ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA KARANGAN TEKS DESKRIPTIF TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.54Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan karangan deskriptif siswa siswa kelas IV Tema Keragaman di Negerikudi SD Negeri Karangpasar, SD Negeri Kejawan, SD Negeri Tegowanu Kulon 03, SD Negeri 02 Tegowanu Wetan, SD Negeri 03 Tlogrejo. Kesalahan ejaan tersebut mencakup: a) kesalahan penulisan huruf kapital, 2) kesalahan penulisan huruf , 3) kesalahan penggunaan tanda baca.Subjek penelitian ini adalah karangan siswa SD Negeri Karangpasar sebanyak 28 siswa, SD Negeri Kejawan sebanyak 47 siswa, SD Negeri Tegowanu Kulon 03 sebanyak 26 siswa, SD Negeri 02 Tegowanu Wetan sebanyak 16 siswa, SD Negeri 03 Tlogorejo sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian sebagai berikut. Terdapat 2074 kesalahan dari 121 siswa kelas IV. Kesalahan ejaan tersebut meliputi: kesalahan penulisan huruf kapital sebanyak 1343 dengan persentase 11,09%, kesalahan penulisan kata sebanyak 362 dengan persentase 2,99%, dan kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 369 dengan persentase 3,04%, artinya disarankan bagi guru untuk menekankan dan memberikan contoh penggunaan ragam bahasa untuk siswa baik lisan maupun tulisan sesuai dengan kaidah penulisan yang benar.
Â
References
Hastuti,Sri.2003. Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Ismawati, Esti. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kristiantari, Rini. 2004. Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar Menulis Deskripsi dan Narasi. Sidoarjo: Media Ilmu.
Akhadiah, Sabarti, dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Ghufron, Syamsul. 2015. Kesalahan Berbahasa Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Ombak Dua.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pustaka.
Sudaryanto.1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguitis). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
______. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguitis). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Tarigan, Henry Guntur. 1984. Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
______, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.
______, Henry Guntur & Djago Tarigan. 2008. Pengajaran Analisis Kesalahahan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)