Pengaruh Gerak Motorik Pada Pembelajaran Cooperative Tipe Savi Berbantu Media Engklek Tema 8 Sub Tema 1 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Bulak Kecamatan Rowosari Kendal
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.52Abstract
Abstract
Education has an important role in facing the challenges of life, especially for humans in everyday life. Education as an effort to develop the ability of individual potentials so as to live optimally both as a person and as a member of society and have the moral and social as a guide of his life. The ultimate goal of an education cannot be separated from learning outcomes. Learning outcomes obtained by students are one indicator of the success of students in class in participating in learning. This study aims to determine the effect of motor motion on cooperative learning type SAVI assisted media crank on the theme of 8 subtema 1 to the results of the fourth grade students of SDN 1 Bulak Subdistrict Rowosari Kendal. Data analysis technique used is description of analysis with simple linear regression test. The results showed that motor movement variable on cooperative learning type SAVI have an effect on student learning outcomes.
Â
Keywords: Motion Motion, Cooperative Learning Type SAVI
Abstrak
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam menghadapi tantangan kehidupan khususnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan sebagai upaya mengembangkan kemampuan potensi individu sehingga bisa hidup optimal baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat serta memiliki moral-moral dan sosial sebagai pedoman hidupnya. Tujuan akhir sebuah pendidikan tidak lepas dari hasil belajar. Hasil belajar yang diperoleh siswa merupakan salah satu indikator keberhasilan siswa di kelas dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerak motorik pada pembelajara kooperatif tipe SAVI berbantu media engklek pada tema 8 subtema 1 terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Bulak Kecamatan Rowosari Kendal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi analisis dengan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan secara signifkan variabel gerak motorik pada pembelajaran kooperatif tipe SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Â
Kata Kunci : Gerak Motorik, Pembelajaran Kooperatif  Tipe SAVI
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Peneliti an. Jakarta: PT Rineka Cipta
Husnul, Ibnu dan Danang. 2013. Ketrampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-kanak (TK) Di Kota Surakarta.Jurnal Skripsi. Universitas PGRI Semarang.
Pribadi, Dhimas Angga. 2016. Pengaruh Peningkatan Perkembangan Gerak Motorik Kasar Melompat Dan Keseimbangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Sondah Di SD 2 Kedungpane tahun 2015. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subekti, Ari. 2017. Daerah Tempat Tinggalku. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Suprayato, Atok.2017. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri Jatimulyo Pati. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 2012. Bandung: Citra Umbara.
Wardiyanti, Fajar Cahya. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantu Media Kartu Soal pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa kelas IVA SD N Bintoro 4 Demak Tahun Pelajaran 2014/2015â€.Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)