PENGARUH MODEL INKUIRI BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV

Authors

  • Asrianti Muryani UNIVERSITAS NGUDI WALUYO
  • Kartika Yuni Purwanti UNIVERSITAS NGUDI WALUYO

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v4i1.910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri berbantuan media kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Sampel diambil secara purposive sampling dan didapatkan kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen Moenadi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes dan Dokumentasi,Teknik analisi data yang digunkan Uji Normalitas,Uji Homogenitas, Uji-t dan Uji Regresi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Terdapat perbedaan Model pembelajaran Inkuiri berbantuan media kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan uji-t dengan nilai signifikasi 0,017 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media kahhot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.

Kata Kunci : Inkuiri berbantuan media kahoot, Berpikir kritis

References

Husni. (2020).Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kegiatan belajar agama eksperimental di SMA.Jurnal penelitian pendidikan islam. 8(1), 43-45

Ningrum, G. D. K. 2018. Studi penerapan media kuis interaktif berbasis game edukasi kahoot! terhadap hasil belajar mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 22-27.

S Ningsyih. 2016.Pengaruh pembelajaran praktikumberbasis Inquiri terbimbing terhadap kemampuan bepikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pilar Mipa.11(1). 55-59

Wijaya, Cece. 2010. Pendidikan Remidial. Bandung: Remaja Rosdakarya

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles