ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i1.965Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak di desa Cibadak kecamatan Pabuaran kabupaten Sukabumi selama masa pandemi covid-19 serta faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak di desa Cibadak kecamatan Pabuaran kabupaten Sukabumi selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dimana peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan berupa analisis deskriptif kualitatif. Data utama atau primer dalam penelitian ini ialah orang tua dan anak yang berada di desa Cibadak kecamatan Pabuaran kabupaten Sukabumi. Data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini mendasarkan pada teori Winingsih terkait peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak di rumah untuk menganalisis data yang telah didapat.
References
Arikunto, Suharsimi. (2000). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiah. (2003). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: PT. Bulan Bintang.
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. 3rd ed. Jakarta: Balai Pustaka.
Haryono, Daniel, and Marwan. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi
Baru. Jakarta Barat: PT Media Pustaka Phoenix.
Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi Dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggali Data
Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.
Hurlock. (1978). Child Development. 6th ed. New York: Mc Graw Hill.
Kontjaraningrat. (2010). Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.
Marimba, Ahmad D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’rifat.
Sadikin, Ali, and Alfreni Hamidah. (2020). “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6. No. 2. Santoso, Edi. (2009). “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Purwantoro Wonogiri).†Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Subandi, Ahmad, and Salma Fahdlullah. (2006). Agar Tidak Salah Mendidik Anak. Jakarta: Alhuda.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 19th ed. Bandung: Alfabeta.
Tafsir, Ahmad. (2002). Pendidikan Agama Dalam Keluarga. 4th ed. Bandung:
PT Rosdakarya.
Winingsih, Endang. (2020). “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh[Online]. Tersedia:
(https://poskita.co/2020/04/02/peranorang-tua-dalam-pembelajaran-jarakjauh/). [05 Oktober 2020]
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)