSN: 2355-7109
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memperngaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soegeng, A.Y Ysh. 2016. Dasar-Dasar Penelitian Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)