Viral Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Authors

  • Setya Indah Isnawati Universitas Ngui Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jibaku.v2i1.1415

Keywords:

Strategi, viral marketing, digital marketing, sosial media

Abstract

Viral menjadi salah satu istilah yang selalu dikaitkan dengan konten-konten pada media sosial. Konten-konten yang telah viral tersebut seringkali memiliki daya tarik tertentu di mana membuat pengguna media sosial menyukai kegiatan untuk membagikan ulang (re-share/re-post) konten tersebut. Adanya fenomena tersebut menjadi strategi tersendiri dalam pemasaran digital terutama di media sosial, yakni viral marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan viral marketing sebagai strategi dalam pemasaran digital melalui media sosial. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan metode pengumpulan data studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konten yang kreatif dan inovatif menjadi salah satu komponen dalam viral marketing sehingga menciptakan budaya sharing konten. Di sisi lain, adanya peran influencer/buzzer juga menjadi pengaruh adanya viral marketing sebagai strategi pemasaran digital. Adanya fenomena viralitas konten di media sosial ini memberikan dampak siginifikan dan dijadikan metode strategi terbaru bagi para kalangan pebisnis.

Author Biography

Setya Indah Isnawati, Universitas Ngui Waluyo

Digital Business Department

References

Agustina, Lidya. 2020. Viralitas Konten di Media Sosial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa ISSN: 2721-6306.

Andriawan, I. 2016. Fenomena Instagram Sebagai Media Pemasaran. Doctoral Dissertation. Fakultas Ilmu Komunikasi UNISBA, Bandung.

Arianto, B. 2015. Kampanye Kreatif Dalam Kontestasi Presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. No 1, Volume 19: 16–39, Yogyakarta.

Bene, M. 2017. “Sharing Is Caring! Investigating Viral Posts on Politicians Facebook Pages During the 2014 General Election Campaign in Hungary‟. Journal of Information Technology & Politics. Routledge, 14(4), pp. 387–402.

Cohen, E. L. 2018. “What makes good games go viral? the role of technology use, efficacy, emotion and enjoyment in players‟ decision to share a prosocial digital game. Computers in Human Behavior. Elsevier Ltd, 33, pp. 321–329. doi: 10.1016/j.chb.2013.07.013.

Deza, A., dkk. 2016. Understanding Image Virality‟. Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition, 07-12-June-2015, pp. 1818–1826. doi: 10.1109/CVPR.2015.7298791.

Duffett, R.G. 2017. Influence of Social Media Marketing Communications on Young Consumers’ Attitudes. Young Consumers 18(1): 19-39.

Hendrayati, H., dkk,. 2018. Viral Marketing and E-Word of Mouth Communication in Social Media Marketing. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 117.

Hidayati Asti, S. E. F. 2017. Feel Experience Dan Think Experience Marketing Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Inspirasi Bisnis & Manajemen, 1, 167. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/ji bm/article/view/868/544.

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/, akses pada 20 Oktober 2021

Kagan, J. 2019. Viral Marketing. In Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/v/v iral-marketing.asp

Kaplan, A.M., dkk. 2018. Social media: Back to the roots and back to the future. Journal of Systems and Information Technology 14(2): 101-104.

Katadata.co.id. 2021. Survei APJII: Penetrasi Pengguna Internet Di Indonesia Capai 64,8.(Online).https://katadata.co.id/berita /2019/05/16/survei-apjii-penetrasi- pengguna-internet-di-indonesia-capai- 648, diakses 20 Oktober 2021.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2019. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Moeleong, J. Lexy. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Morra, M.C., dkk. 2018. So-cial vs traditional media communication: brand origin as-sociations strike a chord. Journal of Research in Interac-tive Marketing 12(1): 2-21.

Rahadi, D.R. 2017. Sosial Media Marketing Dalam Mewujudkan E-marketing. KNTIA 4.

Syahputra, I. 2017. Demokrasi Virtual dan Perang Siber di Media Sosial: Perspektif Netizen Indonesia. Jurnal Aspikom 3, no. 3 (2017): 457-475.

Tangkary, S. (2019). Kemkominfo: Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Capai 78 Persen. Kominfo.Go.Id. https://kominfo.go.id/content/detail/167 70/kemkominfo-pertumbuhan-e- commerce-indonesia-capai-78- persen/0/sorotan_media

Umami, Z. 2019. Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. In-teraksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 4(2): 195-201.

Vallet, D., dkk. 2016. “Characterizing and Predicting Viral-and-Popular Video Content‟, International Conference on Information and Knowledge Management, Proceedings, 19-23-Oct-2016, pp. 1591–1600. doi: 10.1145/2806416.2806556.

Zed, Mestika. 2018. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Articles