Implikasi Pengaruh Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM

Authors

  • Jaya Ramadaey Bangsa Universitas Ngudi Waluyo
  • Setya Indah Isnawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Irsal Fauzi Universitas Ngudi Waluyo
  • Abdul Aziz Universitas Ngudi Waluyo
  • Ari Siswati Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jibaku.v4i1.2985

Abstract

Entering the era of industrial revolution 4.0. which combines digital technology with the internet, making business processes easier today. This research was conducted in Semarang Regency with a total sample of 36 MSMEs, age range 20-40 years, high school education and various genders. The research results show that there is a positive and significant influence on the use of Digital Marketing (variable Cost Transaction, Interactive, Incentive Program, Site Design) in increasing sales of MSMEs in West Ungaran. The transaction costs, Interactive, Incentive Program and Design Program perceived by MSME players have been said to be very good, with many MSME players choosing the answer criteria as strongly agreeing to the statements put forward regarding the four dimensions of digital marketing. And this certainly increases sales of the products they sell.

Abstrak

Masuknya era revolusi industri 4.0. yang menggabungkan antara teknologi digital dengan internet, memberikan kemudahan pada proses bisnis di masa sekarang. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 36 UMKM, rentang usia 20-40 tahunan, pendidikan terakhir SLTA dan berbagai jenis kelamin. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pemanfaatan Digital Marketing (variable Cost Transaktion, Interactive, Insentive Program, Site Design) dalam meningkatkan penjualan UMKM di Ungaran Barat. Transaction cost, Interactive, Incentive Program dan Design Program yang dirasakan oleh pelaku UMKM sudah dikatakan sangat baik, dimana para pelaku UMKM banyak memilih kriteria jawaban sangat setuju atas pernyataan yang diajukan tentang keempat dimensi digital marketing. Dan hal ini tentu meningkatkan penjualan produk yang mereka lakukan.

Author Biography

Jaya Ramadaey Bangsa, Universitas Ngudi Waluyo

Program Studi Bisnis Digital

References

Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Astri, R. (2018). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pada Sistem Penjualan Makanan di Rumah Makan. J. Ekon. STIE HAgus Salim Bukittinggi, 14(2).

Banu, T. (2015). Dampak Teknologi Digital Terhadap Kehidupan Sosial (online).

Creswell, J. W. (2009). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Translated by A. Fawaid. Pustaka Pelajar.

F. Suciati, L. S. Safitri, A. Romalasari, N. Mukminah, and F., & Fathurohman. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Toko Online pada UMKM Olahan Singkong Sebagai Alternatif Pemasaran Produk. Logista J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy, 5(2), 195–201.

K. Hamdi, D. Yadewani, and R. W. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Mendukung Promosi Usaha. Pustaka Mitra, 1(2), 73–77.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Erlangga.

Kotler, P. dan G. A. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Jilid 1. Erlangga.

P. Sukmasetya, H. Apriyani, T. Wahyuni, B. S. Wulan, W., & Nugroho, and A. H. A. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. J. Abdimas PHB J. Pengabdi. Masy. Progresif Humanis Brainstorming, 4(3).

Putri, E. H. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Samarinda (Studi Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Samarinda).

Rahmi, D. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,.

Soetjipto, N. (2021). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID_19.Yogyakarta: K-Med.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-01-29

Issue

Section

Articles