Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Menggunakan Media Paperku Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III SD Negeri 02 Sitemu Pemalang

Authors

  • Dita Ananda Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnama Sari
  • Mei Fita Asri Untari

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.49

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya keefektifan penggunaan model pembelajaran Make A Match menggunakan media paperku ( Papan perkalianku) terhadap keaktifan siswa kelas III SDN 02 Sitemu Kabupaten Pemalang, metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan bentuk desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design dengan sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SD N 02 Sitemu Kabupaten Pemalang yang berjumlah 20 anak. Hasil dari penelitian ini yaitu Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model Make a Match efektif terhadap keaktifan siswa kelas III SDN 02 Sitemu Kabupaten Pemalang. Hal ini didukung oleh data-data berikut yang dilihat dari: (1) terjadi peningkatan hasil belajar terutama dalam hal pemahaman berhitung siswa kelas III SDN 02 Sitemu sebelum dan sesudah perlakuan. Hal ini berdasarkan analisis data hasil penelitian dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,121576 > 2,093 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan belajar siswa melalui nilai posttest sebanyak 17 siswa 100% telah mencapai ketuntasan minimal individu sebagai hasil dari penggunaan model Make a Match. Hal ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak (Rata-rata nilai pemahaman berhitung siswa sebelum dan sesudah perlakuan tidak sama) artinya model Make a Match efektif terhadap keaktifan siswa kelas III SDN 02 Sitemu.

 

                Kata kunci: Keefektifan, Model Make a Match, dan Keakrifan Siswa.


Abstract

The purpose of this study is to determine whether or not the effectiveness of the use of Make A Match learning model using media paperku (multiplication board) on the activity of third grade students SDN 02 Sitemu Pemalang District, research method used is experimental method. The research design used in this research is Pre-Experimental Designs (nondesigns) with the research design that used is one-group pretest-posttest design with the research sample that is all students of class III SD N 02 Sitemu Pemalang Regency amounting to 20 children. The results of this study are based on the results of the research that has been done it can be concluded that the Make a Match model is effective against the activeness of third grade students of SDN 02 Sitemu Pemalang Regency. This is supported by the following data which are seen from: (1) there is an increase in learning outcome, especially in terms of understanding of numeracy grade students of SDN 02 Sitemu before and after treatment. This is based on the analysis of research data using the t-test obtained by t count> t table that is 4.121576> 2.093 then H0 is rejected and Ha is accepted. (2) student learning outcomes reach student learning completeness criteria through posttest value as much as 17 students 100% have reached minimum masculinity of individual as result of use of Make a Match model. It can be concluded that H0 is rejected (Average score of students' understanding comprehension before and after unequal treatment) means Make a Match model is effective on student activity of class III SDN 02 Sitemu.

 

Keywords: Effectiveness, Make a Match Model, and Student Achievement.

Author Biography

Dita Ananda, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa Universitas PGRI Semarang

References

DAFTAR PUSTAKA

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Margono.2010.Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta

Boyer, Carl B. (revised by Merzbach, Uta C.) (1991). History of Mathematics. John Wiley and Sons, Inc. ISBN 0-471-54397-7.

Muhsetyo,Gatot.2008.Pembelajaran Matematika SD.Jakarta:Universitas Terbuka.

Anton,M Mulyono.2007.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka.

Depdikbud.2006.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Pustaka Husada.

Suharmanto. 2015.Pengembangan Media Pembelajaran Papan Hitung Pembagian Pada Mata Pelajaran Matematika SD Kelas 2. http//journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/141.Diakses pada tanggal 2 April 2017.

Subekti,Ervina Eka.Statistika 2.Semarang:Jurusan PGSD FIP Universitas PGRI Semarang.

Suhana,Cucu.Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung:PT Refika Aditama.

Arianti, Riska. 2010. Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Porong. Skripsi (Tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Muhamadiah Malang. Tersedia pada http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/372/jiptummpp-gdl-s1-2010-riskaarian-18597 BAB+1.pdf (diakses tanggal 27 november 2011).

Herdian. 2009. Model Pembelajaran Make A Match. Tersedia pada http://herdy09.wordpress.com/2009/04/29/model-pembelajaran-make-a-match/(diakses tanggal 27 November 2011).

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Published

2019-01-14

How to Cite

Ananda, D., Sari, V. P., & Untari, M. F. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Menggunakan Media Paperku Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III SD Negeri 02 Sitemu Pemalang. JANACITTA, 1(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.49

Issue

Section

Articles