Analisis Pembentukan Kemandirian pada Anak Usia Dini Melalui Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpadu di TK IT Rabbani Quran School Babahrot

Authors

  • Widia Astuti UIN Sunan Kalijaga
  • Rohinah Rohinah UIN Sunan Kalijaga
  • Heldanita Heldanita UIN Sunan Kalijaga
  • Mohd. Reza Pahlevi UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1660

Keywords:

Kemandirian, anak usia dini, Kurikulum

Abstract

An integrated Islamic school is a school that implements a curriculum to optimally integrate religious and general sciences. Independence is the ability in a person to act and do something so that it creates a positive attitude of responsibility in others. This research wants to know the formation of independence in early childhood through the PAI curriculum. For further research, it is possible to combine religious and public schools. The method used in this research is a descriptive qualitative approach. Sources of data obtained from field studies (Field Research), which comes from written data and interviews. Based on the results of research at TK IT Rabbani Quran School Babahrot on the Analysis of Independence Formation in Early Childhood Through the Integrated Islamic Religious Education Curriculum at TKIT Rabbani Quran School Babahrot Independence is a description of the school's vision. The school's vision is revealed in the form of a mission, curriculum. Islamic education is one of the most important educations that must be given to children from an early age with the aim of forming a strong Islamic generation with elements of aqidah, morals, and worship.


ABSTRAK

Sekolah Islam terpadu merupakan sekolah yang mengimplementasikan kurikulum untuk memadukan secara maksimal antara ilmu agama dan ilmu umum. Kemandirian merupakan kemampuan dalam diri seseorang untuk bertindak dan melakukan sesuatu sehingga menimbulkan sikap tanggungjawab  yang bersifat positif pada orang lain.  Peneitian ini ingin mengetaui pembentukan kemandirian pada anak usia dini melalui kurikulu PAI.  Untuk peneitian selanjutnya bisa mengabungkan antara sekolah yang agama dan umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari studi lapangan (Field Research), yang bersumber dari data tertulis dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian di TK IT Rabbani Quran School Babahrot tentang Analisis Pembentukan Kemandirian pada Anak Usia Dini Melalui Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpadu di TKIT Rabbani Quran School Babahrot Kemandirian merupakan penjabaran visi sekolah. Visi sekolah tersebut diturunkan dalam bentuk misi, kurikulum. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pendidikan yang amat penting yang harus diberikan kepada anak sejak usia dini dengan tujuan agar terbentuk generasi Islam yang kokoh dengan unsur aqidah, akhlak, dan ibadahnya.

 

References

Astuti, R., & Munastiwi, E. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Tauhid (Studi Kasus Paud Ababil Kota Pangkalpinang). Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 1(2), 1–19. https://doi.org/10.23971/mdr.v1i2.1011

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68

Elman, M., & Mahrus. (2020). Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 117–130. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/140/114

Gusmaniarti, & Suweleh, W. (2019). Analisis Perilaku Home Service Orang Terhadap Perkembangan Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(1), 28–38.

Hanafi, M. (n.d.). Pengembangan kurikulum perguruan tinggi agama islam.

Henny Vidya, S. M. (2018). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kemandirian Personal Hygiene Anak Usia Prasekolah di TKIT Permata Mulia Desa Banjaragung Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto. Jurnal Kesehatan Budi Luhur, 11(2), 376–400. http://jurnal.stikesbudiluhurcimahi.ac.id/index.php/jkbl/article/view/jkbl11216

Hidayat, A. W. (2018). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDN Demangan Yogyakarta. Tarbiyatuna, 9(2), 82–98. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwidpoTC8ajnAhUS7nMBHapcDYgQFjAEegQIBxAB&url=http://journal.ummgl.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/download/2268/1300&usg=AOvVaw3QD6_I2c95XrjmO3li

Maranatha, J. R. (2019). Pengaruh Disiplin Sekolah terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 15–21. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.21

Muthmainnah. (n.d.). KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) AL-AZHAR LAMGUGOB BANDA ACEH. 58–76.

Niranjan Banik, Adam Koesoemadinata, Charles Wagner, Charles Inyang, H. B. (2013). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama islam Teori dan Praktek. https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1

Nurmadiah, N. (2016). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2), 41–54. https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93

Pendidikan, F. I., Universitas, P., & Mandalika, P. (2021). DESAIN PROGRAM SEKOLAH ISLAM TERPADU TERHADAP Metode Penelitian Desain penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif . Penelitian kualitatif sebagaimana menurut Sugiyono ( 2009 : 9 ) bahwa : penelitian kualitatif adalah penelitian yang berla. 9, 27–33.

Qistia, N., Kurnia, R., & Novianti, R. (2019). Hubungan Regulasi Diri dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(3), 61–72. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.35

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

suryadi. (2019). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota Serang Provinsi Banten , Tahun Ajaran 2017 / 208 ). 2(1).

Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M. (2019). Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.151-160

Yumidiana Tya Nugraheni. (2020). IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEMANDIRIAN. 3(1), 92–109. http://repository.uinsu.ac.id/1259/1/tesis.pdf

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Astuti, W., Rohinah, R., Heldanita, H., & Pahlevi, M. R. (2022). Analisis Pembentukan Kemandirian pada Anak Usia Dini Melalui Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpadu di TK IT Rabbani Quran School Babahrot. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 549–559. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1660

Issue

Section

Articles