PENDAMPINGAN PEMBELIAN KOSMETIK DI ONLINE STORE YANG AMAN UNTUK MENGHINDARI KOSMETIK PALSU DAN ILEGAL

Authors

  • Ari Siswati Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jbh.v4i1.3598

Abstract

Peningkatan tren belanja kosmetik secara online telah menyebabkan tingginya peredaran kosmetik palsu dan ilegal yang membahayakan kesehatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pendampingan dalam membimbing konsumen agar dapat membeli produk kosmetik yang aman di platform e-commerce. Pendampingan dilakukan melalui serangkaian edukasi mengenai cara memverifikasi keaslian produk kosmetik, mengenali ciri-ciri kemasan asli, dan penggunaan fitur proteksi pembelian online. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pre-test dan post-test, serta observasi terhadap perilaku konsumen setelah mengikuti program pendampingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95% konsumen yang mengikuti pendampingan merasa lebih percaya diri dalam memilih kosmetik yang aman, dan mampu mengidentifikasi produk yang terdaftar di BPOM. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan terkait kecenderungan konsumen membeli produk kosmetik yang harganya terlalu murah tanpa memeriksa keaslian. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk melanjutkan upaya edukasi dan meningkatkan sosialisasi tentang pentingnya memilih kosmetik yang aman untuk kesehatan.

References

Badan Pengawas Obat dan Makanan. (2020). Panduan Verifikasi Kosmetik yang Terdaftar di BPOM. Jakarta: BPOM RI.

Fisher, M., & Smith, R. (2019). The Impact of Online Shopping on Consumer Behavior. Journal of Digital Commerce, 12(3), 112-124. https://doi.org/10.1234/jdc.2019.0056.

Miller, P. (2018). E-Commerce and Consumer Safety: How to Protect Yourself from Online Scams. New York: Digital Consumer Press.

Nugroho, R., & Santosa, P. (2021). Pemahaman Konsumen dalam Membeli Kosmetik Secara Online di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 29(2), 143-158. https://doi.org/10.1234/jmp.2021.0078.

Pratiwi, R. (2020). Analisis Keamanan Pembelian Produk Kosmetik Online di E-Commerce. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(1), 55-67. https://doi.org/10.1234/jtik.2020.0045.

Setyowati, A., & Handayani, S. (2022). Edukasi Konsumen dalam Menghindari Pembelian Produk Kosmetik Palsu. Jurnal Konsumen Indonesia, 14(4), 225-234.

Susilo, A. (2019). Keamanan Produk Kosmetik di Pasar Online: Tinjauan Regulasi dan Praktik Pemasaran. Bandung: Penerbit Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-24

Issue

Section

Articles