Efektivitas SMS-Marketing terhadap Keputusan Pembelian Masyrakat Kota Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.35473/jibaku.v5i1.3772Keywords:
sms marketing, digital marketingAbstract
This study aims to analyze the effectiveness of SMS marketing on the purchasing decisions of the people of Salatiga City. SMS marketing is a marketing strategy that uses short messages to deliver promotions directly to consumers. This study uses a quantitative method by collecting data through a questionnaire to 100 respondents. The results of the analysis show that SMS marketing has a significant influence on purchase decisions with a significance value of 0.001 (p < 0.05). Although the effect was small (R² = 10.5%), the relationship between the SMS marketing variable and the purchase decision was positive. The study emphasizes that the effectiveness of SMS marketing can be improved with better strategies to deal with challenges such as the risk of being perceived as spam and competition with other digital platforms. This research contributes to companies in designing more effective marketing strategies through the use of SMS marketing.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas SMS marketing terhadap keputusan pembelian masyarakat Kota Salatiga. SMS marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan pesan singkat untuk menyampaikan promosi secara langsung kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa SMS marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05). Meskipun pengaruhnya kecil (R² = 10,5%), hubungan antara variabel SMS marketing dan keputusan pembelian bersifat positif. Penelitian ini menekankan bahwa efektivitas SMS marketing dapat ditingkatkan dengan strategi yang lebih baik untuk menghadapi tantangan seperti risiko dianggap sebagai spam dan persaingan dengan platform digital lainnya. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif melalui penggunaan SMS marketing.
References
Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi OVO. Jurnal Ecodemica, 4, 200–210.
Ginantra, N. L. W. S. R., Purba, R. A., Tojiri, M. Y., Duwila, A. A., Siregar, M. N. H., Nainggolan, L. E., Marit, E. L., Sudirman, A., & Siswanti, I. (2020). Teknologi Finansial: Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.
Hanina, A. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QRIS PADA TRANSAKSI PENJUALAN POTATO LIFE DI ROXY JEMBER. 7, 6.
Hoetor, A., & Sastra, D. (2020). Smart Economy: Kewirausahaan UMKM 4.0. UB Press.
Jogiyanto, H., & Willy, A. (2009). Konsep dan aplikasi PLS ( partial least square ) : Untuk penelitian empiris (1st ed.). BPFE.
Khairunnisa, N. (2022). PERSEPSI MENGENAI METODE PEMBAYARAN E-WALLET SHOPEEPAY PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG. Repository Universitas Pasundan.
Koler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing.
Mudrikah, A. (2021). ETNIK : Jurnal Ekonomi – Teknik. ETNIK : Jurnal Ekonomi –Teknik, 1(2), 57–68.
Paramitha, D. A., & Kusumaningyuas, D. (2020). QRIS. Universitas Nusantara PGRI.
Parjiman. (2021). Peran Financial Technology Dalam Dunia Bisnis di Era Pandemi. Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Rohmah, L. M. (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Metode Pembayaran Elektronik Money ( Survei Pada Mahasiswa Pengguna Shopeepay di Surakarta ). Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Silalahi, P. R., Tambunan, K., & ... (2022). Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. ULIL ALBAB: Jurnal …, 1(2), 122–128.
Solikin, M. J. (2020). Pengantar Kebanksentralan Teori dan Kebijakan.
Sugiarti, E. N., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2019). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Malang. E-Jra, 8(4), 90–104.
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442