Model Peningkatan Purchase Intention Berbasis Credibility Endorser, Ewom, dan Product Quality Melalui Brand Image
DOI:
https://doi.org/10.35473/jibaku.v3i1.2170Abstract
The purpose of this study was to see the role of Brand Image as a mediating relationship between Credibility Endorser, EWOM, and Product Quality to Purchase Intention of Wardah cosmetic product users in Semarang City. The type of research used was explanatory research with the population in the study were Wardah products in the city of Semarang. Retrieval technique the sample used is the purposive sampling method with a sample size of 100 Wardah product users with a minimum age of 17 years and customers who have used Wardah products. The data technique used a questionnaire with data analysis techniques using instrument test, classical assumption test, and hypothesis testusing SPSS version 15.0. the results of the study found that Brand Image can only mediate the relationship between product Quality on Purchase Intention for Wardah product users inSemarang City this study also found that EWOM and Product Quality have positive effect and significant on Brand Image and Purchase Intention. This study also found that Credibility Endorser had have positive anf insignificant effect on Brand Image and Purchase Intention.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peran Brand Image sebagai mediasi hubungan antara Credibility Endorser, EWOM, dan Kualitas Produk terhadap MinatBeli pengguna produk kosmetik Wardah di Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan populasi dalam penelitian adalah produk Wardah di kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan jumlah sampel 100 orang pengguna produk Wardah dengan usia minimal 17 tahun dan pelanggan yang pernah menggunakan produk Wardah. Teknik data menggunakan angket dengan teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 15.0. Hasil penelitian menemukan bahwa Brand Image hanya dapat memediasi hubungan antara Kualitas Produk terhadap Minat Beli pada pengguna produk Wardah di Kota Semarang. Penelitian ini juga menemukan bahwa EWOM dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image dan Minat Beli. Penelitian ini juga menemukan bahwa Credibility Endorser berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Brand Image dan Purchase Intention.
References
Esa Negara, A. D., Arifin, Z., & Nuralam, I. P. (2018). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap minat beli (Survei pada pembeli di gerai strabucks di kota surabaya). Jurnal administrasi bisnis, 6(2), 202-209.
Fatlahah, A. (2013). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian es krim wall's magnum. Jurnal ilmu manajemen, 1(2), 472-485.
Fitriana, D., & Sukresna, I. m. (2018). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, kewajaran harga dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Diponegoro journal of manajement, 7(3), 1-11.
Gunawan , Fitri Anggraini, and Diah Dharmayanti, S.E., M.Si . 2014. "Analisis pengaruh iklantelevisi dan endorser terhadap purchase intention pond's mendengan brand awareness sebagai variabel intervening." Jurnal manajemen pemasaran putra 2 (1): 1-14.
Riskhi, Ayu Ningsetya Mardika, Jono M Munandar, and Mukhamad Najib. 2018. "Pengaruh kredibilitas endorser terhadap minat beli dengan tiga tipe konsumen pada industri busana muslimah." Jurnal ilmiah manajemen19 (4): 578-589.
Semuel, Hatane, and Kelvin YohanesSetiawan. 2018. "Promosi melalui sosialmedia, brand awareness, purchase intention pada produk sepatu olahraga." Jurnal Manajemen Pemasaran 12 (1): 47- 52.
Simonian, Marine Aghekyan, Sandra Forsythe, Wi Suk Kwon, and Veena Chattaraman. 2012. "The role of product brand image and online store image on perceived risks and online purchase intentions for apparel." Journal of retailing and consumer services (19): 325-331.
Supriyadi, Fristin, Y., & K.N, G. I. (2016). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian. Jurnal bisnis dan manajemen, 3(1), 135-144.
Torlak, Omer, Behcet Yalin Ozkara, Muhammet Ali Tiltay, Hakan Cengiz, and Mehmet Fatih Dulger. 2014. "The effect of electronicword of mouth on brand image and purchase intention: an application concerning cell phone brands for youth consumers in turkey." Journal of marketing development and competitiveness 8 (2): 61-68.
Safarnia, H., Akbari, Z., & Abbasi, A. (2011). Review of market orientation & competitive advantage in the industrial estates companies (Kerman, Iran): appraisal of model by Amos Graphics. World J. Soc. Sci, 1(5), 132- 150.