ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA KARANGAN TEKS DESKRIPTIF TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tyas Pitaloka Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Zainal Arifin Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v2i1.54

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan karangan deskriptif siswa siswa kelas IV Tema Keragaman di Negerikudi SD Negeri Karangpasar, SD Negeri Kejawan, SD Negeri Tegowanu Kulon 03,  SD Negeri 02 Tegowanu Wetan, SD Negeri 03 Tlogrejo. Kesalahan ejaan tersebut mencakup: a) kesalahan penulisan huruf kapital, 2) kesalahan penulisan huruf , 3) kesalahan penggunaan tanda baca.Subjek penelitian ini adalah karangan siswa SD Negeri Karangpasar sebanyak 28 siswa, SD Negeri Kejawan sebanyak 47 siswa, SD Negeri Tegowanu Kulon 03 sebanyak 26 siswa,  SD Negeri 02 Tegowanu Wetan sebanyak 16 siswa, SD Negeri 03 Tlogorejo sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian sebagai berikut. Terdapat 2074 kesalahan dari 121 siswa kelas IV. Kesalahan ejaan tersebut meliputi: kesalahan penulisan huruf kapital sebanyak 1343 dengan persentase 11,09%, kesalahan penulisan kata sebanyak 362 dengan persentase 2,99%, dan kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 369 dengan persentase 3,04%, artinya disarankan bagi guru untuk menekankan dan memberikan contoh penggunaan ragam bahasa untuk siswa baik lisan maupun tulisan sesuai dengan kaidah penulisan yang benar.

 

References

Hastuti,Sri.2003. Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Ismawati, Esti. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.

Kristiantari, Rini. 2004. Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar Menulis Deskripsi dan Narasi. Sidoarjo: Media Ilmu.

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ghufron, Syamsul. 2015. Kesalahan Berbahasa Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Ombak Dua.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pustaka.

Sudaryanto.1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguitis). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

______. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguitis). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

______, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.

______, Henry Guntur & Djago Tarigan. 2008. Pengajaran Analisis Kesalahahan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Published

2019-12-12

Issue

Section

Articles