Analisis Pemanfaatan Shopeefood Dalam Meningkatkan Penjualan di RM. Minang Takana Juo
DOI:
https://doi.org/10.35473/jibaku.v5i1.3770Keywords:
Shopeefood, E-Commerce, Online Food DileveryAbstract
The development of digital technology has significantly driven the growth of E-Commerce. Online food delivery platforms such as Shopeefood are increasingly popular and are the choice of consumers in meeting culinary needs. This study aims to analyze the use of Shopeefood in increasing restaurant sales. The approach used in this study is a case study with interview techniques, observation, and systematic recording of the phenomena that occur. The results of this study are the factors that influence the existence of Shopeefood in increasing sales, including promo strategies, practical ordering, and varied payments as advantages that attract consumer interest. The marketing strategies that need to be carried out include attractive product photos, attractive product descriptions, providing exclusive promos, keyword research and promo highlight features. Suggestions for research objects are to be more innovative in developing attractive menus and developing marketing strategies such as creating more aesthetic product photo designs on Shopeefood.
Abstrak
Perkembangan teknologi digital telah mendorong pertumbuhan E-Commerce secara signifikan. Platfrom online food dilevery seperti shopeefood semakin populer dan menjadi pilihan konsumen dalam memenuhi kebutuhan kulinner. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan shopeefood dalam meningkatkan penjualan rumah makan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik wawancara, observasi, dan pencatatan sistematis atas fenomena yang terjadi. Hasil penelitian ini yaitu faktor yang mempengaruhi adanya shopeefood dalam meningkatkan penjualan antara lain strategi promo, pemesanan yang praktis, dan pembayaran yang berfariasi menjadi kelebihan yang menarik minat konsumen. Adapun strategi pemasaran yang perlu dilakukan seperti foto produk yang menarik, deskripsi produk yang menarik, memberikan promo secara eksklusif, riset kata kunci dan fitur highligh promo. Saran bagi obyek penelitian yaitu lebih berinovasi dalam pengembangan menu yang menarik dan pengembangan strategi marketing seperti pembuatan desian foto produk pada Shopeefood yang lebih estetik.
References
Aristawidia, I. B. (2020). Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 1–13. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.351
Bangsa, J. R., Isnawati, S. I., Fauzi, I., Aziz, A., & Siswati, A. (2023). Implications of the Influence of Digital Marketing in Increasing MSME Product Sales. 4(1), 34–42.
Bangsa, J. R., Jayanti, F. D., & Budiyanto, A. E. (2022). Pelatihan Iklan Berbayar Shopee Pada Umkm Kerajinan Tanduk Sapi (Subur Souvenir-Magelang). Bakti Humaniora, 2(2), 8–12.
Bangsa, J. R., & Khumaeroh, L. L. (2023). The Effect of Perceived Benefits and Ease of Use on the Decision to Use Shopeepay QRIS on Digital Business Students of Ngudi Waluyo University. Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 62–67. http://jibaku.unw.ac.id
Ferbita, L. V., Setianti, Y., & Dida, S. (2020). Strategi Digital Branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Media Sosial Era digital dimulai dengan semakin pesatnya jaringan internet . Kondisi menyebabkan pergeseran budaya manusia dalam berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain . Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 16(2), 113–136. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/2865
Ferdiana, E. J., Ekonomi, F., Humaniora, H., & Waluyo, U. N. (2023). Pengaruh Content Marketing , Sosial Media , Dan Word Of Mouth ( WOM ) Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Digital Print Finsa Studi Kasus Digital Print Finsa Samban. 2(2), 306–314.
Isnawati, S. I., Kom, S. I., & Purwanto, A. (2022). Generation Z Buying Behaviour Analysis Of Retail Business Opportunities. Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 11–21.
Isnawati, S. I., Ramadhani, N. L., & Bangsa, J. R. (2023). Business Model Canvas (BMC) dalam Pengembangan Bisnis Fashion Muslim. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 51–64.
Kurnianto, Y. T. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pemasaran Minuman di Banjarbaru (Studi Pada Akun Instagram @tempatbiasa.kopi). Ilmu Komunikasi, 8.
Kusuma, T. ., & Hermawan, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Online Food Delivery Service. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2), 176–180.
Marlina, A., Musyawaroh, & Untung Joko, C. (2021). Strategi Riset Pasar Melalui Digital Marketing. Senthong, 4(2), 803–812. https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/article/view/1361%0Ahttps://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/article/download/1361/688
Novyanti, R., Shintia, N., Maharani, S. H., Effendi, T., Banjarmasin, P. N., & Com, O. (2021). Pelatihan Digital Marketing Melalui Media Sosial Pada Umkm Kelompok Binaan Kuliner Dinas Koperasi, Umkm & Tenaga Kerja Kota Banjarbaru. 76–81.
Rahmayanti, P. L. D., & Ekawati, N. W. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Online Food Delivery Service Di Bali. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 7(2), 125–138. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v7i2.714
Windy Talitha Iswari. (2020). Pengaruh Strategi Marketing Communication Terhadap Brand Image Pt Tokopedia. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 9(2), 24–34. https://doi.org/10.35457/translitera.v9i2.978