Potret Penanaman Nilai Karakter Anak di TK Bawang Putih

Authors

  • Faqihatuddiniyah Faqihatuddiniyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Syihabuddin Syihabuddin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aceng Kosasih Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1699

Keywords:

Penanaman Nilai Karakter, Anak Usia Dini

Abstract

The results showed that the Bawang Putih Kindergarten planted disciplined characters by naming habituation, the results of the research findings on the process of instilling disciplined character in early childhood through the habituation method were: (1) teachers familiarize children with coming on time; (2) the teacher familiarizes the children with returning things to their original place; (3) the teacher familiarizes children with tidying up toys after playing in the classroom; (4) the teacher accustoms children to be patient and orderly in waiting for their turn to wash their hands; and (5) the teacher familiarizes children with queuing when they want to go to the bathroom. Habituation carried out in Bawang Putih Kindergarten is not only habituation through words or motivational words, but habituation through behavior is also carried out in Bawang Putih Kindergarten, the behavior shown by children after getting habituation from the teacher are: (1) the child arrives on time, but there are some children who have not been able to come on time, this refers to the number of children who are late every day experiencing ups and downs; (2) the child returns the items that have been used in their place, this is indicated by the awareness of the child returning the items that have been used in their place without being asked by the teacher, be it toys or stationery; (3) orderly in waiting their turn, this is shown by the awareness of children lining up behind their friends when they want to wash their hands without being accompanied by the teacher. Factors supporting the cultivation of disciplined character in Bawang Putih Kindergarten are the examples from the teacher, and the consistency of the teacher. Factors that hinder the formation of disciplined character in Bawang Putih Kindergarten are that there are some parents who do not care about their child's development, and the absence of cooperation between parents and school, and the maturity of the child's age also affects the formation of discipline character of early childhood in Bawang Putih Kindergarten.

ABSTRAK
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di TK Bawang Putih melakukan penanaman  karakter disiplin dengan menamakan pembiasaan, hasil dari temuan penelitian tentang proses penanaman karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan adalah: (1) guru membiasakan anak untuk datang tepat waktu; (2) guru membiasakan anak untuk mengembalikan barang ke tempat semula; (3) guru membiasakan anak untuk membereskan mainan setelah bermain di dalam kelas; (4) guru membiasakan anak untuk bersabar dan tertib dalam menunggu giliran mencuci tangan; dan (5) guru membiasakan anak untuk mengantri ketika ingin ke kamar mandi. Pembiasaan yang dilakukan di TK Bawang Putih tidak hanya pembiasaan melalui ucapan atau kata motivasi saja, namun pembiasaan melalui perilaku juga dilakukan di TK Bawang Putih, perilaku yang ditunjukkan oleh anak setelah mendapatkan pembiasaan dari guru yaitu: (1) anak datang tepat waktu, akan tetapi ada beberapa anak yang belum bisa datang tepat waktu, hal ini mengacu pada jumlah anak yang terlambat setiap hari mengalami naik turun; (2) anak mengembalikan barang yang telah digunakan pada tempatnya, hal ini ditunjukkan dengan kesadaran anak mengembalikan barang yang telah digunakan pada tempatnya tanpa diminta oleh guru, baik itu mainan ataupun alat tulis; (3) tertib dalam menunggu giliran, hal ini di tunjukkan dengan kesadaran anak berbaris di belakang temanya ketika ingin mencuci tangan tanpa didampingi oleh guru. Faktor pendukung penanaman karakter disiplin di TK Bawang Putih yaitu adanya contoh dari guru, dan konsistensi yang dilakukan guru. Faktor yang menghambat pembentukan karakter disiplin di TK Bawang Putih yaitu ada beberapa orang tua yang tidak peduli dengan perkembangan anaknya, dan tidak adanya kerja sama antara orang tua dan sekolah, dan kematangan usia anak juga mempengaruhi pembentukan karakter disiplin anak usia dini di TK Bawang Putih.

