ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL PADA BUKU SISWA IPS SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i1.914Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis  keterampilan sosial siswa pada buku siswa IPS kelas 5 sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan menggunakan penelitian deskriptif  kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Aisyiyah Kota Sukabumi di kelas V (lima). Sumber data dalam penelitian adalah buku siswa, buku guru tema 3 “makanan sehat†dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam buku siswa tema 3 muatan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial terdapat pembelajaran yang memuat indikator keterampilan sosial dalam setiap langkah pembelajaran yang sesuai dengan pedoman buku guru dan rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga keterampilan sosial siswa terus berkembang.
References
Akbar, S. dkk. (2015). Pendidikan Karakter: Best Practices. Malang: Universitas Negeri Malang.
Annur, M,F, & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan STKIP Pamane Talino. 11 (2), 199.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.
Bali, M. M. E. I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Fan N Pick dan Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Manajemen FE UM. 2 (2), 212.
Bimo, A. (2010). Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta.
Conilie, M , & Pawicara, R. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi Institut Agama Islam Jember. 1 (1), 30.
Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik Kurikulum2013. Yogyakarta: Gava Media.
Decaprio, R. (2013). Aplikasi Toeri Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Desi, Rahayu & Solihin, I. & A. S. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Antologi UPI, 2 (2), 32.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Firman.(2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2), 81-82
Fllanio. (2013). Efektifitas Penggunaan Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Terhadap peningkatan hasil belajar Siswapada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan
Gunawan, G.(2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-62.
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.
Harun, A.H. (2016). Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas III MI Inklusi Al-falah tolitoli. jurnal Kreatif Tadulako Online. 4, (11), 53.
Hasan, S, H. (2016). Kurikulum dan Tujuan Pendidikan, Jurnal JPIS. Bandung: Media Komunikasi Antar.
Kusumadinata, A. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi. Jurnal Komunikato Jurusan Komunikasi Universitas Djuanda Bogor. 3 (2), 96.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mutakin, A. (2014). Konsep Dasar Pengorganisasian Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Bandung: Bina Peserta didik
Nakayama M, (2017). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E-Learning, 5(3).23.
Nopemberi, S. (2016). Mengembangkan kompetensi sosial dan interpersonal anak dalam Pendidikan jasmanI. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(3), 32.
Purwanto, A, dkk. (2020).Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling. 2 (1), 12.
Rahayuningtyas, D. I., & Mustadi, A. (2018). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (3), 123.
Ratna, S, dkk. (2020). Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Home Learning: An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology. 29 (05), 480.
Reza, Ina. (2018). Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negri AR-Raniry Darussalam Banda Aceh. Tidak diterbitkan
Rustiani, dkk. (2019). Measuring Usable Knowledge: Teacher’s Analyses of Mathematics for Teaching Quality and Student Learning. International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series. 21
Sari, A, W. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. Jurnal EduTech Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. 2 (1), 1.
Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya
Setyorini. (2020). Pandemi Covid-19 Dan Online Learning : Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurukulum 13. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR). 1(1), 99.
Sudjiono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suherli K. (2017). Pengembangan Literasi Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah. Diglosia - Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 1(1), 140.
Suhana, C. (2014) . Konsep Strategi Pemeblajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiono. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sugiono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukadi, Dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep PKN Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooporatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Busungbiu. Jurnal Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarga Negaraan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial. 2 (2), 23.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran di IPS Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sutisna, dkk (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Mataram. 6 (1), 62.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Thalib, S.B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Media Group.
Yaumi, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prenadamedia Group.
Yurianto, dkk (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Jurnal Universitas Padang. Tidak diterbitkan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)