Achieving Competitive Advantage Trough Service Quality and Innovation in Increasing Customer Satisfaction

Authors

  • Ahmad Dwi Nurdiyanto Institut Teknologi dan Bisnis
  • Fitri Dwi Jayanti Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jibaku.v2i1.1421

Keywords:

Service quality, innovation, competitive advantage, customer satisfaction

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kualitas pelayanan dan inovasi terhadap keunggulan bersaing yang berdampak kepada kepuasan pelanggan. Serta pengaruh kualitas pelayanan dan inovasi secara langsung terhadap kepuasan pelanggan. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang sebagai sampel. Pengujian  dilakukan dengan melakukan analisis  statistik menggunakan Structural Eqution Modeling (SEM). Faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik serta keunggulan bersaing yang dapat memberikan nilai tembah terhadap pelanggan

Author Biographies

Ahmad Dwi Nurdiyanto, Institut Teknologi dan Bisnis

Manajemen

Fitri Dwi Jayanti, Universitas Ngudi Waluyo

Akuntansi Perpajakan

References

Charan, R. dan Lafley, A. G. (2008) Why Innovation Matters. Tersedia pada: https://www.fastcompany.com/874798/why-innovation-matters.

Chen, Y. S., Lin, M. J. J. dan Chang, C. H. (2009) “The positive effects of relationship learning and absorptive capacity on innovation performance and competitive advantage in industrial markets,†Industrial Marketing Management, 38(2), hal. 152–158. doi: 10.1016/J.INDMARMAN.2008.12.003.

Delafrooz, N., Taleghani, M. dan Taghineghad, M. (2013) “The impact of service innovation on consumer satisfaction,†International Journals of Marketing and Technology, 3(5), hal. 127–144.

Ferdinand, A. (2014) Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Desrtasi Ilmu Manajemen. Universtas Diponegoro.

Jakpar, S. et al. (2014) “Examining the Product Quality Attributes that influences customer satisfaction most when the price was discounted: A case study in Kuching Sarawak,†International Journal of Business and Social Science, 3(23), hal. 221–236.

Kotler, P. (2011) Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2009) Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Erlangga.

Lestari, I., Astuti, M. dan Ridwan, H. (2019) “PENGARUH INOVASI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM KULINER,†Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), hal. 111–118. doi: 10.36226/JRMB.V4I1.245.

Nurachman, M. H. (2021) “Pencapaian Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan pada Kedai Kopi di Kota Bandung,†Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), hal. 165–177. Tersedia pada: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/6797.

Pardede, P. M. (2011) Manajemen Strategik & Kebijakan Perusahaan. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Pearce, J. A. dan Robinson, R. B. (Richard B. (2013) Strategic Management: Planning for Domestic & Global Competition. McGraw-Hill.

Prasetio, A. et al. (2012) “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN,†Management Analysis Journal, 1(1). doi: 10.15294/MAJ.V1I1.497.

Putri, P. L. (2020) “Pengaruh Diferensiasi dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening,†Jurnal Riset Perbankan Manajemen dan Akuntansi, 4(2), hal. 128–147. Tersedia pada: http://www.jrpma.sps-perbanas.ac.id/index.php/jrpma/article/view/73.

Rahman, S. (2019) “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN INOVASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. PLN (PERSERO) AREA MANADO,†Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1). Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22363.

Robbins dan Coulter (2016) Management | Pearson. Tersedia pada: https://www.pearson.com/us/higher-education/product/Robbins-Management-13th-Edition/9780133910292.html.

Rohaeni, H. dan Marwa, N. (2018) “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan,†Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(2). doi: 10.31294/JECO.V2I2.4503.

Suhaeni, T. (2018) “Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung),†Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(1), hal. 57–74. doi: 10.35313/JRBI.V4I1.992.

Sukarmen, P., Sularso, R. A. dan Wulandari, D. (2013) “ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK GULA PASIR SEBELAS (GUPALAS) PABRIK GULA SEMBORO PTP NUSANTARA XI (PERSERO),†Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen. Tersedia pada: http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1105.

Tjiptono, F. (2011) Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: CV. Andi.

Utami, B. B. dan Wartini, S. (2015) “Pengaruh Inovasi Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening,†Management Analysis Journal, 4(3). doi: 10.15294/MAJ.V4I3.8874.

Utaminingsih, A. (2016) “Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara,†jurnal.untagsmg.ac.id, 31. Tersedia pada: http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/fe/article/view/411.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Articles