Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli dan Kepuasan Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.35473/jibaku.v4i1.2904Abstract
This research aims to delve into the influence of service quality on purchase intent and customer satisfaction using a qualitative research approach. The research method involves in-depth interviews with a number of respondents who are consumers of the services under investigation. Additionally, participatory observation and document analysis are conducted to further explore information related to service quality, purchase intent, and customer satisfaction. The findings of this research contribute to a profound understanding of the relationship between service quality, purchase intent, and customer satisfaction. Managerial implications are presented to assist service providers in enhancing their strategies to improve service quality, strengthen consumer purchase intent, and enhance overall customer satisfaction. This research also lays the groundwork for further studies in this field, particularly by expanding the sample scope and considering contextual factors that may influence the outcomes.
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendalami pengaruh kualitas pelayanan atas minat beli dan kepuasan konsumen dengan memakai pendekatan penelitian kualitatif. Metode penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan sejumlah responden yang merupakan konsumen dari layanan yang diteliti. Selain itu, observasi partisipatif dan analisis dokumen juga dilakukan untuk menggali informasi lebih lanjut terkait kualitas pelayanan, minat beli, dan kepuasan konsumen. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman mendalam terhadap hubungan antara kualitas pelayanan, minat beli, dan kepuasan konsumen. Implikasi manajerial disajikan untuk membantu penyedia layanan meningkatkan strategi mereka dalam meningkatkan kualitas pelayanan, memperkuat minat beli konsumen, dan meningkatkan kepuasan konsumen secara keseluruhan. Penelitian ini juga memberikan landasan untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang ini, terutama dengan memperluas cakupan sampel dan mempertimbangkan faktor-faktor kontekstual yang dapat memengaruhi hasil
References
Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Alfian, N. (2015). Peningkatan keputusan pembelian dalam menarik minat beli ulang konsumen berbasis kualitas pelayanan, citra toko dan social influence. Jurnal Manajemen Bisnis, XII(1), 152.
Arifin, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Jepara Indah. Jurnal Dinamika Ekonomi Bisnis, 8(1), 11.
Aryani, D. &. (2021). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Bisnis & Birokrasi Journal, 17(2), 3-4.
Aulia, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Pelayanan dan Harga terhadapKepuasan Konsumen Amanda Brownies. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(5), 93-94.
Bouman, M. &. (2022). Measuring service quality in the car service industry: building and testing an instrument. International Journal of Service Industry Management, 3(4), 16.
Hariasari, A. (2015). Tingkat kepuasan Konsumen Terhadap Produk Restaurant Nikkou Ramen Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 10-11.
Haryanto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, 7(1), 19-20.
Hayati, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi, 1(1), 49-56.
Ismanto, D. d. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Jakarta: Gava Media.
Ogi, M. D. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas ProdukdanKepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen studi pada PT. fifgroup cabangmanado. Jurnal EMBA, 4(1), 109-119.
Rinawati, M. A. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikainya Pada Loyalitas Mahasiswa. JSMBI, 10(2), 119-120.
Setyawati, W. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas , Harga dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 50-53.
Sihotang, C. (2016). ”Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadapKepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(3), 53.
Subagio, D. H. (2015). Analisa pengaruh kualitas layanan, brand image dan atmosfer terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening konsumen Kedai Deja-VU Surabaya. Jurnal Manajemen Perusahaan, 1(1), 20.
Sutrisna, N. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi terhadap Minat Beli Konsumen Toko Vizcake Pekanbaru. JOM FISIP, 5(2), 1-5.
Widhiani, L. A. (2018). Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Beli Di Situs Buka Lapak (Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1-6.