Pengaruh Online Customer Reviews Dan Rating Terhadap Minat Pembelian Di Lazada
DOI:
https://doi.org/10.35473/jibaku.v1i2.1076Keywords:
Online Customer Reviews, Ratings, Purchase InterestAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh online customer reviews, rating terhadap minat pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan kuisioner. Sampel dari penelitian ini berjumlah 88 responden. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan Structurel Equation Modelling berbasis PLS. Uji validitas menggunakan nilai faktor loading, sedangkan uji reabilitas menggunakan nilai Cronbach’s alpha, reliabilitas komposit dan Average Variance Extracted (AVE). Semua hipotesis yang diajukan terdukung dan signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh online customer reviews, rating dan diskon berpengaruh signifikan terhadap minat pembeliaan di Lazada.References
Amalia, Nindy Riska & Saryadi. 2020. Pengaruh Kemudahan Akses Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Online Tiket.Com. Jurnal UNDIP.
Arbaini, Pratiwi, Zakariah Wahab, Marlinah Widiyanti. 2020. Pengaruh consumer online rating dan review terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace tokopedia. Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 7 No 1
Atsila, Riris Eka, Siti Saroh, Dadang Krisdianto. 2020. Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Online Consumer Review, Dan Integrated Marketing Communication di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Ghealshy Shoes). Jurnal JIAGAB IISSN 2302 -7150 Vol.9, No. 1, Januari 2020, hal. 35-42
Delanovaliyanisa, Virdha. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Diskon Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Sepatu Fladeo. Jurnal Manajemen Update Vol. 7, No. 2
Ekawati, Renie Resha, Siti Saroh, Daris Zunaida. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Diskon Terhadap Minatbeli Di Restoran Saboten Shokudo Kecamatan Klojen Kota Malang. Jiagabi Vol.9, No. 1
Filieri,R., 2014. What makes online reviews helpful? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative influences in e-WOM. Journal of Business Research, 68(6), pp.1261–1270.
Hu, N., Pavlou , P. A., & Zhang, J. (2006). Can Online reviews reveal a product’s true quality?: Empirical findings and analytical modeling of online word-of-mouth communication. In J. Feigenbaum, J. Chuang, & D.M. Pennock (Eds.), Proceedings of the 7th ACM conference on electronic commerce (pp. 324-330). ACM.
Huang, A. H., Chen, K., Yen, D. C., & Tran, T. P. (2015). A study of factors that contribute to online reviews helpfulness. Computers in Human Behavior, 48,17e27.
Lee, E.-J. dan Shin, S.Y. 2014. When do consumers buy online product reviews? Effects of review quality, product type, and reviewer’s photo. Computers in Human Behavior, 31, 356-366.
Ichsan, Masyita, Helni Mutiarsih Jumhur, Soeparwoto Dharmoputra. 2018. Pengaruh Consumer Online Rating And Review terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta. Jurnal e-Proceeding of Management : Vol.5, No.2
Kanitra, Althaf Revi dan Andriani Kusumawati. 2018. Pengaruh Country Of Origin Danonline Consumer Review Terhadap Trustdan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Tahun Akademik 2017/2018 Pembeli Produk Oppo Smartphone). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 61 No.1
Lackermair, G.,Kailer, D. & Kanmaz, K., 2013. Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective., 1(1),pp.1-5.
Latief, Fitriani dan Nirwana Ayustira. 2020. Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Management Volume 6 No.1
Lee, E.-J. dan Shin, S.Y. 2014. When do consumers buy online product reviews? Effects of review quality, product type, and reviewer’s photo. Computers in Human Behavior, 31, 356-366.
Megawat, Nana Septi Nur. 2018. Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop (Studi Kasus: Pelanggan Online Shop Lazada Pada Mahasiswa FEB UNILA). Skripsi. Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Mulyati, Yofina & Grace Gesitera. 2020. Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan EntrepreneurshipVol. 9 No. 2
Putra, Endhar Widjaya. 2014. “Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian†(Survey pada Konsumen yang Membeli Produk Diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Skripsi. Ilmu Administrasi, Administrasi Bisnis Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Universitas Barawijaya, Malang.
Sanjaya, Vicky F., Shafira Jingga Hernita, 2020. Online Consumer Review, Brand Community, Trust and Consumer Purchase Decisions in Indonesia. Ad-Deenar : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.
Sekaran, Uma. 2000. Research Methods for business : A Skill Building Approach. Singapore: John Wiley & Sons, Inc.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Yasmin, A., Tasneem, S. & Fatema, K., 2015. Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration Vol, 1(2), pp.69–80.