PENGARUH MODEL INKUIRI BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i1.910Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri berbantuan media kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Sampel diambil secara purposive sampling dan didapatkan kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen Moenadi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes dan Dokumentasi,Teknik analisi data yang digunkan Uji Normalitas,Uji Homogenitas, Uji-t dan Uji Regresi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Terdapat perbedaan Model pembelajaran Inkuiri berbantuan media kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan uji-t dengan nilai signifikasi 0,017 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media kahhot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Inkuiri berbantuan media kahoot, Berpikir kritis
References
Husni. (2020).Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kegiatan belajar agama eksperimental di SMA.Jurnal penelitian pendidikan islam. 8(1), 43-45
Ningrum, G. D. K. 2018. Studi penerapan media kuis interaktif berbasis game edukasi kahoot! terhadap hasil belajar mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 22-27.
S Ningsyih. 2016.Pengaruh pembelajaran praktikumberbasis Inquiri terbimbing terhadap kemampuan bepikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pilar Mipa.11(1). 55-59
Wijaya, Cece. 2010. Pendidikan Remidial. Bandung: Remaja Rosdakarya
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)