Author Biography

Faqihatuddiniyah Faqihatuddiniyah, Universitas Lambung Mangkurat

Pendidikan Anak Usia Dini

References

Anoraga, Panji.2006. Psikologi Kerja. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Aulina, Choirunnisak.2013. Penanaman disiplin pada anak usia dini: Jurnal Pedagogia Vol.2 No.1

Berutu, Elfi Yati dkk. 2018. Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Negeri Gue Gajah Aceh Besar: Jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar FKIP Unsyiah Vol.3 No.2

Chasanah, Nur. 2017. Upaya Mengatasi Keterlambatan Siswa Masuk Kelas Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Manajemen Waktu: Jurnal Pedagogia Vol.4 No.2

Direktorat pembinaan pendidikan anak usia dini, direktorat jenderal pendidikan anak usia dini, nonformal, dan informal.2012. Pedoman pendidikan karakter pada anak usia dini: Jakarta. Kementerian pendidikan nasional.

Fadlillah, Muhammad, Khorida, Lilik mualifatu. 2013. Pendidikan karakter anak usia dini: Jogjakarta.Ar-ruzz.

Francisca, Leonie Sukmo, Aji clara.2015. Keterkaitan antara moral knowing, moral feeling, dan moral behavior pada empat kompetensi dasar guru: Jurnal kependidikan Vol.45 No.2

Gunadi, R. (2013). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Widya, Vol 1, No 2.

Gunawan, Heri.2012. pendidikan karakter konsep dan implementasi: Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Izzaty, R. E. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini : Sudut Pandang Psikologi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol 1, No 1.

Jihad, Asep dkk.2010. pendidikan karakter teoridan aplikasinya:Jakarta. Direktorat jenderal manajemen pendidikan dasar dan pendidikan menengah kementterian pendidikan nasional.

Lickona, Thomas.2015. terjemahan Character Matters oleh Wamaungo dan Zien. Jakarta: Bumi Aksara.

Mischo, C, et all. (2014). Does Early Childhood Teacher Education Affect Students 'Cognitive Orientations? The Effect of Different Education Tracks in Teacher Education on Prospective Early Childhood Teachers' Cognitive Orientations in Germany. The Journal of Education and Training Studies, Vol 2, No 1.

Mohamad, B, et all. (2008). Peranan Pendidikan Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Sahsiah Pelajar Berkualiti. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1, No 1.

Mufidah, Umri. 2012. Efektifitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Journal of early childood education papers. Vol.1 No.1

Nata. (2003). Manajemen Pendidikan : Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.

Nopriadi, Eko. 2016. Penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan islam pada siswa SD Negeri 38 Janna-Jannayya kecamatan Sinoa kabupaten Bantaeng. Skripsi tidak diterbitkan. Makasar: Universitas Negeri Alauddin Makasar.

Rahmawati, Purwanti, & Nur Ika Sari. 2017. Pembiasaan Budaya Antri Untuk Peningkatan Pengembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Fun Game Di Ppt Mentari Pagi Surabaya. Jurnal paud teratai Vol. 6 No. 1

Ratnasari, Sukesi.2017. Pembiasaan Budaya Antri Untuk Peningkatan Pengembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Skripsi diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rees, C.R. (2010). Department of Health Studies, Physical Education and Human Performance Science, Adelphi University, Garden City, New York. The Jurnal Internasional, Vol 10, No 2.

Revell, L and James, A. (2007). Character Education in Schools and the Education of Teachers. The Journal of Moral Education, Vol 36, No. 1.

Riati, I. K. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Infantia, Vol 4, No 2.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Jurnal Peneliitian Pendidikan Islam, Vol 8, No 2.

Snaider, C. (2018). Spotlight on early childhood education. A newspaper coverage analysis of universal preschool debate in Argentina. The Journal Of Child Care And Education Policy, Vol 1, No 1.

Thalib. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris dan Aplikatif. Jakarta: Kencana.

Wanjiru, J. (2018). Inclusive education for Internally Displaced Children in Kenya: children perceptions of their learning and development needs in post conflict schooling. The Journal Of Child Care And Education Policy, Vol 1, No 1.

Wibowo, Agus.2012. pendidikan karakter anak usia dini (strategi membangun karakter di usia emas): Yogyakarta. Pustaka pelajar.

Zaitun. (2014). Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, Vol 9, No 1.

Zubaidi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Faqihatuddiniyah, F., Syihabuddin, S., & Kosasih, A. (2022). Potret Penanaman Nilai Karakter Anak di TK Bawang Putih. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 516–532. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1699

Issue

Section

Articles