KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI MITIGASI BENCANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD N KALIURANG 01 KABUPATEN MAGELANG

Authors

  • Husna Lailatul Latifa PGRI Semarang University
  • Mei Fita Asri Untari PGRI Semarang University
  • Asep Ardiyanto PGRI Semarang University

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v3i2.576

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media video animasi mitigasi bencana dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD N Kaliurang 01 Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan jenis One Group Pretest Posttest Desaign. Hasil belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai pretest yang hasil rata-rata nilai 58.5, terdapat 5 peserta didik tuntas dan 15 peserta didik tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal 25%. Sedangkan hasil nilai posttest rata-rata nilai 77, terdapat 17 peserta didik tuntas dan 3 peserta didik tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal 85%. Rata-rata nilai pretest dan nilai posttes tmengalami peningkatan sebesar 18,5, artinya ada perbedaan rata-rata nilai pretest dan nilai posttest. Hal ini diperkuat pada analisis tahap akhir dengan uji t diperoleh thitung=11,97291883. Dari daftar distribusi t dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel=2,023. Karena kriteria Ha diterima apabila thitung>ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis statistik Ha diterima, artinya penggunaan media video animasi mitigasi bencana dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD N Kaliurang 01 Kabupaten Magelang.

References

Paningga, Harland, dkk. 2019. “Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V SD Negeri Sawanganâ€. Indonesian Journal of Educational Research and Review Vol.2 No.1 2019. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/17299. Diakses pada 20 Desember 2019.

Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2018. Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam di Sekolah Dasar Lereng Gunung Merapi: Kajian Deskriptif di SD Negeri Jeruk Agung Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.Prosiding Seminar Nasional Tahun2019.

Depdiknas. 2013. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Kemenkeu. 2007. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Suprijono, Agus. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2020-11-26

Issue

Section

Articles