Keputusan Pembelian Generasi X Pada Aplikasi Belanja Online

Authors

  • Jaya Ramadaey Bangsa Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jibaku.v2i1.1420

Keywords:

konsumen, generasi x, keputusan pembelian

Abstract

Adanya efek dari pandemi yang berkelanjutan ini membuat masyarakat mau tidak mau harus mematuhi peraturan pemerintah tentang pembatasan sosial. Pembatasan sosial mengubah gaya hidup seseorang yang semula suka berbelanja ke pasar tradisional atau berbelanja secara konvensional berubah menjadi belanja online dari rumah. Adanya perkembangan teknologi informasi memudahkan untuk masyarakat berbelanja dari rumah dengan menggunakan Smartphone. Kemudahan ini dapat diakses siapa saja yang memiliki smartphone akan tetapi kemampuan untuk menggunakan secara maksimal dirasa masih kurang, apalagi digunakan oleh generasi yang bisa dibilang cukup tua. Generasi X yang merupakan generasi yang lahir antara tahun 1966 – 1976 terkadang memiliki keterbatasan menggunakan smartphone sehingga dapat dibilang kurang siap dalam menghadapi perubahan teknologi tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui upaya yang harus dilakukan oleh aplikator belanja online agar dapat menyesuaikan dan memudahkan generasi-generasi yang memiliki keterbatasan terhadap jaman digital.Usia

Author Biography

Jaya Ramadaey Bangsa, Universitas Ngudi Waluyo

S1 Bisnis Digital

References

Avisha, Irlin Maya. Perbedaan Minat Beli Online Generasi X, Y, dan Z. Skripsi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma,. Yogyakarta. 2018

Dewi, N. N. K. A, & Warmika W. G. K. (2017). Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, dan WOM Communication terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 10, 2017: 5580-5606

Dwiridotjayjono, Jojok. QZ, Aldo Fatoni. Variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan jasa transportasi Go¬-Jek Surabaya. Jurnal Bisnis Indonesia Vol. 8 No. 1 April 2017. 2017

Fitria, U. & Rahma, N, (2017). Pengaruh Marketing Online dan E-Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Baju Koko Nizar di Bangil (Studi Kasus Keputusan Pembelian Baju Koko Nizar di Bangil).

Kotler, P & Armstrong. 2014. Principles of Marketing, Thirteen Editions. United States of America, Pearson Education.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran edisi 11. Jakarta: PT. Indeks.

Simanjuntak, Megawati. Pramesty, Dinta Windyaning. Konsep diri, gaya hidup, strategi pemasaran, dan pembelian implusif antar gengerasi. Jurnal Ilm. Kel. & Kons. 2020

Anton A. Setyawan dan Ihwan Susila. 2004. “Pengaruh Service Quality Perception Terhadap Purcase Intentionâ€. Usahawan NO. 07 TH XXXI11 JULI 2004.

Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2002. Consumer Behavior and Marketing Strategy Sixth Edition. McGraw-Hill Irwin.

Lin, Nan Hong & Lin, Bih Shya, (2007). “The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discountâ€. Journal of International Management Studies.

Kim, J., & Moon, J. Y. (1998). Designing towards emotional usability in customer interfaces—trustworthiness of cyber-banking system interfaces. Interacting with Computers

Baourakis, G., Kourgiantakis, Makos. Migdalas, Athanasios., 2002. The Impact of E-Commerce on Agro-Food Marketing : The Case of Agriculutral Cooperatives, Firms and Consumers in Crete. British Food Journal 104(8):580-590

Quayle, Michael. 2002. E-Commerce : The Challenge for UK SMEs in the Twenty-First Century. International Journal of Operations & Production Management 22(10):1148-1161

Suyanto M, 2003, Strategi Periklanan pada e-Commerce Perusahaan Top Dunia, Andi, Yogyakarta.

Chaffey. 2007. E-Bussiness and E-commerce managemenet. Prentice hall united kingdom issued

Vermaat, Shelly Cashman, Discovering Computers: Menjelajah Dubia Komputer Fundamental, Edisi 3, Jakarta: Salemba Infotek, 2007

Kholil, Munawar.2009. E-Commerce.

Wong, Jony. 2010. Internet Marketing for Beginners, Elex Media Komputindo. Jakarta

Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran Jasa. CV. Andi:Yogyakarta

Griffths, Mark D. Kuss, Daria. 2011. Online Social Networking and Addiction – A Review of the Psychological Literature. International Journal of Environmental Research and Public Healt 8(9):3528-52

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Articles