Pembelajaran Matematika Model Tutor Sebaya Dengan Strategi Heuristik Vee
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.80Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan pembelajaran matematika model Tutor Sebaya dengan strategi Heuristik Vee untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dengan tahapan: (1) mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran, (2) menguji kevalidan perangkat, (3) menguji kepraktisan perangkat, (4) menguji kefektifan perangkat. Penelitian pengembangan ini menggunakan modifikasi model Plomp. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, LKPD, Buku Bahan Ajar dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, (2) ketuntasan belajar secara klasikal terpenuhi; kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model tutor sebaya dengan strategi Heuristik Vee lebih baik dari kelas ekspositori, (3) adanya pengaruh positif antara keaktifan dan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, (4) siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Secara lebih rinci dihasilkan rekapitulasi hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh rata-rata untuk silabus, RPP, Buku Bahan Ajar, LKPD dan TKPM berturut-turut adalah 3,50; 3,50; 3,36; 3,40 dan 3,48. Ketuntasan belajar secara klasikal terpenuhi; kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; (3) ada pengaruh signifikan aktivitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan (4) siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkanReferences
DAFTAR PUSTAKA
Afamasaga, K. 2008. Students’ conceptual understanding and critical thinking A case for concept maps and vee-diagrams in mathematics problem solving. International Journal of Teacher Education. 36(9): 48-50. Diunduh 2 November 2016
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Calais, G.J. 2009. The Vee Diagram as a Problem Solving Strategy : Content Area Reading/Writing Implications. National Forum of Teacher Education. (19)3: 38-50. Diunduh 2 Januari 2017
Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Duran, D. 2010. Cooperative Interaction In Peer Tutoring Patterns and Sequences in Paired Writing. Middle Grades Research Journal. 5(1): 47–60. Diunduh 20 Desember 2016
Eskisehir, O. 2009. Constructivist Learning Approach In Science Teaching. Hacettepe Universitesi Egitim Fakultesi Dergisi Journal of Education 37: 24-35 Diunduh 16 Mei 2016
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika UPI. Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011. Diunduh 3 Juni 2016
Farozin dan Nurfatiyah. 2004. Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta
Fudyartanto, Ki RBS. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baur. Yogyakarta: IKIP Guna Darma
Gagnon, G.W. and Collay, M. 2000. Designing For Learning, Six Elements in Contructivist Classrooms. Corwin Press, Inc, California.
Guzel, E.B. and Gunhan, B.C. 2011. Prospective Mathematics Teachers’ Views About Using Computer-Based Instructional Materials in Constructing Mathematical Concepts. IUMPST: The Journal. 3: 28-40. Diunduh 3 Juni 2017
Hamalik, O. 2009. Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosda Karya
Hudojo, H. 1988. Belajar Mengajar Matematika. Malang:UM Press
_________. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang:UM Press
Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kedua. 1994. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Balai Pustaka
Madden, N.A; Slavin, Robert E.; Simons, Kathlen. 1999. Math Wings: Effect on Student Mathematics Performance. John Hopkins University Report. 24(1): 17-28 Diunduh 3 Juni 2017
Miller, A.D. 2010. Math Peer Tutoring for Students with Specific Learning Disabilities. National Forum of Teacher Education. (20)5: 28-40. (http://www.jstor.org/stable, diunduh 3 Desember 2017)
Mudjiran,dkk. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP PRESS
Plomp, T. 1997. Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch). Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Rochmad. 2012. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika.†Jurnal Kreano Jurusan Matematika FPMIPA UNNES Volume 3 Nomor 1, Juni 2012. Diunduh 7 Mei 2017
Sary, A.N. “Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor sebaya dan Numbered Heads Together Ditinjau dari Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.†Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol.1 No.1 Maret 2013. (http://jurnal.fkip.uns.ac.id, diunduh 27 Mei 2017)
Sawali. 2010. “Diskusi Kelompok Terbimbing Metode Tutor Sebaya.†Jurnal Pendidikan Matematika Mei 2010. (http://sawali.info, diunduh 2 Desember 2016
Siswono, T.Y.E. 2008. “Pengajuan Soal (Problem Posing) Dalam Pembelajaran Geometri di SLTP.†Makalah Seminar Nasional Matematika 2 Nopember 2000. (http://ejournal.unesa.ac.id, diunduh 18 Mei 2016)
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Suherman, E. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI
Sukestiyarno A. 2005. Matematika Sekolah 1. Semarang: FMIPA UNNES.
Topping, K.J. 2011. The effectiveness of peer tutoring in further and higher education: A typology and review of the literature. National Forum of Teacher Education. (4)3: 19-30. Diunduh 3 Desember 2017
Vasay, E.T. 2010. The Effects Of Peer Teaching In The Performance Of Students In Mathematics. E-International Scientific Research Journal ISSN: 2094-1749 Volume: 2 Diunduh 3 Desember 2016.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)