ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Mala Rustiana

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v4i1.965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak di desa Cibadak kecamatan Pabuaran kabupaten Sukabumi selama masa pandemi covid-19 serta faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak di desa Cibadak kecamatan Pabuaran kabupaten Sukabumi selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dimana peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan berupa analisis deskriptif kualitatif. Data utama atau primer dalam penelitian ini ialah orang tua dan anak yang berada di desa Cibadak kecamatan Pabuaran kabupaten Sukabumi. Data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini mendasarkan pada teori Winingsih terkait peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak di rumah untuk menganalisis data yang telah didapat.

References

Arikunto, Suharsimi. (2000). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiah. (2003). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: PT. Bulan Bintang.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. 3rd ed. Jakarta: Balai Pustaka.

Haryono, Daniel, and Marwan. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi

Baru. Jakarta Barat: PT Media Pustaka Phoenix.

Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi Dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggali Data

Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Hurlock. (1978). Child Development. 6th ed. New York: Mc Graw Hill.

Kontjaraningrat. (2010). Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.

Marimba, Ahmad D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’rifat.

Sadikin, Ali, and Alfreni Hamidah. (2020). “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6. No. 2. Santoso, Edi. (2009). “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Purwantoro Wonogiri).†Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Subandi, Ahmad, and Salma Fahdlullah. (2006). Agar Tidak Salah Mendidik Anak. Jakarta: Alhuda.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 19th ed. Bandung: Alfabeta.

Tafsir, Ahmad. (2002). Pendidikan Agama Dalam Keluarga. 4th ed. Bandung:

PT Rosdakarya.

Winingsih, Endang. (2020). “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh[Online]. Tersedia:

(https://poskita.co/2020/04/02/peranorang-tua-dalam-pembelajaran-jarakjauh/). [05 Oktober 2020]

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles