KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI MITIGASI BENCANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD N KALIURANG 01 KABUPATEN MAGELANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v3i2.576Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media video animasi mitigasi bencana dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD N Kaliurang 01 Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan jenis One Group Pretest Posttest Desaign. Hasil belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai pretest yang hasil rata-rata nilai 58.5, terdapat 5 peserta didik tuntas dan 15 peserta didik tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal 25%. Sedangkan hasil nilai posttest rata-rata nilai 77, terdapat 17 peserta didik tuntas dan 3 peserta didik tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal 85%. Rata-rata nilai pretest dan nilai posttes tmengalami peningkatan sebesar 18,5, artinya ada perbedaan rata-rata nilai pretest dan nilai posttest. Hal ini diperkuat pada analisis tahap akhir dengan uji t diperoleh thitung=11,97291883. Dari daftar distribusi t dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel=2,023. Karena kriteria Ha diterima apabila thitung>ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis statistik Ha diterima, artinya penggunaan media video animasi mitigasi bencana dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD N Kaliurang 01 Kabupaten Magelang.
References
Paningga, Harland, dkk. 2019. “Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V SD Negeri Sawanganâ€. Indonesian Journal of Educational Research and Review Vol.2 No.1 2019. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/17299. Diakses pada 20 Desember 2019.
Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2018. Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam di Sekolah Dasar Lereng Gunung Merapi: Kajian Deskriptif di SD Negeri Jeruk Agung Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.Prosiding Seminar Nasional Tahun2019.
Depdiknas. 2013. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Kemenkeu. 2007. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Suprijono, Agus. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)